9 Manfaat Buah Zuriat dan Kandungannya


9 Manfaat Buah Zuriat dan Kandungannya

9 Manfaat Buah Zuriat dan Kandungannya. Sedikit asing mendengar buah bernama Zuriat. Memang bukan asli tanah air melainkan dari negara timur tengah. Menurut wikipedia tanaman ini bernama Hyphaene thebaica (disebut juga Palmia doum (Ar: دوم)) yaitu tumbuhan yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya. Ada 9 manfaat buah zuriat yang akan di ulas dalam laman ini.

Di tanah arab sudah sangat familiar apalagi ada julukan buahnya orang berhaji. Artinya orang yang habis dari musim haji tak jarang membawa oleh-oleh buah duriat ke tanah air. Buah zuriat (doum palm atau doum fruit) adalah sejenis pohon palem yang umum ditemukan di negara-negara Arab dan di bagian utara Afrika.

Buah

Apa yang terkandung di dalam buah Zuriat ? Buah doum atau Buah Zuriat mengandung antioksidan yang signifikan, selain itu buah zuriat juga mengandung serat, Karbohidrat, Lemak, Protein, Vitamin B1, B2 dan B3, Kalsium, Fosfor dan Senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid.[butuh rujukan]

Setidaknya yang diketahui sekarang ada Buah Zuriat ada 3 jenis, yaitu buah zuriat madinah, buah zuriat mesir dan buah zuriat sudan. Ciri-ciri buah zuriat madinah yaitu buahnya berwarna coklat kehitaman, sedangkan ciri buah zuriat mesir dan buah zuriat sudan berwarna coklat muda. Buah zuriat memiliki aroma mirip dengan buah kopi.

Apa saja Kandungan Buah Zuriat ?

Buah zuriat merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Selain itu, tentunya terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B kompleks, kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Buah ini juga memiliki kandungan senyawa fenol dan flavonoid tinggi, yaitu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba yang cukup signifikan.

Buah zuriat juga merupakan sumber asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, valin, dan isoleusin. Kandungan asam amino paling banyak terdapat dalam daging buah.

Manfaat Buah Zuriat

Ternyata buah ini kaya manfaat yang tidak banyak orang yang tahu. Manfaat buah zuriat terkenal di Indonesia saat ini adalah untuk meningkatkan kesuburan. Namun jika melihat pada kandungan yang ada di dalamnya, buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut ini 9 manfaat buah zuriat untuk menunjang kesehatan.

1. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Walau memang belum ada penelitian secara langsung yang menunjukkan peningkatan kesuburan wanita setelah konsumsi buah zuriat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat sebagai dugaan baiknya bagi kesehatan reproduksi wanita.

Sisi lainnya seperti kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat satu ini.

Khususnya pria, buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Penelitian memang menunjukkan adanya peningkatan kadar testosteron yang signifikan pada tikus yang diberikan ekstrak buah zuriat.

Namun di sisi lain, terdapat juga penelitian yang menunjukkan dosis kecil buah zuriat dapat meningkatkan spermatogenesis – proses pembentukan sperma dalam testis – sedangkan dosis tinggi buah zuriat dapat menyebabkan gangguan spermatogenesis.

2. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat dapat membantu menurunkan kolesterol serum dan kolesterol non-HDL. Penurunan kolesterol non-HDL, khususnya kolesterol LDL, dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain pada dinding arteri.

3. Mampu Mengatasi Hipertensi / Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sangat umum ditemui di Indonesia. Pada tahap awal hipertensi mungkin tidak menunjukkan gejala, tapi kondisi ini dapat berbahaya dan memicu berbagai komplikasi jika tidak ditangani.

Buah zuriat memiliki kandungan serta yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Buah zuriat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sama seperti serat, antioksidan juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah.

4. Turunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Secara umum dengan mengingat khasiat buah zuriat yang dapat menurunkan kolesterol, hipertensi, bahkan gula darah, dapat dikatakan juga bahwa buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Membantu Mengatasi Diabetes

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, buah zuriat adalah buah dengan kandungan serat yang tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah, diet tinggi serat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Baik untuk Otot

Hal ini didukung perihal kandungan asam amino esensial yang ada dalam buah zuriat memiliki banyak manfaat untuk otot. Valin adalah asam amino yang membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. Asam amino leusin juga berperan dalam sintesis protein dan perbaikan otot. Terakhir, asam amino isoleusin juga terlibat dalam metabolisme otot dan terkonsentrasi di jaringan otot.

7. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Khasiat buah zuriat selanjutnya adalah dapat membantu mencegah dan mengatasi peradangan.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan pada kondisi sindrom iritasi usus besar setelah perawatan dengan ekstrak buah zuriat. Hal ini kemudian dikaitkan dengan sifat antiinflamasi pada buah zuriat yang mungkin didapatkan dari berbagai kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya.

8. Mengobati Sembelit

Buah duriat juga membatu penyakit sembelit (kekurangan serat). Kandungan serat tinggi dalam buah zuriat dipercaya berpotensi untuk mencegah sembelit terjadi.

9. Mencegah Komplikasi akibat Disfungsi Ginjal

Berkat efek antiinflamasinya, buah zuriat dapat membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hewan yang diberikan cyclosporine ditambah ekstrak zuriat menunjukkan perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan yang diberikan cyclosporine saja.

Baca Juga :

Secara umum selain 9 manfaat buah zuriat juga membantu dalam meningkatkan sistem imun. Ini bisa ditengarahi dengan adanya kandungan antioksidan dan asam amino esensial di dalam buah ini termasuk yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Menjaga sistem imun tubuh sangat penting dilakukan agar tubuh tidak mudah diserang oleh berbagai patogen berbahaya.