Manfaat Cempedak untuk Pelangsing Tubuh, Buah Nongko Cino Bikin Badan Ideal


Manfaat Cempedak untuk Pelangsing Tubuh, Buah Nongko Cino Bikin Badan Ideal

Manfaat Cempedak untuk Pelangsing Tubuh, Buah Nongko Cino Bikin Badan Ideal. Buah Cempedak sekilas mirip nangka yang sering dijumpai di pasar. Memang bisa dikatakan mirip hanya ada perbedaan pada daging buah, tekstur, aroma, dan bentuknya. Daging buah Cempedak lebih lembut mirip durian sedangkan nangka sangat terasa seratnya. Manfaat cempedak untuk pelangsing tubuh menjadi pilihan tersendiri bila ingin mencobanya.

Walau tidak hanya mencoba saja, khasiat cempedak dalam melangsingkan tubuh telah diakui perannya. Cempedak masuk dalam tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Tanaman ini berasal dari Semenanjung Malaya, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Buh ini juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Cempedak sudah dikenal luas sebagai dengan sebutan lain seperti campedak. Buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Cempedak

Berikut ini komposisi zat gizi nangka dan cempedak per 100 gram.

  • Energi (kkal) 106 51 116
  • Protein (g) 1,2 2,0 3,0
  • Lemak (g) 0,3 0,4 0,4
  • Karbohidrat (g) 27,6 11,3 28,6
  • Kalsium (mg) 20 45 20
  • Fosfor (mg) 19 29 30
  • Zat besi (mg) 0,9 0,5 1,5
  • Vit A (SI) 330 25 200
  • Vit B1 (mg) 0,07 0,07 0
  • Vit C (mg) 7 9 15
  • Air (g) 70,0 85,4 67,0

Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)

Efek Samping Buah Cempedak

Selain enak dan berkhasiat ada efek samping yang perlu Anda ketahui sebelum mengonsumsinya. Buah ini mengandung Ascobic Acid sehingga disarankan untuk tidak banyak – banyak atau tidak dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan karena dapat membuat gas di dalam lambung. Khususnya untuk penderita sakit Maag, buah ini dapat memicu penyakit tersebut kumat.

Manfaat Cempedak untuk Pelangsing Tubuh

Dari sisi nilai gii yang ada cempedak mempunyai nilai energi cukup tinggi, yaitu 116 kkal per 100 gram. Nilai energi pada saat buah masak berkisar 106 kkal per 100 gram. Tingginya kadar energi pada cempedak berkaitan dengan nilai karbohidratnya yang mencapai 28,6 g per 100 g.

Buah ini cocok sekali jika Anda sedang menjalani diet rendah lemak. Cempedak dapat jadi pilihan karena kadar lemaknya sangat rendah, yaitu 0,4 g per 100 g. Kegunaan cempedak lainnya adalah menjaga saluran pencernaan. Cempedak mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada nangka, dan mengandung serat pangan (dietry fiber) yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.

Saat memakan buah Cempedak efek pada perut adalah memberi rasa kenyang. Dengan hal tersebut akan membuat buah Cempedak cocok untuk bahan makanan atau Anda berniat untuk langsing. Kandungan nutrisinya cukup memberi rasa kenyang sekaligus membentuk tubuh.

Baca Juga:

Semoga berguna artikel manfaat cempedak untuk pelangsing tubuh Anda ini. Like dan share bila dirasa bermafaat untuk saudara lainnya yang belum mengetahuinya. Selamat mencoba!