Manfaat Melinjo yang Jarang Diketahui Orang


Manfaat Melinjo yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Melinjo yang Jarang Diketahui Orang. Melinjo lebih tepatnya apakah masuk pada jenis buah atau sayuran mungkin masih menjadi pertanyaan. Hanya saja kita tidak fokus pada masuk kemanannya. Artikel ini lebih membahas dari sisi manfaat melinjo untuk manusia. Hal ini bisa diketahui bila ibu kita memasak makanan dengan bahan melinjo. Ada olahan lain kegunaan melinjo seperti dibuat emping, keripik, atau masakan lainnya.  Sisi lain bagi yang memiliki asam urat menganggap melinjo adalah momok menakutkan.

Pohon melinjo banyak dijumpai di kebun-kebun desa bukan sebagai budidaya melainkan tumbuh liar. Melinjo merupakan buah yang dihasilkan dari pohon melinjo. Kita penduduk Indonesia patut berbangga karena pohon melinjo termasuk pohon peneduh yang banyak tumbuh di Indonesia dan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Pohon melinjo memiliki batang besar tegak dengan banyak cabang yang dipenuhi dengan daun-daun kecil memanjang. Tinggi pohon melinjo bisa mencapai 25 meter.

Melinjo

Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil, di Kapuas Hulu, Kalbar dinamai: ‘bidau’ adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja). Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. Berbeda dengan anggota Gnetum lainnya yang biasanya merupakan liana, melinjo berbentuk pohon dan memiliki batang yang lurus.

Melinjo berkembang secara berkelompok pada bagian batang dan cabang-cabang batang. Buah melinjo dibungkus kulit tipis pada bagian luarnya dan kerangka keras pada lapisan setelah kulit tipis. Buah mentah memiliki kulit dengan warna hijau. Warna kulit akan berubah dari hijau, kuning dan merah setelah matang. Buah yang sudah matang bisa jatuh sendiri tanpa perlu dipetik. Bagian buah melinjo yang bisa dimanfaatkan mulai dari kulit buah untuk sayuran dan camilan serta buah untuk dijadikan emping, sayuran dan berbagai produk camilan lain. Ukuran biji bisa bervariasi mulai dari 1 cm hingga 3 cm.

Manfaat Melinjo yang Jarang Diketahui Orang

Apa manfaat baik melinjo untuk manusia? dan seberapa penting kegunannya? Silakan cek berikut ini manfaat melinjo yang jarang diketahui orang :

1. Penguat Daya Ingat

Adanya zat antioksidan buah melinjo juga bisa membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini terjadi karena pohon melinjo merupakan salah satu jenis pohon yang termasuk dalam tanaman Ginko atau tanaman yang memang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Buah melinjo bisa memperkuat daya ingat karena bisa mendukung pertumbuhan sel-sel aktif dalam otak dan darah.

2. Sebagai Bahan Pengawet Alami

Saat di ekstrak, melinjo kaya akan flavonoid dan antioksidan alami. Bahan-bahan ini ternyata bisa menjadi pengawet alami yang sangat baik untuk mengawetkan makanan tertentu. Fungsi buah melinjo untuk kesehatan bisa mengurangi potensi perkembangan bakteri dan jamur pada makanan. Bahkan olahan dari melinjo tidak membutuhkan bahan pengawet dan tetap bisa bertahan lama tanpa berjamur atau rusak.

3. Pendongkrak Stamina

Selain sebagai olahan makanan ringan , buah melinjo bisa menjadi salah satu makanan ringan yang benar-benar bisa meningkatkan stamina. Camilan yang ringan ini tidak hanya mengenyangkan dan kalori yang rendah tapi juga membuat tubuh menjadi lebih semangat. Peningkat daya stamina ini bisa Anda coba ketika sedang lelah dan istirahat sambil mengunyah emping melinjo.

Baca Juga:

4. Sebagai Pelancar Urin

Adanya kelancaran urin saat di kelaurakan dari tubuh maka metabolisme kita sedang baik-baik saja. Adanya bakteri atau kuman dalam sistem urin kita bisa dibantu dalam mengkonsumsi melinjo. Cara lainnya bisa mencoba menggunakan uap dari buah melinjo yang direbus.

5. Mencegah Anemia

Konsumsi buah melinjo bisa meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga bisa membantu mengatasi anemia.

6. Mengobati Luka

Caranya adalah dengan menumbuk daun melinjo dengan tambahan bawang putih. Terapkan pada luka selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Luka akan menjadi cepat kering karena kandungan antioksidan alami pada daun melinjo.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Hingga saat ini penyakit jantung menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini memang tidak gampang diatasi karena sangat mendadak dan gejala awal kadang tanpa disadari. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah melinjo secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan dan flavonoid sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya bahan alami dalam buah melinjo adalah ternyata kaya akan antioksidan. Secara umum antioksidan akan bekerja untuk menyerang semua radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan bahan antioksidan yang ditemukan pada buah melinjo bisa bekerja seperti vitamin C yang ditemukan pada buah-buahan.

9. Pencegah Penuaan Dini

Siapapun di dunia ini berhak awet muda. Di era serba radikal bebas ini membuat penampilan kulit menjadi lebih tua. Penuaan dini ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang tidak elastis. Konsumsi buah melinjo secara teratur bisa mencegah penuaan dini karena kandungan bahan antioksidan alami dalam buah melinjo.

10. Mengatasi Hipertensi

Selain pencegah penuan dini, kandungan antioksidan yang ditemukan pada manfaat buah melinjo, juga sangat baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi bisa menyebabkan jenis penyakit komplikasi seperti stroke dan jantung. Sebuah protein khusus yang ditemukan pada buah melinjo bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Namun sebaiknya melinjo tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga:

Melinjo memiliki karakter nikmat saat disantap berupa emping atau keripik. Pernak-pernik buah melinjo seperti karakter manfaatnya baik plus atau minus. Karena apapun makanan yang berlebihan pasti memiliki dampak pada kesehatan. Manfaat melinjo yang jarang diketahui orang di atas semoga menjadi pengetahuan tambahan di tengah era informasi yang terbuka lebar.