Manfaat Buah Duku Menurunkan Berat Badan, Cara Alamai Atasi Lemak Berlebih


Manfaat Buah Duku Menurunkan Berat Badan, Cara Alamai Atasi Lemak Berlebih

Manfaat Buah Duku Menurunkan Berat Badan, Cara Alamai Atasi Lemak Berlebih. Buah duku adalah buat khas daerah Asia Tenggara. Buah dengan rasa manis kecut ini memang selalu enak di lidah karena terasa segar. Apalagi buat ngemil bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Ternyata manfaat buah duku menurunkan berat badan sehingga dengan ini aman dan tanpa efek samping. Cara alami turunkan BB melalui buah duku patut dicoba bagi Anda yang masih penasaran.

Pohon yang berukuran sedang, dengan tinggi mencapai 30 m dan gemang hingga 75 cm. Batang biasanya beralur-alur dalam tak teratur, dengan banir (akar papan) yang pipih menonjol di atas tanah. Pepagan (kulit kayu) berwarna kelabu berbintik-bintik gelap dan jingga, mengandung getah kental berwarna susu yang lengket (resin).

Daun majemuk menyirip ganjil, gundul atau berbulu halus, dengan 6–9 anak daun yang tersusun berseling, anak daun jorong (eliptis) sampai lonjong, 9–21 cm × 5–10 cm, mengkilap di sisi atas, seperti jangat, dengan pangkal runcing dan ujung meluncip (meruncing) pendek, anak daun bertangkai 5–12 mm.

Bunga terletak dalam tandan yang muncul pada batang atau cabang yang besar, menggantung, sendiri atau dalam berkas 2–5 tandan atau lebih, kerap bercabang pada pangkalnya, 10–30 cm panjangnya, berambut. Bunga-bunga berukuran kecil, duduk atau bertangkai pendek, menyendiri, berkelamin dua. Kelopak berbentuk cawan bercuping-5, berdaging, kuning kehijauan. Mahkota bundar telur, tegak, berdaging, 2–3 mm × 4–5 mm, putih hingga kuning pucat. Benang sari satu berkas, tabungnya mencapai 2 mm, kepala-kepala sari dalam satu lingkaran. Putiknya tebal dan pendek.

Buah buni yang berbentuk jorong, bulat atau bulat memanjang, 2-4(-7) cm × 1,5–5 cm, dengan bulu halus kekuning-kuningan dan daun kelopak yang tidak rontok. Kulit (dinding) buah tipis hingga tebal (kira-kira 6 mm). Berbiji 1–3, pipih, hijau, berasa pahit; biji terbungkus oleh salut biji (arilus) yang putih bening dan tebal, berair, manis hingga masam.[2] Kultivar-kultivar yang unggul memiliki biji yang kecil atau tidak berkembang (rudimenter), namun arilusnya tumbuh baik dan tebal, manis.

Kandungan Buah Duku

Ada banyak zat gizi di dalam duku. Tentu ini sangat berguna bagi manusia. Di dalam setiap 100 gram duku mengandung beberapa unsur seperti di bawah ini:

  • Kalori 63 kkal
  • Protein 1 gr
  • Kalsium 18 mg
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C 9 mg

Data tersebut di dapat dari 100 gram buah duku dengan presentase daging buah sebanyak 64%. Selain itu terdapat juga berbagai mineral lainnya di dalam buah duku yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Duku Menurunkan Berat Badan

Khasiat buah duku yang satu ini memang belum banyak yang mengetahui. Ternayat buah duku memiliki kegunaan penting dalam menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Selain itu buah duku juga mengandung banyak vitamin C. Selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun kita, vitamin C juga dapat merangsang pembentukan biosintesis molekul seperti carnitine. Karena itulah beberapa ahli gizi lainnya juga mengatakan bahwa buah duku mampu membantu tubuh untuk menghasilkan molekul carnitine.

Baca Juga:

Selain buah duku sebagai solusi atasi berat badan ada buah lainnya yang bisa juga Anda gunakan misalnya seperti menurunkan BB dengan lemon secara alami. Semoga dengan mengetahui lebih lanjut manfaat buah duku menurunkan berat badan akan menambah dorongan terbaik Anda dalam menjaga kesehatan.