Khasiat Jeruk Nipis untuk Asam Urat, Manfaat Alami Mengusir Encok


Khasiat Jeruk Nipis untuk Asam Urat, Manfaat Alami Mengusir Encok

Khasiat Jeruk Nipis untuk Asam Urat, Manfaat Alami Mengusir Encok. Penyakit asam urat tak jarang disebut sebagai encok walaupun kurang tepat. Asam urat tinggi menyerang tubuh bagian persendian seperti bagian lutut, jempol kaki, dan sendi lainnya. Jeruk nipis atau jeruk pecel bahkan ada yang menyebut jeruk soto adalah salah satu buah yang sangat berkhasiat mengusir asam urat hingga tuntas. Khasiat jeruk nipis untuk asam urat sangat mujarab.

Solusi kelebihan purin pada tubuh dengan jeruk nipis adalah pilihan tepat. Hal ini setidaknya bersifat alami, mudah dijumpai, dan harganya terjangkau. Asam urat sangat mengganggu karena menyerang secara tiba-tiba. Dalam kaitannya asam urat dan jeruk nipis, asam sitrat dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat.

Penyakit asam urat ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi-sendi disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Hal ini dipicu dengan karena suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Segera pergi ke dokter bila Anda merasakan gejala-gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Hal ini perlu dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Sekilas tentang Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum.

Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

Manfaat Umum Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berikut daftarnya.

1. Pencernaan

2. Diabetes

3. Penyakit Jantung

4. Gangguan Pernapasan

5. Radang Sendi

6. Mengatasi Demam

7. Gangguan kemih

8. Anti Kanker

9. Untuk Masker Wajah

10. Mengencangkan pori-pori kulit

Khasiat Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Ada 2 penyebab utama asam urat. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, asam urat terutama. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

Misalnya dengan membuat jus dari setengah jeruk nipis dengan memerasnya ke dalam segelas air dan Anda harus meminumnya dua kali sehari.

Baca Juga:

Dengan mengetahui khasiat jeruk nipis untuk asam urat Anda tidak perlu khawatir lagi dalam pengobatan herbal yang Anda cari. Lakukan dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mengatasi penyakit asam urat.