Sunday , July 14 2024
15 Manfaat Buah Ciplukan

15 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui

15 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui. Ciplukan, juga dikenal sebagai “Physalis angulata” atau “ceri tanah” adalah buah yang populer di beberapa daerah di Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas unik, dengan kulit tipis yang menutupi buah kecil berwarna oranye. Berikut adalah beberapa informasi tentang buah ciplukan:

Buah Ciplukan

Ciplukan adalah jenis buah berukuran kecil, sekitar setengah hingga satu sentimeter dalam diameter. Buah ini dilindungi oleh kulit tipis berwarna oranye yang menyerupai kertas, dengan tangkai kecil yang menempel di bagian atasnya. Meskipun terlihat seperti tomat cherry kecil, ciplukan memiliki rasa yang berbeda yang unik, dengan kombinasi manis dan sedikit asam.

Buah ciplukan umumnya ditemukan tumbuh di tanah yang subur, terutama di daerah tropis dan subtropis. Mereka sering ditemukan tumbuh secara liar di pinggir jalan, kebun, atau ladang terbuka. Tanaman ciplukan dapat tumbuh dengan cepat dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah.

Kandungan Nutrisi Buah Ciplukan

Meskipun kecil, buah ciplukan kaya akan nutrisi. Buah ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, serta zat besi, fosfor, dan kalsium. Selain itu, ciplukan juga mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Ciplukan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Kandungannya mulai dari serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, B1, B2, B3, dan vitamin A.

Selain itu, buah berwarna jingga kekuningan ini juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Tak ketinggalan, kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol.

Ciplukan sering dikonsumsi segar sebagai camilan atau ditambahkan dalam salad buah. Mereka juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan jus, selai, atau sirup. Di beberapa daerah, buah ciplukan juga digunakan dalam masakan, baik sebagai tambahan pada hidangan utama atau dalam pembuatan kue dan manisan.

Manfaat Buah Ciplukan

Selain enak dan menyegarkan, buah ciplukan juga diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ciplukan dapat memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba, serta dapat membantu mengatur kadar gula darah. Berikut beberapa manfaat buah ciplukan dari beberapa sumber.

1. Mengatasi Peradangan

Peradangan usus maupun pada tenggorokan dapat diatasi dengan buah ciplukan.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain itu, tanaman herbal ini juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Terdapat pula asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang bekerja dengan menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

Tak hanya ciplukan, kamu juga bisa menggunakan tanaman herbal dalam artikel 5 Tanaman Herbal untuk Membantu Turunkan Kolesterol untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Studi dalam The Journal of Evidence-Based Integrative Medicine menemukan bahwa, buah ciplukan mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat ini berasal dari polifenol yang bekerja dengan menghalangi peradangan tubuh.

Selain itu, tanaman herbal ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Bahkan, kandungannya dapat memenuhi sebanyak 21 persen kebutuhan harian wanita dan 17 persen kebutuhan harian pria.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Penelitian lain dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan, ciplukan kaya akan vitamin K, jenis vitamin larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Faktanya, vitamin K merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan. Selain itu, nutrisi tersebut juga turut serta dalam pergantian tulang yang sehat, yaitu proses pemecahan dan perbaikan tulang.

5. Menyembuhkan Penyakit Kuning

Penyakit kuning muncul dengan gejala utama berupa perubahan warna kulit menjadi kekuningan. Penyebabnya adalah tingginya kadar bilirubin dalam darah.

Menariknya, ciplukan mengandung antioksidan jenis saponin, fisalin, flavonoid, dan polifenol yang dapat membantu meredakan gejala tersebut.

6. Mengelola Diabetes

Fungsi tanaman obat ini dalam mengelola diabetes berkat senyawa yang bekerja dengan memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal tersebut dapat mencegah masuknya gula ke dalam aliran darah.

Mengontrol kadar gula darah tetap stabil adalah kunci penting untuk menghindari hiperglikemia. Gangguan kesehatan ini berpotensi membahayakan pengidap penyakit kencing manis.

7. Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah ciplukan kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk demensia dan alzheimer. Kedua masalah kesehatan ini menyebabkan penurunan daya ingat.

Sama seperti ciplukan, buah delima juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan otak. Baca penjelasan lengkapnya pada artikel 13 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer.

8. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Studi dalam Advances in Nutrition menyebutkan bahwa lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene terbukti melindungi dari kehilangan penglihatan akibat penyakit kencing manis.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah satu ini dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia yang menjadi penyebab utama kebutaan.

9. Mengobati Penyakit Kurap

Selain membuat tidak nyaman, kurap juga menurunkan rasa percaya diri jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya, cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap.

10. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik

Nyeri sendi tak hanya menimbulkan sensasi tidak nyaman, tapi juga dapat menurunkan kinerja tubuh dalam melakukan aktivitas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompres area nyeri dengan daun ciplukan. Caranya, hancurkan daun terlebih dulu dan campur dengan jeruk nipis.

11. Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Ciplukan adalah obat diuretik yang bisa memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan menurunkan risiko batu kandung kemih. Selain itu, tanaman satu ini juga dapat menjadi obat alami penyakit kencing nanah.

Sementara bagi ginjal, buah ini dapat melindungi organ tersebut dari racun. Caranya dengan menstimulasi pengeluaran urine, sehingga lemak, racun, dan garam bisa keluar dari dalam tubuh.

12. Mengobati Kanker Payudara

Untuk mendapatkan keguaan ini, kamu bisa menggiling pucuk pohon ciplukan, lalu campurkan dengan beras dan tunas kunyit. Setelah lumat, pakai gilingan dengan cara menempelkan pada payudara.

13. Menghilangkan Kuning Pada Newborn

Untuk mendapatkan manfaat ini, ibu bisa menjemur buah hingga kering. Kemudian, campurkan buah yang kering ini dengan air dan gunakan untuk memandikan bayi yang baru lahir.

14. Sebagai Penambah Darah

Buah ciplukan juga dapat membantu meningkatkan volume darah pada tubuh. Khasiat ini tentunya sangat pas untuk pengidap anemia. Caranya, masak batang dari buah, lalu minum air rebusannya.

15. Melindungi Organ Hati dan Ginjal

Studi dalam Journal of Dietary Supplements menemukan bahwa jus buah ciplukan dapat melindungi hati dan ginjal terhadap jaringan parut. Gangguan ini juga memiliki istilah medis fibrosis hati.

Baca Juga:

Dalam keseluruhan, ciplukan adalah buah yang lezat dan bergizi, serta memiliki potensi manfaat kesehatan yang besar. Meskipun mungkin belum begitu dikenal secara luas di seluruh dunia, ciplukan tetap menjadi bagian penting dari warisan kuliner dan kesehatan di Indonesia.