Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Mata, Cara Mudah Menjaga Penglihatan dengan Dragon Fruit


Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Mata, Cara Mudah Menjaga Penglihatan dengan Dragon Fruit

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Mata, Cara Mudah Menjaga Penglihatan dengan Dragon Fruit. Buah naga dikenal bukan asli buah-buahan asal Indonesia. Bentuknya yang unik, bergerigi, mirip nanas hanya tidak berduri, berwana merah, dan dagingnya sangat segar tidak terlalu manis. Buah naga sering di tanam di sekitar rumah, kebun, atau dibudidayakan secara massal. Manfaat buah naga untu kesehatan mata mungkin tidak banyak yang mengetahui kecuali bagi Anda yang suka kepo di beberapa laman atau situs kesehatan.

ManfaatCaranya.com ikut mengulas tentang manfaat buah naga untuk kesehatan mata agar kekayaan literasi kesehatan dan tips di dunia maya sangat beragam dan kaya. Mata adalah organ penting alias vital untuk kesehatan. Ia digunakan untuk melihat apapun di dunia ini sehingga tak jarang mata menjadi kunci termahal seseorang mengenal sesuatu dengan melihat.

Sejarah buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Buah naga atau gragon fruit (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah.

Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga

Sebenarnya buah naga sangat berkhasiat tidak hanya menjaga kesehatan mata. Ia sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan serta diet yang sehat, mencegah kanker, mencegah diabetes, meningkatkan keinginan untuk makan, menyembuhkan batuk dan asma, meminimalisir kelahiran prematur, mencegah keguguran, membantu tumbuh kembang janin, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat lain buah naga adalah mengatasi terjadinya penuaan dini, meminimalkan kemungkinan tekanan darah tinggi dan serangan jantung, memperkuat tulang serta gigi, menjaga kesehatan kulit, mencegah serta mengatasi sariawan, mencegah panas dalam, memperlancar sistim peredaran darah, melancarkan sistim pencernaan, meminimalisir terjadinya tulang rapuh, berkhasiat untuk menambah stamina, dan meminimalkan penyakit beri-beri.

Kandungan buah naga seiring dengan manfaatnya. Memang tidak heran akan manfaat buah naga yang tidak terlepas dari kandungan gizinya yang lengkap. Berikut ini kandungan gizi pada buah naga :

  • Kalori. Setiap 100g buah naga hanya memiliki 60 kalori : 18 kalori dari lemak tak jenuh, 8 kalori dari protein dan 34 kalori dari karbohidrat.
  • Karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang dikandungnya adalah karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.
  • Bebas darilemak dan kolesterol. Buah Naga tidak mengandung kolesterol, lemak jenuh maupun lemak trans, sehingga konsumsi secara teratur akan membantu mengatur tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Biji buah naga yang berwarna hitam mengandung asam lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6 ) yang dapat membantu menurunkan resiko gangguan kardiovaskular.
  • Serat. Kandungan serat pada buah ini juga cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara teratur dapat membantu menghindari sembelit, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu Anda mengurangi berat badan berlebih.
  • Vitamin C. Vitamin C yang tinggi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah pernyakit.
  • Fosfor. Kadungan fosfor pada buah naga juga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Phytoalbumins. Buah naga mengandung phytoalbumins, yang merupakan senyawa antioksidan yang membantu mencegah pembentukan sel kanker.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Mata

Selain manfaat buah naga secara kesehatan tersebut di atas juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman. Makanan dengan mengkonsumsinya dan minuman bisa dibentuk dalam ekstrak sari buah naga berupa sirup dan lainnya.

Di dalam buah naga adanya vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya Vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Karoten juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Manfaat buah naga untuk kesehatan mata sebenarnya terletak dari kandungan karoten yang sangat baik untuk mata bila dikonsumsi.

Karoten adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan penglihatan mata. Kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan penglihatan orang lanjut usia yang memiliki masalah rabun senja terkait usia.

Mata yang setiap hari kita gunakan melihat bila tidak ditunjang dengan nutrisi yang baik akan mengalami penurunan daya lihat dan lainnya. Oleh karenanya buah naga sangat baik bagi mereka yang setiap hari bekerja dengan menggunakan organ manta lebih intens seperti pekerja kantor dengan komputernya, sopir, nahkoda, pilot, hingga seorang peneliti di lab dan fotografer.

Baca Juga:

Semoga manfaat buah naga untuk kesehatan mata ini bermanfaat dan mampu menjadi referensi Anda. Selamat mencoba!