Thursday , February 22 2024
Manfaat Menurunkan Berat Badan Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Menurunkan Berat Badan untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan berat badan memang ekstra sulit. Jika Anda pernah mencoba sebelumnya dan gagal mencapai tujuan, mungkin akan sulit untuk tetap merasa termotivasi. Tetapi, Anda tidak perlu kehilangan satu ton berat badan untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Begitu penuturan dari Mir Ali, serang ahli bedak bariatric dan direktur medis dari Pusat Penurunan Berat Badan Bedah MemorialCare di Orange Coast Medical Center. Faktanya, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehilangan 5% dari berat badan akan meningkatkan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menurunkan berat badan yang terbukti baik untuk kesehatan.

Manfaat Menurunkan Berat Badan untuk Kesehatan

1. Membantu mengatur gula darah dan diabetes

Menurut Preeti Pusalkar, ahli nutrisi bersertifikat dari Hudson Medical Center, penyedia perawatan primer di New York mengatakan, menurunkan berat badan akan meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien diabetes tipe 2.

Kelebihan lemak pada tubuh akan mengarah pada peningkatan jaringan adiposa, hal ini menyebabkan terjadinya peradangan dan mengganggu fungsi insulin, hormone yang membantu mengatur kadar gula darah.

Menurunkan berat badan artinya mengurangi jaringan adiposa, yang memungkinkan tubuh untuk mengatur gula darah lebih efektif. Penelitian menunjukkan bahwa hanya ingin menurunkan berat badan sebanyak 5% maka dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang dewasa.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurunkan berat badan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan pada arteri, artinya jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Peneliti telah melakukan observasi efek operasi menurunkan berat badan seseorang, hasilnya risiko penyakit jantung menurun setelah seseorang menurunkan berat badan sebanyak 20%.

3. Menurunkan risiko stroke

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan darah, dan karena itulah muncul risiko seseorang terkena stroke. Hal ini terjadi karena tekanan darah tinggi memberi tekanan pada pembuluh darah Anda, membuatnya lebih kaku dan lebih mungkin menyebabkan darah menggumpal.

Maka dari itu, menurunkan berat badan bisa membantu meningkatkan efisiensi jantung karena pembuluh darah yang tidak tidak terlalu menyempit.

4. Tidur yang cukup

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan lebih mungkin untuk penderita Sleep Apnea, yaitu gangguan yang ditandai dengan kesulitan pernapasan saat tidur. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan timbunan lemak di leher Anda, yang dapat menyumbat saluran udara.

Menurut National Sleep Foundation, menurunkan berat badan memang tidak sepenuhnya mengobati masalah sleep apnea, namun dengan menurunkan berat badan dari 10 hingga 15 persen, akan meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi keparahan sleep apnea pada pasien obesitas sedang.

5. Meningkatkan energi

Karena menurunkan berat badan dapat memberikan kualitas tidur, maka Anda juga akan merasa lebih memiliki energi di siang hari. Kelebihan berat badan mengartikan bahwa tubuh Anda harus bekerja lebih keras dalam bergerak.

Maka dari itu, menurunkan berat badan berarti Anda menggunakan lebih sedikit energi untuk bergerak. Ini jugalah yang meningkatkan fungsi pernapasan yang dapat membuat Anda lebih berenergi.

6. Nyeri sendi berkurang

Kelebihan berat badan akan menyebabkan persendeian menjadi rusak, stress, dan meradang. Menurunkan berat badan akan membantu mengatasi masalah ini.

Menurut sebuah studi di tahun 2018, observasi orang dewasa yang gemuk dengan nyeri artritis di lutut menemukan bahwa, setelah orang tersebut kehilangan 10 hingga 20 persen berat badannya, ia merasakan lebih sedikit rasa sakit. Peningkatan fungsi sendi juga terasa ketika seseorang menurunkan 5% berat badannya.

Alasannya mungkin berkaitan dengan seberapa cepat persendian rusak saat mengalami tekanan tambahan akibat kelebihan berat badan. Saat permukaan halus di ujung tulang, atau tulang rawan, menjadi rusak dan aus, Anda merasakan nyeri dan kaku pada persendian.

7. Lebih percaya diri

Walau tidak ada hubungan langsung antara menurunkan berat badan dengan tingkat kepercayaan diri, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri.

Menurut laporan di tahun 2014, 36 studi menentukan manfaat psikologis dari penurunan berat badan. Para peneliti ini menemukan adanya peningkatan yang konsisten pada citra tubuh, harga diri, dan kesejahteraan umum di antara subjek yang kehilangan berat badan.

8. Mengurangi risiko kanker

Menurut American Cancer Society, kelebihan berat badan diperkirakan menjadi penyebab sekitar 11% kanker pada wanita dan 5% pada pria. Obesitas meningkatkan risiko Anda terkena beberapa jenis kanker, seperti :

  • Kanker endometrium
  • Kanker payudara pada wanita setelah menopause
  • Kanker ginjal
  • Kanker hati
  • Kanker pankreas

Hubungan berat badan dengan kanker memang masih belum pasti, tetapi para peneliti percaya peradangan akibat lemak visceral atau lemak yang mengelilingi organ vital adalah penyebabnya.

Dengan menurunkan berat badan, Anda dapat menurunkan risiko terkena kanker ini.

Beberapa orang memang mungkin perlu menurunkan berat badan secara signifikan untuk merasakan beberapa manfaat di atas. Namun sebagian besar kehilangan sebanyak 5% dari berat badan akan menghasilkan banyak manfaat seperti meningkatnya kesehatan jantung dan menurunkan risiko diabetes.

Namun, sebelum memulai program berat badan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang rencana dan tujuan yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda bisa menjaga konsumsi makanan yang sehat.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan sarapan yang aman saat Anda sedang diet adalah Mie Jiwa Pagi dari Kobe. Mie Jiwa Pagi adalah mie instan sehat dan termasuk makanan tanpa MSG dengan rasa lezat yang mendukung gaya hidup terbaik.

Mie tanpa MSG yang satu ini lebih rendah lemak karena tidak digoreng sehingga cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet. Terbuat dari sayuran, Mie Jiwa Pagi tanpa MSG mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi, dan zync.

Pilihan rasanya juga beragam dengan mie goreng, ayam bawang, dan soto segeer. Dengan harga Mie Jiwa Pagi yang terjangkau, Anda bisa beli Mie Jiwa Pagi di beberapa toko online Kobe Official Store atau di beberapa retail terdekat.

Mau makan enak sekaligus sehat untuk mendapatkan manfaat menurunkan berat badan? Bisa dimulai dengan Mie Jiwa Pagi!

Credit Gambar Unggulan: Unsplash/Baljinnyam Sumiyasuren