Tuesday , February 7 2023
Jenis jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Follower

Jenis-jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Follower

Semakin berkembangnya media sosial mulai memunculkan istilah baru bernama influencer. Istilah ini tersemat pada seseorang yang memiliki popularitas tinggi dan pengaruh besar pada penggemarnya. Jenis-jenis influencer bisa dibedakan bukan hanya melalui media dimana influencer tersebut aktif. Anda juga bisa membedakan mereka berdasarkan jumlah pengikut di akunnya.

Ini akan menjadi pengetahuan menarik bagi Anda yang ingin menggunakan jasa influencer marketing dan Anda yang berkeinginan untuk menjadi seorang influencer pula. Pahamilah dengan baik agar Anda setidaknya memiliki pandangan mengenai bidang yang akan Anda geluti.

Penggolongan Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut

Penggolongan Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut

Berikut ini adalah penggolongan akun dari seorang influencer media sosial berdasarkan jumlah pengikutnya. Anda bisa menggunakan ini untuk menyebutkan influencer dari media sosial manapun.

1. Mega Influencer

Influencer yang memiliki jumlah pengikut yang sangat besar termasuk pada jenis yang satu ini. dalam perhitungan angkanya sendiri hingga menyentuh 1 juta pengikut. Influencer yang dapat meraih angka tersebut biasanya dari kalangan selebriti, bintang film, musisi, dan tokoh-tokoh terkenal lainnya.

Penting untuk Anda ketahui pada jenis-jenis influencer ini cukup sulit untuk melakukan kerja sama. Karena patokan tarifnya cukup besar dan mereka pun sangat selektif dalam memilih rekan bisnis. Bagi Anda yang bukan dari kalangan selebriti dan lainnya masih ada kemungkinan untuk menjadi mega influencer. Syaratnya tentu mudah, Anda hanya perlu memastikan konten Anda merupakan konten menarik dan berbobot.

2. Macro Influencer

Pada jenis ini influencer akan memiliki jumlah pengikut sebanyak 40 ribu hingga 1 juta. Influencer yang biasanya masuk ke jenis ini berasal dari kalangan selebriti namun belum terlalu terkenal atau memiliki prestasi yang menonjol. Jumlah influencer pada jenis ini cukup banyak ada di Indonesia.

Kerja sama dengan macro influencer juga tergolong lebih mudah karena pada dasarnya mereka sangat bersahabat dengan tawaran kerja sama. Tetapi Anda harus memastikan bahwa macro influencer yang akan Anda pilih sesuai dengan brand bisnis online.

3. Micro Influencer

Micro influencer biasanya hanya terfokus pada satu niche bahasan tertentu. Untuk jumlah pengikutnya sendiri adalah pada rentang angka 1000 hingga 40 ribu. Tidak jarang influencer dari golongan ini mempromosikan suatu brand tertentu secara gratis bila memang merasa brand tersebut bagus. Namun biasanya banyak bisnis UMKM yang memanfaatkan micro influencer indonesia untuk bantu mempromosikan produk mereka.

4. Nano Influencer

Jenis influencer yang satu ini termasuk ke influencer yang masih merintis. Sehingga jumlah pengikutnya pun tidak banyak, yaitu berkisar antara 1000 pengikut saja. Nano influencer biasanya mematok harga murah untuk promosi dan biasanya komunikasi antara influencer dengan audiens sangat bagus.

Itulah jenis-jenis influencer yang bisa Anda ketahui. Dan penting pula untuk Anda ketahui bahwa perhitungan jumlah pengikut tersebut berasal dari satu media sosial saja.

Anda bisa juga menggunakan platform influencer marketing seperti INFINA yang menyediakan jasa influencer dan paid promote murah, cocok untuk bisnis UMKM atau bisnis kecil yang membutuhkan influencer marketing.

Cek websitenya di sini : https://www.infina.id/