Manfaat Jeruk Bali untuk Masker Wajah, Khasiat Buah Kaya Vitamin C yang Dilupakan


Manfaat Jeruk Bali untuk Masker Wajah, Khasiat Buah Kaya Vitamin C yang Dilupakan

Manfaat Jeruk Bali untuk Masker Wajah, Khasiat Buah Kaya Vitamin C yang Dilupakan. Mendengar jeruk Bali maka tak heran teringat pulau Bali. Tapi apakah ada hubungannya dengan nama tersebut. Ternyata jeruk Bali, jeruk besar, atau pomelo (bahasa Inggris: pomelo, ilmiah: Citrus grandis, C. maxima) merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama “pomelo” sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali.

Terus apa manfaat jeruk bali untuk kesehatan, apa manfaat jeruk bali untuk masker wajah? dan sebenarnya masih banyak pertanyaan terkait dengan jeruk bali. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit, terutama CVPDyang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia.

Berikut beberapa kultivar unggulan Indonesia:

  1. ‘Nambangan’
  2. ‘Srinyonya’
  3. ‘Magetan’
  4. ‘Madu’/’Bageng’ (tanpa biji)

Tiga kultivar yang pertama ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun, sedangkan yang terakhir ditanam di daerah Bageng, Kabupaten Pati. Perbanyakan dapat dilakukan dengan biji (tidak dianjurkan untuk budidaya) atau dengan pencangkokan. (sumber: Wikipedia)

Manfaat secara Umum Jeruk Bali

Berikut adalah 10 manfaat jeruk bali atau pomelo yang perlu Anda ketahui:

  1. Menjaga tekanan darah normal
  2. Mengatasi anemia
  3. Menjaga kesehatan tulang
  4. Mencegah infeksi saluran kemih
  5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
  6. Membantu sistem pencernaan
  7. Membantu menurunkan berat badan
  8. Mencegah kanker
  9. Baik untuk kesehatan kulit
  10. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat Jeruk Bali untuk Masker Wajah

Selain daftar khasiat jeruk bali di atas ada yang spesial dari itu yaitu sebagai masker wajah dan kecantikan. Hal ini untuk mendukung dalam menjaga kesehatan kulit dan dapat digunakan sebagai masker.

Caranya adalah dengan mencampurkan daging buah jeruk Bali yang dihancurkan ditambah dengan air perasan lemon dan putih telur, lalu gunakan pada wajah sebagai masker.

Kemudian biarkan campuran selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Campuran ini dapat mengurangi komedo dan merapatkan komedo pada kulit wajah Anda jika digunakan teratur selama seminggu sekali.

Baca Juga:

Dengan mengetahui jeruk bali untuk masker wajah setidaknya membuat Anda berani mencoba. Jangan khawatir akan efek samping yang ada karena masker jeruk bali bersifat alami dan aman untuk kesehatan Anda.