Manfaat Buah Nangka Jackfruit yang Manis dan Harum

Manfaat Buah Nangka dan Bijinya

Manfaat Buah Nangka Jackfruit yang Manis dan Harum. Buah nangka adalah buah yang mudah didapati, berkulit seperti buah duren, warna daging buah kuning, dan baunya harum khas. Inilah buah nangka yang hingga sekarang masih menjadi buah favorit di daerah pedesaan. Apalagi bila saat musim buah nangka tiba serasa satu jalanan atau gang berbau harum dan khas. Buah nangka sejatinya buah yang mudah dikembangbiakkan dan dinikmati.

Selain enak rasanya tentu ada manfaat buah jangka yang perlu diperdalam di laman ini. Tulisan singkat tentang buah nangka yang bisa dijadikan sebagai alternatif makanan buah yang kaya vitamin dan mineral. Buah nangka termasuk dalam buah yang multifungsi karena selain dapat dimakan langsung seperti buah-buah lain, buah nangka yang muda dapat dimasak sebagai campuran berbagai sayuran.

Nangka merupakan nama sejenis pohon dan sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Ukuran buah nangka bermacam-macam. Sekali lagi selain itu buah nangka mengeluarkan wangi yang khas jika buahnya sudah matang seperti pada buah durian. Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi buah nangka dan bijinya juga dapat dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan. Biji buah nangka yang bertekstur lembut dan enak dimakan bagian lain kelebihan buah ini untuk dikonsumsi.

Kulit buah nangka sebagaimana kulit durian juga bisa digunakan sebagai pakan ternak sebagai campurannya.

Kandungan Buah Nangka

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nangka termasuk sumber kalori seperti pada manfaat buah durian, namun merupakan kandungan gula yang sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung dirubah menjadi energi.  Sejumlah mineral pentung dan nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium dan seng. Sehingga membuatnya penting untuk dikonsumsi sabagai menu buah harian. Berikut ini beberapa manfaat nangka bagi tubuh:

Dalam 100 gram nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yang lembut dan mudah dicerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.

Manfaat Buah Nangka Jackfruit yang Manis dan Harum

Berikut ulasan singkat manfaat buah nangka dan bijinya yang perlu diketahui :

1. Biji buha nangka sebagai bahan sayuran

Ini bisa dijadikan bahan sayuran saat memasak. Bisa utuh dan bisa dipotong menjadi beberapa bagian.

2. Bijinya bisa dimakan sebagai camilan dengan direbus

Selain dijadikan bahan sayuran juga untuk camilan. Ini dengan merebusnya secara khusus atau dibarengkan dengan merebus lainnya.

3. Biji buah nangka dibuat keripik biji buah nangka

Anda juga bisa menjadikan keripik biji buah nangka. Walau belum familiar setidaknya ini menjadi terobosan variasi masakan olahan turunan dari manfaat buah nangka itu sendiri.

4. Mampu mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan ini di atasi dengan biji nangka kering kemudian digiling untuk mendapatkan bubuk atau membeli bubuk nangka yang tersedia di pasar.

5. Menyehatkan dan membuat rambut jadi kuat

Khasiat biji nangka adalah meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Sirkulasi darah yang lancar, sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang baik. Oleh karena itu nangka dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

5. Mencegah kerusakan rambut

Adanya A yang tinggi menjadikan faktor penting untuk kesehatan rambut karena mencegah rambut kering dan rapuh.

6. Melawan keriput

Caranya dengan mengambil biji nangka dan dicelupkan ke dalam manfaat susu dingin untuk sementara waktu. Giling dengan baik dan terapkan pada keriput dengan lembut. Hal ini diyakini akan bekerja pada bagian yang keriput dalam waktu hanya sekitar empat sampai lima minggu. Lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

7. Membuat kulit bertambah halus

Biji nangka dikombinasikan dengan madu dan susu. Kemudian giling menjadi pasta halus. Sekarang terapkan pasta ini pada wajah secara merata dan biarkan kering sepenuhnya. Setelah beberapa waktu, bilas wajah dengan air bersih.

8. Mampu mencegah Anemia

Manfaat ini bisa dilacak karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, buah nangka juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

Baca Juga:

Dengan mengetahui manfaat buah nangka menjadikan setiap pembaca memaknai buah nangka adalah buah yang kaya akan kebaikan untuk tubuh manusia.