Cara Olahraga Turunkan Darah Tinggi, Metode Alami Atasi Hipertensi dengan Olah Badan

Cara Olahraga Turunkan Darah Tinggi, Metode Alami Atasi Hipertensi dengan Olah Badan

Cara Olahraga Turunkan Darah Tinggi, Metode Alami Atasi Hipertensi dengan Olah Badan. Darah tinggi yang kerap menyerang seseorang dikarenakan pola hidup sehat yang tidak dipraktekkan. Bisa karena juga karena pola makan, istirahat, stres, hingga tekanan pekerjaan. Bagi Anda penderita hipertensi jangan menyerah dengan solusi obat alami  yaitu dengan olah raga. Raga yang diolah sedemikian rupa sehingga akan membuat Anda bugar kembali dan jauh dari hipertensi. Cara olahraga turunkan darah tinggi menjadi satu jawaban dari sekian ketika seseorang menghindari obat-obatan.

Aktivitas olahraga yang rutin akan membuat orang terjaga secara daya tahan tubuh. Walau tidak semua olah raga cocok bagi penderita hipertensi setidaknya berikut ini akan menjadi pertimbangan ketika Anda akan memilih olah raga yang akan digeluti. Olah raga bagi penderita darah tinggi masuk dalam olah raga ringan sehingga aman dan bersifat alami untuk tubuh.

Darah Tinggi

Kinerja jantung akan meningkat dikarenakan tekanan darah tinggi pada tubuh. Artinya semakin besar tekanan jantung maka semakin besar juga kinerja dari jantung untuk memompa darah. Oleh karena demikian, tekanan darah tinggi sering menjadi penyebab utama dari serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Tekanan darah sistolik merupakan angka maksimum yang dilihat pada saat jantung sedang memompa atau berdetak.
  • Tekanan darah diastolik merupakan angka minimum yang dilihat pada saat jantung tidak memompa.

Tabulasi untuk mengetahui kondisi tekanan darah tinggi:

KategoriSistolikDiastolik
Tekanan Darahmm/Hg (maksimal)mm/Hg (minimal)
Rendah (Hipotensi)85 atau lebih rendah55 atau lebih rendah
Normal<120<80
Prehipertensi120-13880-89
Tekanan Darah Tinggi140-15990-99
(Hipertensi) Tahap 1
Tekanan Darah Tinggi160 atau lebih tinggi100 atau lebih tinggi
(Hipertensi) Tahap 2lebih tinggi dari 180lebih tinggi dari 110
Krisis Hipertensi
(memerlukan perawatan)

Cara Olahraga Turunkan Darah Tinggi

Berikut ini berbagai olah raga ringan yang cocok bagi penderita darah tinggi. Silakan Anda bisa mempraktekkannya satu atau kombinasi dari beberaca cara alami olahraga menurunkan hipertensi di sini.

1. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya. Pelopor senam aerobik adalah Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960 dengan konsep ritme musik dan gerakan yang teratur, sehingga menjadikan tubuh dapat memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung. Senam aerobik menempati cara olahraga turunkan darah tinggi yang pertama ini menjadi andalan ketika Anda menyenangi olah tubuh yang lebih aktif.

Senam ini akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga jantung memompa secara stabil. Maka dari itu, senam aerobik sangat cocok bagi penderita darah tinggi.

2. Berjalan

Cara olahraga turunkan darah tinggi yang kedua adalah dengan berjalan atau jalan-jalan ringan. Berjalan kesempatan ini sebenarnya sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan pembiayaan yang besar. Anda bisa melakukannya hanya dengan memakai sepasang sepatu. Kuncinya melakukan kegiatan seperti ini harus dimulai dengan program seperti : berjalan dengan waktu lima (5) menit itu terasa mudah, tingkatkan lagi menjadi sepuluh (10) menit. Lakukan secara konsisten dengan durasi waktu 10 menit berjalan dan dilakukan dalam 3 x sehari Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk berjalan selama sehari.

3. Jogging

Lanjut ke cara olahraga turunkan darah tinggi yang ketiga adalah dengan melakukan jogging. Jogging merupakan salah satu cara terbaik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung.Ketika berjalan rasanya aman dan mudah biasakan diri untuk berjogging setiap pagi dengan waktu 30 menit.

4. GoWes

Istilah terkini yang sering menyebut bersepeda alias gowes. Pilihan ini menjadi opsi keempat cara olahraga turunkan darah tinggi. Cirinya olahraga yang mudah, murah, simpel, dan tentu tidak berbahaya. Bersepeda mampu menambah kekuatan serta stamina, dan dapat mengeluarkan toksin melalui keringat.

5. Berenang

Berenang adalah pilihan yang menyenangkan baik dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Mengapa berenang menjadi rekomendasi bagi penderita hipertensi karena berenang meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menahan laju tekanan darah.

Saran terbaik saat melakukan olahraga adalah yang pertama, lakukan olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan supaya anda berkeinginan lebih tinggi untuk tetap berolahraga. Kedua, lakukan penjadwalan secara rutinitas setiap hari misalnya dengan menandai tanggal di kalender. Ketiga, bersama teman-teman lainnya saat berolahraga. Ini adalah impact positif agar Anda tetap termotivasi dan lebih menikmatinya. Keempat, imbangi dengan makanan yang tidak membuat tekanan darah meningkat seperti mengkurangi makanan terlalu manis dan kurangi makanan olahan. Kelima, rutinkan pengecekan tekanan darah. Kegiatan ini sebagai kontrol dalam menjaga tekanan darah Anda. Keenam, siap merubah setiap gaya hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup sehat dan alami sehingga resiko darah tinggi bisa diatasi.

Bila cara olahraga turunkan darah tinggi sudah Anda paraktekkan maka bersabarlah akan efeknya karena tidak langsung dapat dirasakan hanya saja akan berangsur membaik. Jenis olah raga ini banyak digemari orang karena selain itu menjadi solusi dari hipertensi juga sebagai wahana hiburan yang menyenangkan.

Baca Juga:

Lakukan dengan sepenuh hati agar terapi darah tinggi Anda benar-benar efektif. Lakukan cek dokter secara berkala dan berkonsultasi bila hipertensi tak kunjung mengalami penurunan. Semoga bermanfaat!