5 Khasiat Daun Sembukan, Mengatasi Segala Macam Masalah Perut


5 Khasiat Daun Sembukan, Mengatasi Segala Macam Masalah Perut

5 Khasiat Daun Sembukan, Mengatasi Segala Macam Masalah Perut. Tahukan anda mengenai tanaman sembukan? Mungkin banyak yang belum mengenal tanaman satu ini. Sembukan adalah tanaman merambat, dapat ditemukan di pagar – pagar atau diantara semak belukar. Sembukan memiliki daun  kecil, dan bau yang sangat menyengat.ipun baunya menyengat manfaat dari tanaman ini sangat banyak, terlebih bagi perut.

Sembukan terkenal karena baunya yang khas seperti jengkol dan petai saat kita memakannya. Karena hal tersebut di beberapa daerah, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan daun kentut, mungkin baunya mirip tidak begitu sedap.

Daun kentut (Paederia foetida) adalah spesies tumbuhan yang berasal dari Asia tropis; yang telah dinaturalisasi ke Mascarenes, Melanesia, Polinesia, dan kepulauan Hawaii.

Tanaman yang memiliki nama latin Paederia scandens sudah lama dikenal sebagai tanaman untuk mengobati sakit perut, seperti kembung dan susah buang gas. Cara mengobatinya dengan melilitkan batang sembukan pada bagian perut seperti sabuk. Namun, tidak untuk mengatasi sakit perut saja, ternyata daun sembukan memiliki manfaat sebagai penawar racun.

Manfaat Daun Sembukan

Meskipun memiliki bau yang sangat mentengat ternyata daun sembukan mempunyai segudang manfaat. Nah, untuk mengetahui manfaat dan penyakit apa saja yang dapat diobati dengan daun sembukan, simak ulasan berikut ini mengenai beberapa penyakit dan cara mengobatinya dengan daun sembukan.

Baca Juga:

1. Susah Buang Gas

Cara mengatasi susah buang gas dapat menggunakan batang sembukan, lalu lilitkan pada perut sebagai sabuk. Atau bisa juga gunakan juga daun sembukan sebanyak 25 lembar sebagai lalapan yang sebelumnya sudah dikukus terlebih dahulu.

2. Perut Kembung, Sakit Lambung, Disentri

Caranya, ambil daun sembukan yang masih segar sebanyak 15 – 60 gram, lalu bersihkan dengan cara dicuci. Selanjutnya tumbuk semua daun tersebut menyerupai bubur dan tambahkan air matang secukupnya dan 2 sdt garam. Aduk dan saring untuk diambil airnya, lalu minum sebelum makan.

3. Kulit Gatal – Gatal, Eczema, Neurodermatitis

Caranya, ambil daun beserta batang sembukan secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Tumbuk atau bisa juga di blender hingga halus,daun yang sudah diblenderdi kemudian tempelkan pada bagian yang terkena penyakit tersebut.

4. Cacar Ular

Caranya, ambil daun sembukan secukupnya, lalu cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan garam dan air sedikit saja. Campuran daun sembukan dan garam tersebut kemudian dibalurkan pada daerah sekitar cacar ular tersebut.

5. Mata Bengkak dan Perih

Caranya, cuci daun sembukan secukupnya lalu rebus menggunakan air sampai mendidih. Setelah mendidih, paparkan mata Anda pada uap air rebusan tadi sambil dikedip-kedipkan. Apabila airnya sudah hangat, ambil daunnya dan  bungkus dengan kain. Kompres kan di bagian mata yang sakit sampai tidak hangat lagi.

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sembukan untuk kesehatan. semoga ulasan diatas menambah pengetahuan mengetai tanaman liar yang banyak kita jumpai disekeliling kita yang bisa dijadikan obat tradisional yang tanpa efek samping. Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan