Manfaat Buah Anggur untuk Stroke, Cara Aman Atasi Kerusakan Pembuluh Darah Otak


Manfaat Buah Anggur untuk Stroke, Cara Aman Atasi Kerusakan Pembuluh Darah Otak

Manfaat Buah Anggur untuk Stroke, Cara Aman Atasi Kerusakan Pembuluh Darah Otak. Anggur adalah buah favorit yang banyak penggemarnya. Rasanya yang khas dan sensasi mengunyahnya akan membawakan dampak ketagihan istilahnya. Buah ini masuk dalam daftar harga yang tidak murah. Apalagi ditambah khasiat dan manfaat buah anggur untuk stroke bagi siapa saja yang menginginkannya. Strokte dan anggur seolah satu kesatuan pelengkap dalam mengatasi gejala dan penyakit.

Faktor-faktor pemicu atau peningkat risiko terjadinya strok meliputi usia, tekanan darah tinggi, stroke sebelumnya, diabetes, kolesterol tinggi, merokok, atrial fibrillation, migraine dengan aura, dan thrombophilia (cenderung thrombosis). Daftar faktor-faktor tersebut yang paling mudah dikendalikan adalah tekanan darah tinggi dan merokok. 80 persen stroke dapat dihindari dengan pengelolaan faktor-faktor risiko.


Mengenal Lebih Apa itu Stroke

Stroke merupakan suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor. Stroke, atau cerebrovascular accident (CVA), adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia (berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya haemorrhage (pendarahan).

Stroke iskemik yang biasanya disebabkan oleh diabetes menjadi mayoritas pada penderita stroke dan bisa mencapai 85 persen, sedangkan stroke pendarahan hanya 15 persen, tetapi stroke pendarahan dapat menyebabkan kematian pada 40 persen pasiennya. Yang perlu diperhatikan juga adalah stroke iskemik ringan yang gejalanya mirip stroke, tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam (transient ischemic attacks (TIA)). Hal ini terjadi karena penyumbatan pembuluh darah hanya terjadi sementara. Tetapi bagaimanapun, jika hal ini terjadi, maka kemungkinan terjadinya stroke berikutnya yang lebih berat dapat terjadi.

Pada tataran nasional di Indonesia, stroke terjadi pada 12 dari 1.000 orang dan satu dari 7 pasien yang mengalami stroke akan meninggal. Oleh sebab itu, are yang terkena stroke tidak dapat berfungsi seperti seharusnya. Gejala-gejalanya termasuk: hemiplegia (ketidakmampuan untuk menggerakkan satu atau lebih anggota badan dari salah satu sisi badan, aphasia (ketidakmampuan untuk mengerti atau berbicara), atau tidak mampu untuk melihat salah satu sisi dari luas pandang (visual field).

Stroke memerlukan tindakan darurat medis (medical emergency) pada masa emasnya (golden period) yang maksimum hanya berlangsung beberapa jam saja setelah terjadinya stroke. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan tetap atau kerusakan yang lebih parah. Dan jika tidak ditangani, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Stroke adalah penyebab ketiga terbesar kematian dan yang yang pertama dalam menyebabkan kecacatan pada dewasa di Amerika Serikat dan Eropa.

Manfaat Buah Anggur untuk Stroke

Hasil research mengatakan bahwa buah Anggur mengandung banyak nilai gizi dimana dalam setiap 100 gram paling tidak terdapat 25 komponen gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari zat yang terkandung di dalam anggur tak hetan jika anggur memiliki manfaat dalam membantu mengatasi aneka penyakit seperti darah tinggi, lemah jantung, mencegah stroke, dan mengatasi masalah kulit.

Kandunga likopen dan karotenoid dalam jumlah yang tinggi di dalam Anggur sangat berperan dalam menghambat berbagai perkembangan penyakit dalam tubuh. Sisi lainnya anggur juga disebut-sebut memiliki kandungan mangan yang signifikan dalam membantu sintesis energi dan juga membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Zat lain seperti antioksidan dalam buah anggur sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif semisal kanker, jantung, dan lainnya.

Ada juga vitamin seperti C, K, B6, dan B1 dalam Anggur tersebut memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Sebagai contoh vitamin C misalnya, sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan luka dan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Khasiat Kulit dan Biji Anggur

Manfaat buah anggur untuk stroke tidak terbatas pada dagingnya. Sering kali tidak disadari banyak orang yang sering membuang biji dan kulit anggur saat menyantapnya perlu mendapat perhatian. Kulit anggur mengandung resveratrol yang menurut penelitian zat ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan membantu tetap kelihatan awet muda.

Kulit dan biji pun menjadi ampas dalam proses pengolahan. Padahal, ampas yang sepat dan pahit itu berkhasiat hebat. Itu dibuktikan oleh riset Zanella Yolanda Lie dan rekan dari Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Pada penetian terbaru manfaat kulit dan biji anggur, Zanella mengujinya terhadap tikus penderita stroke iskemik. Menurut dokter spesialis saraf di Rumahsakit Angkatan Darat Gatot Subroto, dr Hardhi Pranata SpS MARS, stroke iskemik terjadi ketika aliran darah menuju otak tersumbat. Penyebab sumbatan itu antara lain penumpukan lemak alias aterosklerosis atau pembekuan darah. Akibatnya penderita mengalami gangguan motorik seperti sulit bicara, pusing tak tertahankan, linglung, susah melihat, dan lumpuh.

Menurut Zanella, biji dan kulit anggur kaya resveratrol, bahan yang tergolong dalam kelompok polifenol. “Resveratrol berperan mempercepat regenerasi sel saraf otak,” katanya. Menurut Ana Romero Perez dan rekan dari Fakultas Farmasi, Universitas Barcelona, Spanyol, kandungan resveratrol dalam ekstrak kulit anggur mencapai 24,06 µg/ml. Sementara pada ekstrak biji anggur sebanyak 0,98 µg/ml.

Buah Anggur juga mengandung gula alami terutama dalam bentuk fruktosa dan glukosa yang bermanfaat dalam mengatasi kelelahan dan hipoglikemi. Minuman dari anggur seperti jus anggur dipercaya sangat membantu menyembuhkan beberapa penyakit infeksi virus seperti herpes, polio, dan juga influenza.

Baca Juga:

Berarti manfaat buah anggur untuk stroke tidak terbatas pada daging buah yang kenyal, legit, dan segar. Daging, kulit, dan biji anggur memiliki kandungan gizi yang baik buat tubuh baik yang tidak terkena stroke atau pencegahan.