Cara Mudah Menggunakan Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet

Inilah Cara Mudah Menggunakan Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet

Apakah Anda pernah mengalami menggunakan WC yang sulit di flush? Ketika Anda mencoba menyiram, air dalam WC malah naik dan sulit untuk turun. Biasanya hal tersebut diikuti dengan bau tidak sedap.

Hal ini dikarenakan kotoran tidak masuk ke dalam septik tank. Jika WC rumah Anda mengalami hal tersebut, bisa dipastikan bahwa WC Anda mampet.

Penyebab WC Mampet

Ada beberapa penyebab WC Anda mampet, antara lain:

  • Tersumbat sampah tissue, pembalut, cottonbuds, tusuk gigi bahkan popok.
  • Septiktank Anda penuh.
  • Tersumbat kotoran yang mengeras dan tidak dapat terurai.

Untuk mencegah WC tersumbat karena sampah, Anda bisa menyediakan tempat sampah dalam WC. Hal ini akan memudahkan pengguna dan tidak terpikir untuk membuang sampah dalam WC.

Sedangkan jika WC Anda mampet karena septik tank Anda penuh, Anda bisa memanggil jasa sedot WC. Untuk masalah ke-3 yaitu karena kotoran yang tidak terurai, bisa jadi masalah ini terjadi berulang dan sangat menyulitkan.

Kotoran dalam WC bisa mengeras dan tidak terurai karena kurangnya bakteri pengurai karena terlalu sering membersihkan kloset dengan bahan kimia. Kotoran yang sudah mengeras ini akan menyumbat sehingga menyebabkan WC mampet.

Untuk mengatasinya secara instan, Anda dapat menggunakan soda api. Pasalnya, soda api mampu melancarkan WC mampet hanya dalam waktu 20 menit saja.

Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Soda api atau natrium hidroksida (NaOH) ini sejatinya merupakan bahan kimia yang akan bereaksi dengan air dan membentuk gelembung-gelembung. Gelembung ini akan membantu meghancurkan kotoran organik yang telah mengeras. Soda api memiliki bentuk padatan kecil, berbutir-butir seperti garam. Dan setelah bereaksi dengan air soda api ini akan larut dengan sempurna serta tidak meninggalkan endapan.

Cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC mampe sangat mudah dipraktikkan. Anda hanya perlu berhati-hati karena senyawa ini merupakan senyawa kimia yang bisa berbahaya.

Berikut adalah cara mudah menggunakan soda api untuk wc mampet yang bisa Anda lakukan. Namun sebelumnya Anda juga perlu melakukan beberapa langkah persiapan demi kemananan.

  1. Pertama, jauhkan benda-benda terutama yang bersifat logam, karena soda api ini bersifat korosif dan merusak benda-benda logam.
  2. Soda api juga menyebabkan iritasi cukup serius, yakni dapat menimbulkan rasa gatal yang parah sampai luka bakar jika terkena kulit. Pastikan memakai celana panjang dan sarung tangan karet untuk menghindari soda api bersentuhan langsung dengan kulit.
  3. Gunakan masker dan jaga jarak, karena ketika bereaksi dengan air, soda api akan mengeluakan Asap dengan aroma tajam dan dapat menyakiti mata. Jangan berada di atas WC untuk menghindari Asap tersebut terhirup atau terkena mata.
  4. Buka pintu dan juga ventilasi kamar mandi agar uap panas dan debu soda api nantinya segera menghilang.
  5. Setelah langkah keselamatan siap, saatnya Anda beraksi. Dalam hal ini tidak ada takaran yang pasti dalam penggunaan soda api. Anda harus memperkirakan seberapa parah sumbatannya.
  6. Untuk mengukur sumbatan, Anda dapat menyiram WC dan melihat seberapa lama airnya habis. Semakin lama makan sumbatan yang terjadi semakin parah.
  7. Setelah semua air masuk, tuangkan soda api sedikit demi sedikit, menggunakan sendok plastik. Mulailah dengan menuang perlahan setengah atau 1 cangkir soda api ke dalam lubang WC
  8. Tidak perlu menambahkan air, diamkan selama 10 menit, soda api akan langsung tampak bereaksi dengan munculnya asap panas, suara berdesis dan juga gelembung dari dalam lubang WC.
  9. Setelah 10 menit, atau sampai suara desis dan asap menghilang siramlah WC dengan air dalam jumlah banyak. Anda bisa menyiram WC dengan 1 ember air secara langsung. Penyiraman yang banyak ini akan membantu mendorong kotoran yang menyumbat.
  10. Setelahnya, coba menyiram kembali untuk mencoba apakah WC sudah lancar. Apabila masih tersumbat, Anda dapat mengulangi kembali menuang soda api dan menyiram sampai WC benar-benar lancar.