5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Alami, Mudah dan Praktis

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Alami, Mudah dan Praktis

Walaupun tampak sepele bahkan kadang bisa jadi sangat mengganggu, bulu ketiak memiliki fungsinya tersendiri. Bulu ketiak sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit ketiak yang sensitif dari bakteri dan racun atau zat kimia dari kosmetik.

Bagi orang dengan kecenderungan berbulu lebat terutama di bagian ketiak, fungsi ini seolah tidak sebanding dengan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Bulu ketiak yang terlalu lebat juga sangat mengganggu penampilan, baik untuk pria maupun wanita.

Bahkan, bulu ketiak yang lebat dapat menyebabkan ketiak bau dan juga lembap saat cuaca sedang panas. Selain itu juga dapat menimbulkan jejak basah pada pakaian yang pastiya akan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Banyak cara menghilangkan bulu ketiak yang bisa Anda coba, misalnya saja dengan mencukurnya. Masalahnya, mencukur bulu ketiak akan berpotensi menimbulkan bekas kehitaman, terlebih jika terlalu sering dilakukan.

Mencabut bulu ketiak pun juga tidak disarankan karena dapat mengganggu kesehatan. Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan bulu ketiak denga memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Cara Alami Menghilangkan Bulu Ketiak

Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan bulu ketiak dengan mudah menggunakan bahan alami. Cara ini cukup efektif dan murah untuk dilakukan sendiri di rumah

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak dengan cara merontokkannya secara alami. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Anda tinggal memotong jeruk nipis melintang menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan potongan jeruk ke kulit ketiak, lakukan hal yang sama untuk ketiak satunya menggunakan potongan yang lain.

Selain merontokkan bulu ketiak, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga diyakini dapat mencerahkan kulit ketiak. Lakukan hal ini secara rutin sebagai pengganti deodoran. Karena jeruk nipis juga memiliki khasiat mematikan bakteri penyebab bau badan.

2. Kapur Sirih

Pada zaman dahulu, banyak orang menggunakan kapur sirih sebagai deodoran. Kapur sirih memiliki memiliki beberapa kandungan seperti: kavinol, karkavol, kadinen dan zat samak. Zat-zat ini dipercaya dapat menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 1 sendok kapur sirih dengan air atau air lemon hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada kulit ketiak dan biarkan hingga kering.

Setelah kering Anda dapat membilasnya dengan air hangat hingga bersih dan mandi seperti biasa. Jika dilakukan secara rutin, bulu ketiak Anda akan berkurang dan juga kulit ketiak lebih cerah.

3. Lemon & Mentimun

Perpaduan antara lemon dan mentimun juga masuk dalam salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan ini juga cukup mudah. Pertama, haluskan buah mentimun dengan parut secukupnya. Kemudian peras 1 buah jeruk lemondan campurkan ke dalam parutan mentimun.

Selanjutnya, aduk hingga rata kemudian oleskan pada bagian ketiak hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Lemon, Gula & Madu

Lemon memang merupakan bahan utama penghilang bulu ketiak secara permanen. Untuk cara yang selanjutnya, Anda dapat mencampur lemon dengan gula dan juga madu. Gunakan gula dengan butiran yang agak besar karena pada campuran ini gula digunakan sebagai scrub yang akan membersihkan ketiak secara menyeluruh.

Cara pembuatannya cukup dengan mencampur satu sendok gula pasir, satu sendok madu dengan air perasan satu buah lemon. Aduk hingga merata kemudian oleskan pada bagian ketiak. Diamkan selama 30 menit, kemudian gosok dengan handuk lembut hangat dengan gerakan memutar. Setelahnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Pepaya Muda, Kunyit & Lidah Buaya

Campuran antara pepaya muda, kunyit dan lidah buaya juga cukup ampuh untuk menghilangkan bulu ketiak. Kandungan papain dalam pepaya muda dapat menghambat pertumbuhan bulu ketiak, kunyit dan lidah buaya berfungsi mencerahkan dan menyehatkan kulit ketiak.

Campur parutan kunyit, lidah buaya dan pepaya muda hingga menyerupai pasta, tidak perlu menambahkan air. Oleskan pada ketiak secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit. Sebelum dibilas gosok dengan gerakan memutar, bilas dengan air hangat. Lakukan 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.