Tuesday , February 7 2023
Mengenal Lebih Jauh tentang Media Tanam Jadi

Mengenal Lebih Jauh tentang Media Tanam Jadi

Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat media tanam jadi dan bagaimana cara menggunakan media tanam siap pakai yang benar. Bagi Anda seorang yang gemar bercocok tanam, tentu saja hal ini perlu anda ketahui.

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya jika kita ulas terlebih dahulu pengertian dari media tanam jadi itu sendiri.

Apa itu Media Tanam Jadi?

Perlu diketahui, media tanam jadi adalah media yang digunakankan sebagai tempat untuk tanaman tumbuh. Sehingga peranan media tanam ini akan sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan tanaman yang bersangkutan.

Hal itu memang tidaklah mengherankan. Sebab, media tanam akan mampu memenuhi kebutuhan oksigen sekaligus juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian, tanaman bisa tumbuh dengan sehat berkat adanya media tanam yang baik.

Pada upaya pembudidayaan tanaman hias, umumnya orang akan memanfaatkan media tanam. Di mana tanaman hias tersebut bisa saja ditanam di dalam pot.

Namun agar tanaman hias tersebut dapat tumbuh dengan baik, maka ia akan membutuhkan yang namanya media tanam. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tumbuhan yang bersangkutan, sehingga akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, tanaman hias tersebut akan berbunga dan menampilkan keindahan yang maksimal berkat adanya media tanam siap pakai yang berkualitas.

Membuat Media Tanam Jadi

Jika Anda berniat untuk membuat media tanam yang siap pakai, maka Anda akan membutuhkan beberapa hal, mulai dari media tanam, bahan pengikat sehingga unsur hara.

Adapun untuk campuran media tanam yang berkualitas biasanya terdiri dari beragam campuran, mulai dari cocopeat Low EC yang dikombinasikan dengan dolomit, fermentasi kohe kambing, sekam bakar serta campuran kotoran wallet, eceng gondok, krokot, dan jugaguano sriti.

Media tanam siap pakai yang baik umumnya akan mengandung beragam unsur hara mulai dari nitrogen, kalium, fosfor, kalsium, carbon, dan lainnya, sehingga akan mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang bersangkutan.

Media Tanam Jadi yang Baik

Lebih dari itu, media tanam dikatakan memiliki kualitas yang baik apabila media tanam tersebut bebas dari hama dan penyakit, memiliki kandungan unsur hara penting seperti mikrorhiza, trichoderma, hingga rhizobium.

Selain itu juga merupakan kombinasi dari beberapa media seperti cocopeat, dolomit, sekam bakar, kotoran wallet, krokot dan fermentasi kohe kambing.

Adapun ciri-ciri media tanam yang baik, jika Anda memegangnya maka akan terasa gembur, terurai dan terasa lembab, namun tidak sampai basah.

Campuran Media Tanam yang Baik

Campuran Media Tanam yang Baik

Seperti yang telah disinggung di depan, bahwa untuk membuat media tanam yang baik maka akan dibutuhkan berbagai campuran mulai dari cocopeat low EC yang ditambahkan dengan dolomit, fermentasi kohe kambing, sekam bakar dan campuran kotoran wallet, eceng gondok, krokot, hingga guana sriti.

Demikianlah sekelumit informasi mengenai media tanam jadi atau siap pakai. Jika Anda merasa kebingungan untuk membuatnya namun Anda ingin mencoba menanam tanaman di media siap pakai, maka Anda kami sarankan untuk membeli media tanam jadi dengan merek Tanami.

Anda bisa mendapatkannya melalui website https://tanami.co.id/ atau untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa menghubungi nomor WhatsApp +62 812-1233-3590 dan email: [email protected]