Manfaat Buah Cermai untuk Sembelit, Tips Mudah Atasi Konstipasi dengan Alami

Manfaat Buah Cermai untuk Sembelit, Tips Mudah Atasi Konstipasi dengan Alami

Manfaat Buah Cermai untuk Sembelit, Tips Mudah Atasi Konstipasi dengan Alami. Cermai merupakan buah yang berwarna kuning, permukaan tidak rata alias bergelombang, dan rasanya masam. Dibalik buah yang kecil dan kadang dianggap sebelah mata karena rasanya yang kecut, ada khasiat buah cermai yang jarang diketahui orang yaitu mampu mengatasi gangguan sembelit. Sembelit atau buah air besar tidak lancar selalu membuat orang merasa tak nyaman bahkan tersiksa.

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

Nama lain dari Cermai adalah ceremai, cereme atau cerme. Cermai merupakan nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Di daerah lain cermai dikenal dengan nama ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus. (wikipedia)

Buah cermai diperkirakan berasal dari Madagaskar. Kini cermai telah menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti di Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia, dan Malaysia bagian utara), kepulauan-kepulauan Mauritius, Réunion dan Rodrigues di Samudra Hindia, Guam, Hawaii, dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik.

Di Indonesia khasiat cermai sudah sejak lama diakui. Misalnya seperti di tulis Dr. A. Seno Sastroamidjojo dalam bukunya, Obat Asli Indonesia, ia menyebutkan buah cermai yang mengandung vitamin C, sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam, atau dirujak. Cermai juga kerap dibuat manisan, direbus untuk setup, atau dibuat minuman penyegar.

Manfaat Buah Cermai untuk Sembelit

Manfaat buah cermai untuk mengatasi sembelit adalah karena cermai banyak mengandung Vitamin C.  Cermai memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah bervitamin C lainnya sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk membersihkan usus.

Khasiat biji cermai dapat dimanfaatkan untuk mengobati sembelit dan mual. Caranya dengan ditumbuk dan dibuat minuman.

Resep mengatasi sembelit dengan cermai dengan menyiapkan ¾ sdt biji ceremai digiling halus lalu diseduh dengan ½ cangkir air panas, tambahkan 1 sdm madu, aduk rata lalu minum. Lakukan sehari 2 kali. Atau 3 gram daun ceremai, haluskan, seduh dengan ½ gelas air panas, setelah dingin minum bersama ampasnya.

Baca Juga:

Demikian manfaat buah cermai untuk sembelit semoga bermanfaat untuk Anda.