Tips Jitu Mengatasi Bayi Susah Makan


Tips Jitu Mengatasi Bayi Susah Makan

Tips Jitu Mengatasi Bayi Susah Makan. Dewasa ini banyak sekali permasalahan dan keluhan ibu-ibu karena bayi mereka sulit akan untuk makan. Mereka khawatir tentang kondisi tubuh bayinya, karena menurut pendapat para ahli bahwa bayi yang sulit makan akan berdampak negative yaitu kekurangan gizi.

Pola makan bayi, pada dasarnya dipengaruhi oleh factor perilaku bayi itu sendiri serta factor interaksi dengan orang tuanya. Kedua faktor inilah yang dominan untuk membentuk pola makan bayi.

Kesulitan makan dapat terjadi pada semua kelompok usia bayi, dari bayi yang baru lahir sampai balita. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi sulit makan, akan tetapi yang sering terjadi disebabkan berkurangnya nafsu makan. Yaitu diantaranya ada penyakit, gangguan psikologis, menu makanan yang tidak sesuai dengan selera atau membosankan dan lain-lain.

Jenis Kesulitan Makan Pada Bayi

1. Menolak Makan

Kenali gejala bila bayi menolak makan, bisa jadi bayi sedang dalam masalah, misalnya kurang enak badan, tumbuh gigi, sariawan, masalah tenggorokan.

2. Karena Paksaan Orang Tua

Paksaan terhadap pola makan, misalnya bayi dipaksa menelan semua mkanan yang telah diambilkan ibunya di piring. Biasanya orang tua tidak menghiraukan penolakan si bayi, padahal si bayi sudah dalam keadaan kenyang.

Baca Juga:

3. Kelelahan Bayi

Jangan memberikan makanan pada saat bayi sedang bermain-kain, karena dengan kelelahan sehabis bermain, jantungnya masih memacu dengan keras, sehingga si bayi akan menolak jika diberi makan dan biasakan menyuapi makanan si bayi dalam keadaan tenang.

4. Karena Sakit

Jika bayi anda menolak makan mungkin sedang terkena sakit. Perhatikan dia dengan seksama jika memang kondisi bayi tidak sehat segeralah untuk ambil tindakan yang terbaik buat bayi anda.

5. Mengemut Makan

Mengemut makanan banyak dilakuakan oleh bayi guna untuk menarik perhatian orangtua atau cara menolak melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan setelah selesai makan, misalnya tidur siang. Maka dari itu cara menanganinya adalah dengan mengurangi perhatian pada bayi.

6. Memuntahkan Makanan

Faktor yang banyak menyebabkan masalah ini adalah udara yang tertelan waktu menyusu atau kebanyakan makan serta alergi. Bayi juga cenderung muntah bila berada di lingkungan yang ramai dan stress yang diderita akibat makanan.

Tips Mengatasi Bayi Susah Makan

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membujuk sibuah hati untuk tetap makan. Mulai dari cara sederhana hingga cara yang agak kreatif. Semua itu bisa anda lakukan untuk menjaga asupan makanan bayi.

Baca Juga:

1. Mainan berbunyi

Bayi didudukan di kursi makan bayi (high chair), lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan  dengan mainan yang ada, saya harus menggantinya dengan mainan yang lain. Mainan yang berbunyi lebih menarik perhatiannya dan ketika ia lengah, ia lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

2. Tayangan film kartun

Bayi duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, sehingga ia membuka mulut tanpa sadar ketika kita mendekatkan sendok ke mulutnya.

3. Membuatnya melihat ke atas

gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya  terbuka, masukkan sendok berisi makanannya.

4. Ringtone HP

Bunyikan ringtone HP dan pegang HP agak tinggi agar si bayi melihat ke atas sambil membuka mulut.

5. Berikan Mainan Yang Suka Digigit

Untuk bayi yang senang menggigit benda apapun di sekitarnya, berikan mainan yang bisa digigit untuk memancing gigitannya. Ketika ia siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.

6. Tepuk tangan

Cara ini butuh bantuan orang lain untuk bertepuk tangan sambil berkata, “Horeeeee”, sementara Anda menyuguhkan sendok berisi makanan ke mulut si bayi.

7. Cara nomor 6 tidak berhasil?

Coba deh lebih banyak orang yang bertepuk tangan dan menyebutkan “horeee”.

8. Makan bersama

Bayi susah makan sering tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Anda sambil makan ketika menyuapinya. Atau, minta bantuan orang lain untuk makan di hadapan bayi Anda, dan Anda harus sigap menyuapinya ketika ia mulai menganga karena ‘latah’ melihat orang lain menyuap makanan.

9. Menu selang-seling

Bila bayi susah makan, mungkin karena bosan dengan rasa makanan yang sama pada setiap suapannya. Cobalah sesuap bubur / nasi tim, lalu suapan berikutnya puree buah, lalu begitu terus selang seling sehingga ia tidak bosan.

10. Rasa

Bayi susah makan mungkin karena ia tidak suka dengan rasa makanannya. Walaupun banyak yang melarang adanya tambahan garam atau kecap pada makanan bayi, saya terpaksa menambahkannya agar makanan tersebut sedap. Kadang, saya tambahkan juga bawang goreng agar wangi. Yang saya hindari hanyalah MSG saja.

Baca Juga:

11. Makan setelah mandi

Air hangat membuat peredaran darah lebih lancar dan memicu rasa lapar. Walaupun bunda lebih senang memandikan bayi setelah ia makan, kadang kala bayi susah makan jadi lebih bernafsu makan setelah ia mandi.

12. Air putih

Kadang bayi melakukan aksi tutup mulut setelah beberapa suapan. Cobalah tawarkan air putih sedikit, lalu berikan lagi suapan berikutnya.

13. Dekatkan dengan hidangan yang harum

Suapi bayi susah makan di hadapan makanan lezat yang masih mengepulkan asap. Keharuman masakan tersebut akan menggugah bayi susah makan jadi nafsu makan.

14. Menyuapi dengan tangan

terkadang, menyuapi bayi susah makan dengan tangan lebih mudah daripada dengan sendok.

15. Variasi sendok

ganti-ganti sendok yang digunakan, agar ia tertarik untuk mencoba sendok baru.

Demikian tadi cara mudah menyuapi bayi yang susah makan, usahakan untuk tidak memaksa bayi makan. Karena ada beberapa penyebab bayi tidak mau makan, kenali gejalanya seperti gigi tumbuh.