Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol, Tips Sehat Alami dan Aman Atasi Lemah Berlebih


Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol, Tips Sehat Alami dan Aman Atasi Lemah Berlebih

Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol, Tips Sehat Alami dan Aman Atasi Lemah Berlebih. Kolesterol dalam tubuh memang dibutuhkan hanya saja ada jenis kolesterol yang tidak baik. Kolesterol ini sering disebut sebagai kolesterol jahat. Kolesterol merupakan zat berlilin yang terdapat pada seluruh sel tubuh. Pada tubuh kolesterol adalah zat yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon, vitamin D dan produk penting lainnya. Ada kolesterol baik dan tidak baik tentu yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Ada solusi tentang manfaat blewah untuk menurunkan kolesterol dalam arti kolesterol yang tidak baik.

Definisi kolesterol yang sering kita jumpai di masyarakat adalah sifatnya semua kolesterol itu tidak baik. Padahal seharusnya keseimbangan kadar kolesterol sangat dibutuhkan tubuh manusia. Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol. Kolesterol merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini.

Di sisi lainnya tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg.

Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin, tetapi simvastatin memiliki efek samping mempercepat timbulnya Katarak atau memperburuk Katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini, oleh karena itu sebaiknya gunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya dan telah ada Generiknya pula

Beberapa ahli kesehatan menyarankan konsumsi bekatul akan sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Sebenarnya Serat apapun (Oats, Sayur, Buah) akan mengikat sebagian lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan (diet).

Jenis Kolesterol

Kolesterol mengalami perpindahan melalui aliran darah dalam bentuk kecil dengan mengikat protein, maka itu disebut dengan lipoprotein. Ada 2 tipe lipoprotein, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL).

Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, karena jika kadar kolesterol ini tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Akhirnya, timbul berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung.

Sementara itu, kolesterol HDL biasanya dianggap kolesterol baik karena membawa lemak dari bagian tubuh kembali ke hati. Jadi kolesterol baik ini akan ‘membersihkan’ semua lemak-lemak yang biasanya tertinggal di dalam pembuluh darah dan organ, agar selanjutnya dapat diolah oleh hati.

Solusinya agar terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis adalah tubuh Anda harus memiliki kadar LDL dan HDL yang normal.

Manfaat Blewah untuk Menurunkan Kolesterol

Buah blewah ternyata tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali alias zero kolesterol. Fakta ini menjadikan pilihan yang sangat aman bagi penderita masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Karakter blewah adalah mampu menurunkan berat badan. Ini sangat cocok bila Anda sedang menjalankan program diet dimana lemak yang menumpuk bisa ditekan. Alasannya adalah karena buah blewah rendah gula dan kalori. Ini sebagai upaya dalam menjaga berat badan, buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit.

Khusus bagi penderita kolesterol tinggi blewah buah blewah bisa menjadi pilihan yang aman dan alami sebagai solusinya. Blewah memiliki vitamin C dalam kandungan yang tinggi. Buah blewah mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni 36,7 miligram atau setara dengan 61 persen kebutuhan vitamin C harian. Buah blewah mampu menurunkan kolesterol (LDL) buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

Baca Juga:

Sejak dini kontrol kadar kolesterol akan membuat penjagaan tubuh tetap sehat selalu berjalan. Lakukan pengecekan ke dokter atau pusat kesehatan yang memang memberikan pelayanan terbaik dalam mensupport kesehatan Anda. Semoga manfaat blewah untuk menurunkan kolesterol ini sangat berguna.