5 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

5 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

5 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Buah yang berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning ini mempunyai rasa yang khas dan berbeda. Aroma markisa sangatlah enak dan segar. Tidak heran jika buah ini digunakan sebagai bahan utama pembuatan sirup selain itu markisa juga bisa dijadikan minuman langsung. Buah yang berasal dari daerah sub tropis di Amerika ini mempunyai beragam manfaat. Berbagai manfaat buah markisa untuk tubuh dapat digunaan sebagai obat beberapa penyakit berbahaya dan kecantikan kulit.

Buah Markisa

Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning.

Nama lain yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatra Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva). Di Sumatra Barat markisa tumbuh di daerah Kabupaten Solok, khususnya di kecamatan Lembah Gumanti dan Lembang Jaya.

Manfaat Buah Markisa

Ada beragam khasiat dari buah markisa untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga:

1. Mengobati Kanker

Buah markisa juga berfungsi sebagai sumber antioksidan alami yang berfungsi sebagai pencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Mengobati Asma

Kandungan zat blok histamin pada buah markisa ini mampu mengobati penyakit asma, sehingga Anda tidak perlu bingung dalammencari obat asma.

3. Mencegah Kecacatan Pada Bayi

Kandungan asam folat pada buah markisa sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan tersebut baik untuk mengurangi resiko cacat otak. Selain itu kandungan asam folat buah markisa juga dapat mencegah kolesterol dan juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Dapat Memperkuat Tulang Dan Gigi

Kandungan betakaroten yang tinggi pada buah markisa berfungsi sebagai memperkuat perkembangan tulang dan gigi, bukan hanya itu, tetapi mempunyai fungsi lainnya seperti memperbaiki jariangan dalam tubuh, mengurangi resio penyakit artritis, penyakit crhon, penyakit Parkinson dan juga mencegah depresi.

5. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Buah ini dapat memperlancar metabolisme pada usus besar. Dan juga mengobati masalah sembelit. Selain itu, buah ini juga mampu mengobati penyakit hyperacidy, lambung, dan juga ulkus duodenum.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari buah markisa ini, selain berfungsi untuk kesehatan tubuh, buah ini juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan tubuh. Buah markisa sangat cocok untuk anti anging alami.

Cara Membuat Masker Markisa

Adapun Manfaat buah markisa untuk mencegah kerutan pada wajah Anda. Berikut ini langkah-langkah pembuatan masker markisa sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah markisa yang telah masak lalu potong menjadi dua dan ambil bijinya
  • Pisahkan antara biji dan air, serta lapisan lender dari sari buahnya
  • Lalu haluskan biji markisa
  • Setelah halus tambahkan sedikit air, aduk hingga rata
  • Lalu oleskan secara merata pada wajah Anda, tunggu 15-20 menit
  • Bilas dengan air lalu terakhir usapkan es batu yang telah dibungkus oleh handuk
  • Bersihkan dengan handuk yang kering.

Buah markisa ini mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda. sebab hampir 50% nutrisi vitamin C telah terpenuhi jika Anda mengonsumsi buah ini. Manfaat buah markisa yang beragam membuat masyarakat Indonesia banyak mengombinasikan berbagai makanan yang dicampur dengan ekstrak buah markisa ini.

Buah markisa juga dapat menurunkan berat badan. Sebab buah ini mempunyai kadar rendah kalori yang cocok digunakan untuk diet. Bukan hanya itu, natrium dan sedikit lemaknya mampu meningkatkan stamina Anda saat beraktivitas, sehingga jika Anda mengonsumsinya setiap hari maka kebutuhan vitamin C dan juga juga kalorinya terpenuhi dan tidak menyebabkan kegemukan. Apalagi buah ini juga mengandung serat yang tinggi. Sebab setiap 100 gram markirsa mengandung 10,4 gram atau 27 % serat dalam diet dan juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol dalam gula darah. Selain itu, manfaat buah markisa ini juga mampu melindungi membrane mukosa dalam usus besar yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar.

Simak Juga:

Jadi bagi anda yang sedang melakukan program diet buah markisa sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman setiap hari. Kandungan vitamin Cnya mampu menstabilkan jumlah kalori dalam tubuh. semoga ulasan ini bermanfaat.