Manfaat Vitamin A untuk Tubuh Manusia


Manfaat Vitamin A untuk Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin A untuk Tubuh Manusia. Selain vitamin C tubuh manusia sangat membutuhkan vitamin A. Khasiat Vitamin A sangat diperlukan untuk tubuh kita. Vitamin A tidak terlalu familiar bila dibanding nama vitamin C. Ini walau sama-sama pentingnya untuk tubuh juga berperan aktif dalam pencegahan penyakit rabun.

Vitamin A juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya ialah asam askorbat. Vitamin A tergolongan dalam vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil Vitamin A terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan Vitamin A lebih banyak 47% daripada jeruk.

Sejak kapan Vitamin A ditemukan? Pertanyaan ini umum tentunya menjai wawasan bersama. Vitamin A berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini. Selama ini Vitamin A atau asam askorbat dikenal peranannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Pada beberapa penelitian lanjutan ternyata Vitamin A juga telah terbukti berperan penting dalam meningkatkan kerja otak. Dua peneliti di Texas Woman’s University menemukan bahwa murid SMTP yang tingkat Vitamin A-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah Vitamin A-nya lebih rendah. (Wikipedia)

Definisi  Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A sering kali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh. Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.

Apa peranan Vitamin A di setiap tubuh manusia?

Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh sering kali berakibat fatal pada organ penglihatan.

Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus.

Ada juga selain wortel ada buah pemilik Vitamin A yaitu mangga, jeruk bali, pepaya, aprikot, dan blewah. Sebenarnya masih banyak buah lainnya yang tidak disebutkan di artikel ini.

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

Berikut ini list atau daftar manfaat Vitamin A untuk kesehatan yang perlu diketahui :

  • Membuat plasenta bayi kuat
  • Mmebuat mata lebih sehat
  • Mengontrol pertumbuhan sel
  • Sebagai pembersihkan darah
  • Melindungi kesehatan rongga hidung
  • Melancarkan fungsi reproduksi pria
  • Menyehatkan fungsi idung telur pada wanita
  • Menjaga kesehatan janin
  • Sumber antioksidan alami
  • Menjaga kekebalan tubuh

Kekurangan Vitamin A

Anda bisa mengenali gejala kekurangan vitamin A dengan membaca tulisan ini :

1. Kulit menjadi kering.

2. Mudah terserang infeksi.

3. Risiko kanker meningkat.

4. Gangguan pertumbuhan pada anak.

5. Adanya Masalah kesuburan.

Baca Juga :

Dengan adanya manfaat Vitamin A untuk kesehatan seharusnya mampu mendorong kesadaran setiap manusia untuk selalu memenuhi Vitamin A dalam tubuh secara cukup. Jangan lupa baca juga manfaat daun pepaya untuk obat darah tinggi.