5 Cara Menurunkan Asam Urat secara Alami yang Bisa Dicoba

Cara Menurunkan Asam Urat secara Alami yang Bisa Dicoba

Banyak orang mencari cara turunkan penyakit asam urat karena rasanya yang sangat menyakitkan ketika sedang kambuh. Adapun asam urat atau gout itu sendiri merupakan penyakit radang sendi yang muncul sebagai akibat kadar asam urat yang melebihi batas normal.

Asam urat dihasilkan oleh tubuh ketika memecah purin yang masuk melalui asupan makanan. Kondisi semacam ini akan membentuk kristal yang mengendap di persendian, biasanya di kaki dan jempol kaki, sehingga menyebabkan pembengkakan disertai rasa nyeri.

Ketika Anda menderita asam urat tinggi, maka Anda akan mengalami pembengkakan di persendian secara tiba-tiba. Misalnya saja di area ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, jari tangan, siku dan juga pergelangan tangan.

Cara Alami Menurunkan Asam Urat

Agar penyakit asam urat yang Anda derita tidak kambuh, maka Anda perlu menurunkan kadarnya. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk menurunkan penyakit asam urat yang bisa Anda coba.

1. Hindari Makanan yang Kaya Purin

Cara menurunkan asam urat yang pertama adalah menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Pasalnya, seperti dijelaskan di depan, bahwa purin yang dipecah oleh tubuh akan menghasilkan asam urat.

Semakin banyak purin yang masuk ke dalam tubuh, akan semakin banyak pula asam urat yang dihasilkan. Beberapa makanan yang menagndung kadar purin tinggi misalnya daging merah, beberapa jenis makanan laut (seafood), makanan berlemak, beberapa sayuran hingga kacang-kacangan dan polong-polongan.

2. Mengontrol Berat Badan

Cara alami menurunkan asam urat yang kedua adalah dengan mengontrol berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebih. Pasalnya, berat badan yang berlebihan atau obesitas juga bisa menyebabkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

Hal itu disebabkan karena orang dengan berat badan berlebih umumnya memiliki kadar insulin yang tinggi pula. Sementara itu, insulin yang tinggi akan membuat fungsi ginjal untuk membuang asam urat menjadi terganggu. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan mengendap sehingga membentuk kristal di persendian.

3. Hindari Minuman Manis & Alkohol

Untuk menurunkan kadar asam urat secara alami, Anda juga bisa melakukannya dengan cara menghentikan kebiasaan menonsumsi minum manis dan alkohol (miras). Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh secara umum, minuman keras dan minuman manis yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar asam urat.

Selain itu, minuman beralkohol dan juga minuman manis seperti jus serta soda juga akan menambah kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, juga berpotensi memicu naiknya berat badan serta mengganggu metabolisme tubuh.

4. Penuhi Kebutuhan Serat

Tips menurunkan asam urat secara alami yang keempat adalah dengan mencukupi kebutuhan serat. Pasalnya, serat akan membantu tubuh dalam proses pengeluaran dan pembuangan asam urat yang berlebih.

Untuk itu Anda disarankan mengonsumsi makanan berserat dalam jumlah yang cukup, minimal 5 – 10 gram serat larut setiap harinya. Adapun makanan berserat yang bisa Anda konsumsi adalah buah, sayuran, dan juga oat.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Selain makanan berserat, Anda juga harus memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih. Dengan mengonsumsi air putih setiap hari dalam jumlah yang cukup, maka masalah asam urat bisa Anda dihindari. Pasalnya, air putih akan membantu ginjal dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh secara efisien.

Selain itu, memenuhi kebutuhan air putih juga dapat membantu tubuh dalam membuang zat yang tidak terpakai lainnya, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi asam urat. Selain itu, membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat, cukup tidur, rajin berolahraga dan juga menghindari stres juga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.