Cara Kerja dan Manfaat Solar Panel untuk Hasilkan Listrik Ramah Lingkungan

Cara Kerja dan Manfaat Solar Panel Untuk Hasilkan Listrik Ramah Lingkungan

Tenaga surya merupakan energy alternative yang memiliki banyak manfaat. Cahaya matahari dapat diubah menjadi bentuk listrik dengan perangkat yang disebut dengan solar panel. Perangkat tersebut disusun dari berbagai komponen yang membuat cara kerjanya lebih efektif. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara kerja solar panel di sini!

Cara Kerja Perangkat Solar Panel

Tenaga surya merupakan sumber energy yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi manusia. Diperkirakan, setiap meter persegi permukaan bumi menerima sekitar 164 watt energy matahari. Potensi itulah yang kemudian diambil untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama dalam kebutuhan listrik. Listrik yang dihasilkan pun lebih ramah lingkungan.

Panel surya bekerja dengan menggunakan unit kecil yang disebut dengan sel fotovoltaik. Proton atau partikel cahaya menjatuhkan elektron bebas yang berasal dari atom kemudian menghasilkan aliran lsitrik. Setiap fotovoltaik membentuk medan listrik yang mirip dengan magnet karena terdiri dari dua kutub yang berlawanan.

Medan listrik pun muncul saat muatan berlawanan dipisahkan. Untuk mendapatkan medan magnet, produsen mencampur silikon dengan bahan lain, sehingga dapat memberikan muatan listrik positif atau negative pada dua lempeng bahan semikonduktor yang disebut dengan sandwich. Perbedaan muatan semakin besar karena bagian atas silicon diberi fosfor, dan yang bawah diberi boron.

Tanpa komponen tersebut, cara kerja solar panel tidak akan bisa berjalan. Keberadaan fosfor dan boron akan mendorong elektron bebas dari foton untuk keluar dari sambungan silicon. Setelah itu, beberapa komponen lain di dalam sana akan mengkonversi electron menjadi daya listrik dan dapat digunakan oleh manusia.

Sulitkah Pemeliharaan Solar Panel?

Dilihat dari uraian sebelumnya, terlihat bahwa solar panel memiliki alur yang kompleks untuk menghasilkan sebuah listrik. Hal tersebut tentu memicu pemikiran bahwa perawatan solar panel adalah hal yang rumit. Jika anda menggunakan jasa SUN Energy, maka kemudahan tersebut sudah ada di genggaman, karena pihak mereka siap membantu mengatasi setiap problem.

Selain itu, SUN Energy akan selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan, sehingga setiap produknya memiliki kualitas yang tinggi. Tenaga ahli yang mereka sediakan juga sudah tersertifikasi sehingga dapat mengoptimalkan produktivitas dengan biaya yang terjangkau. Mereka pun semakin membuat klien puas, dengan layanan jaminan kerja selama 25 tahun.

Anda tidak perlu ragu memasangnya, karena perangkat tersebut sangat awet dan tahan lama. Cara kerja solar panel tidak akan mudah bermasalah. Jika memang terjadi gangguan, langsung saja hubungi call center SUN Energy, dan merekalah yang akan melakukan perbaikan. Dimanapun lokasi pemasangannya, mereka akan tetap melayani anda.

3 Manfaat yang Didapatkan Ketika Menggunakan Panel Surya

1. Sangat Mudah Diterapkan Di Indonesia

Keuntungan atau manfaat pertama yang bisa anda dapatkan ketika mulai menggunakan panel surya adalah sangat mudah digunakan, terutama di negara Indonesia. Hal ini seperti diketahui lantaran Indonesia merupakan negara tropis. Sehingga akan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.

Hal satu ini merupakan salah satu keuntungan tersendiri jika anda menggunakan panel surya. Sehingga dengan negara yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, akan membuat Indonesia sangat cocok untuk menerapkan energi surya. Dengan begitu, tentunya sistem panel surya ini akan sangat mudah untuk diterapkan pada rumah yang ada di Indonesia dan dapat menjadi tenaga listrik mandiri.

2. Sumber Energi yang Ramah Lingkungan

Salah satu cara penerapan ramah lingkungan adalah dengan memanfaatkan panel surya. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat solar panel memang akan membuat lingkungan semakin baik. Ketika anda menggunakan sistem pembangkit listrik satu ini, yakni dengan tenaga surya, maka secara langsung anda akan berperan untuk menjaga alam agar tetap lestari.

Tentu saja, hal ini akan jelas terlihat karena energi matahari merupakan salah satu sumber yang ramah lingkungan. Selain itu, matahari adalah sumber yang akan terus tersedia di alam dan tidak akan pernah mengalami kehabisan. Hal ini akan berbeda dengan sumber daya alam lain seperti batu bara dan lain sebagainya yang bisa habis sewaktu waktu.

3. Mampu Menghemat Tagihan Listrik

Manfaat selanjutnya yang didapatkan ketika anda menggunakan panel surya adalah mampu menghemat tagihan listrik. Dengan kenaikan tarif listrik, tentu saja akan memiliki dampak pada kondisi perekonomian yang ada di Indonesia. Jika anda memiliki tagihan listrik yang terus meningkat, namun penghasilan tetap segitu saja hal ini tentunya akan menjadi langkah yang tidak tepat.

Oleh karena itu, salah satu manfaat solar panel adalah mampu mengurangi tagihan listrik hingga mencapai 50 persen. Bahkan dalam kondisi tertentu, anda pun tidak perlu untuk membayar tagihan listrik. Hal ini dikarenakan kebutuhan listrik yang ada di rumah anda akan bisa terpenuhi secara maksimal.

Penutup

Itulah cara kerja dan beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mulai menggunakan solar panel Indonesia. Dengan adanya energi matahari yang tidak akan pernah habis tentunya akan menjadi salah satu nilai tambah tersendiri. Oleh karena itu, bagi anda yang memang ingin menjaga kelestarian lingkungan alam dan bumi bisa mulai menggunakan solar panel milik Sun Energy sekarang juga.