Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Nomor 5 Wanita Harus Tahu

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Nomor 5 Wanita Harus Tahu

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Nomor 5 Wanita Harus Tahu. Rambutan dikalangan masyarakat ada yang menyebut buah ace. Sedikir berbeda tetapi secara umum sama. Sedikit perbedaan rambutan dan ace terletak pada daging buahnya. Rambutan memiliki daging buah yang terkesan alot lepas dari bijinya sedangkan ace mudah terkelupas. Kali ini manfaatcaranya.com akan fokus pada manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Di sini ada poin menarik terkait untuk ibu hamil.

Secara definisi rambutan merupakan tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Buah rambutan terdapat karbohidrat sehingga dapat menjadi buah pemberi sumber energi. Adanya kandungan protein di dalamnya sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menajdi sel-sel yang baru. Buah ini memiliki kandungan serat pangan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar.

Selain itu kandungan vitamin A sebagai vitamin larut air ada dalam buah rambutan sehingga dapat menyehatkan mata. Kandungan vitamin C sebagai vitamin larut air yang akan memberikan antioksidan bagi tubuh. Kekayaan sumber mineral buah rambutan terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, magnesium.

Kandungan Buah Rambutan

  • Air 80,40 gram
  • Protein 1,00 gram
  • Lemak 0,30 gram
  • Glukosa 2,80 gram
  • Sukrosa 9,90 gram
  • Fruktosa 3,00 gram
  • Pati 0,00 gram
  • Serat makanan 2,80 gram
  • Asam malat 0,05 gram
  • Asam sitrat 0,31 gram
  • Abu 0,30 gram
  • Energi 297,00 kj
  • Vitamin C 66,70 mg
  • Thiamin 0,01 mg
  • Ribo flavin 0,07 mg
  • Niacin 0,05 mg
  • Mineral
  • K 140,00 mg
  • N 2,00 mg
  • Ca 13, 00 mg
  • Mg 10,00 mg
  • Fe 0,80 mg
  • Zn 0,60 mg
  • P16,00 mg

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Memang tak habis-habisnya membicarakan kesehatan termasuk salah satu buah yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia yaitu rambutan. Buh yang bisa di katakan sebagai buah sejuta umat ini selain mudah dibudidayakan juga mudah ditemui.

Berikut manfaat buah rambutan untuk kesehatan manusia :

1. Baik untuk Ginjal (Membersihkan dan Menjaga Fungsinya)

Dengan mengetahui manfaat rambutan sebagai solusi gangguan fungsi ginjal, Istilah lain rambutan berperan dalam mencegah penyakit ginjal menyerang tubuh. Ginjal merupakan organ tempat terjadinya proses detoksifikasi, ginjal harus selalu berada dalam kondisi prima, atau racun-racun dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya.

Dengan kandungan fosfor yang ada di dalam rambutan berfungsi untuk menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh tersebut. Selain itu, kandungan mineral pada rambutan berfungsi untuk menjaga agar ginjal dapat bekerja secara normal.

2. Mengatasi Hipertensi

Anda mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi? Maka buah rambutan juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Manfaat rambutan untuk darah tinggi ini dihasilkan oleh adanya kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah dengan kulit berambut tersebut.

3. Sebagai Pencegah Penyakit Jantung

Adanya kandungan vitamin C yang sangat banyak, yakni mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan. Kandungan vitamin C pada buah rambutan tersebut ternyata bermanfaat untuk jantung.

Cara kerja menagani jantung ketika dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan adalah peran vitamin C dalam rambutan untuk memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan tersebut sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

4. Rambutan Meningkatkan Kualitas Sperma

Ketika ada masalah kesuburan pada laki-laki maka rambutan bisa dipilih dalam mengupgrade tingkat kesuburan. Vitamin C pada rambutan nyatanya juga dapat memengaruhi peningkatan jumlah dan kualitas sperma. Informasi ini sangat berguna bagi yang sedang berjuang menginginkan si buah hati.

5. Rambutan Mampu Mengatasi Kondisi Morning Sickness Khususnya Ibu Hamil

Morning sickness merupakan kondisi gejala awal yang dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing mual, dan lemas. Ketika rambutan dikonsumsi bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness tersebut.

adanya kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah rambutan diyakini mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para bumil, terutama pada pagi hari. Zat besi juga berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

6.  Menyehatkan Kulit

Setiap buah yang mengandung vitamin C akan bermanfaat pada kulit manusia. Adanya kandungan vitamin C pada buah rambutan juga menjadikan buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Manfaat rambutan untuk kulit yang dihasilkan dari kandungan vitamin C agar kelembapan kulit terjaga dan meningkatkan kolagen.

Selain dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

7. Meningkatkan Energi

Ini sebagai penambah energi ketika Anda dalam keadaan loyo, letih, dan lesu. Dengan konsumsi rambuatan maka akan meningkatkan energi tubuh yang ideal. Rambutan alternatif buah yang murah dan mudah ditemui sebagai pilihan yang tepat karena mengandung karbohidrat dan protein yang memang berfungsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

8. Meningkatkan Metabolisme

Adanya vitamin B baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga Anda dapat beraktivitas dengan semangat dan penuh tenaga.

9. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih bisa di atasi denga adanya serat dalam rambutan. Ini karena adanya kandungan serat di dalamnya berfungsi sebagai pembasmi lemak dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi rambutan juga akan membuat Anda merasakan kenyang yang lebih lama oleh karena banyaknya kandungan air yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat rambutan untuk diet ini tentu saja menjadi kabar baik bagi Anda yang kini tengah berjuang menurunkan berat badan, bukan?

10. Mencegah Kanker

Ternyata rambutan diklaim memiliki zat anti kanker yang bisa menghalau pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

11. Mengatasi Sembelit

Dengan mengkonsumsi rambutan akan membuat kondisi pencernaan lebih normal. Sehingga gerakan peristaltik yang berkaitan dengan proses pencernaan dapat berjalan dengan baik.

12. Mencegah Penyakit Gula

Diabetes yang sudah merajalela bisa di atasi dengan rambutan. Hal ini terletak pada kulit rambutan juga diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kali ini berkaitan dengan penyakit diabetes. Sebuah studi di Tiongkok berhasil membuktikan kalau kandungan fenolik pada kulit rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah yang menjadi penyebab utama munculnya diabetes.

Baca Juga :

13. Membentuk dan Menguatkan Tulang

Lagi-lagi fosfor yang selalu berguna dalam membentuk dan menguatkan tulang.

Banyaknya manfaat buah rambutan untuk kesehatan kali ini akan meyakinkan kembali bahwa kesehatan adalah hal yang penting dan utama.