Cara Mengobati Asma Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami


Cara Mengobati Asma Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami

Cara Mengobati Asma Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami. Inilah informasi mengenai cara menyembuhkan asma yang terjadi secara tiba-tiba. Apa yang menyebabkan penyakit asma dan Bagaimana cara mengatasi serangan asma yang terjadi pada anak, dewasa, pria maupun wanita. beberapa orang juga mencari info apa saja penyebab asma sehingga bisa mencari obatnya. Pada kesempatan sebelumnya kami membuat artikel menarik lainya mengenai Cara Mengatasi Batuk Pilek pada anak dan Cara Mengatasi Alergi Dingin, Kulit dan Biduran.

Asma adalah sebuah reaksi peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas.

Cara mengatasi asma yang kumat-kumatan memang diperlukan kesabaran apalagi menggunakan bahan alami atau herbal. Sering kali para orang tua yang melihat anaknya terkena serangan asma merasa panik sehingga mencari obat asma yang sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Asma juga sering terjadi pada malam hari dan sering kambuh-kambuhan.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam dan Jahe Untuk Kesehatan

Terapi untuk gejala akut biasanya dengan menghirup beta-2 agonist reaksi cepat (misalnya salbutamol) dan kortikosteroid oral. Pada kasus yang sangat parah mungkin diperlukan pemberian kortikosteroid intravena, magnesium sulfat dan perawatan di rumah sakit. Gejala ini dapat dicegah dengan menghindari pencetusnya, seperti misalnya alergen dan iritan, dan dengan penggunaan kortikosteroid hirup.
cara mengobati asma dengan bawang putih.

PENYEBAB ASMA KAMBUH DAN KUMAT

Ternyata gejala asma atau seseorang yang terkena asma bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Untuk itu perlu adanya antisipasi bagi si penderita. Dibawah ini adalah penyebab asma yang bisa datang dari beberapa faktor.

  1. Alergi
  2. Iritan. Asap rokok, polusi udara, asap pembakaran, cat, bensin, parfum, sabun beraroma, bahan kimia atau debu
  3. Penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, sinusitis, dan pneumonia
  4. Olahraga, karena pernapasan tidak teratur dan mencium bau yang menyengat
  5. Cuaca
  6. Emosi Berlebihan
  7. Obat-obatan
  8. Perubahan hormonal tertentu seperti refluks asam lambung, kehamilan, kandungan sulfit atau pengawet kimia dalam makanan dan minuman

Ada beberapa obat asma alami (herbal) yang bisa anda temukan di dapur atau bisa membelinya di pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu para penderita asma harus mendapatkan pengawasan yang ekstra serta perhatian supaya asma tidak kambuh lagi.

Cara Mengobati Asma

Selanjutnya akan kami berikan tips obat tradisional asma yang bisa dicari di rumah. Obat yang digunakan untuk menangani asma dibagi menjadi dua kelas umum yaitu: obat pelega napas cepat yang digunakan untuk menangani gejala akut; dan obat pengendali jangka panjang yang digunakan untuk mencegah perburukan lebih lanjut. Apabila pengobatan ini belum menghasilkan secara maksimal silahkan berkonsultasi ke dokter spesialist.

1. Jahe

Jahe diketahui sebagai bahan alami untuk berbagai masalah termasuk asma. Peneliti telah menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan dan mengalangi kontraksi pada saluran pernapasan.

Caranya:

  1. Campurkan jus jahe, jus delima, dan madu dalam jumlah yang sama. Minum campuran ini sebanyak 1 sendok makan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  2. Alternatif lain, Anda dapat mencampur 1 sendok teh jahe dengan satu setengah cangkir air dan konsumsi 1 sendok makan campuran ini setiap malam.
  3. Potong 3 cm jahe kecil-kecil dan masukan ke dalam panci air mendidih. Biarkan selama 5 menit, tunggu hingga dingin dan minum.
  4. Untuk mendetoksifikasi paru-paru Anda, siapkan rebusan fenugreek dengan mendidihkan 1 sendok makan biji fenugreek dalam secangkir air dan campurkan 1 sendok teh jus jahe dan madu. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore.
  5. Anda juga dapat mengonsumsi jahe mentah dicampur garam.

2. Bawang putih

  1. Didihkan 2 atau 3 siung pada 1 ½ cangkir susu.
  2. Biarkan hingga sama dengan suhu ruangan kemudian minum.

3. Kopi

Kafein pada kopi dapat membantu mengontrol serangan asma karena dapat bertindak sebagai bronchodilator. Kopi panas membantu merelaksasikan dan melegakan saluran pernapasan dalam membantu Anda bernapas lebih mudah.

4. Madu

Madu adalah salah satu obat alami untuk asma. Alkohol dan minyak yang sangat halus pada madu membantu mengurangi gejala asma.

  1. Menghirup aroma madu dapat memproduksi hasil positif dari beberapa orang.
  2. Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh madu ke dalam segelas air panas dan meminumnya perlahan sekitar 3 kali sehari.
  3. Sebelum tidur, konsumsilah 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis (cinnamon). Ini dapat membantu Anda menghilangkan dahak dari tenggorokan dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

LIHAT JUGA:

Informasi obat asma diatas kami kutip dari laman hallo sehat dan selanjutnya akan kami berikan kutipan obat asma rekasi cepan dan jangkan panjang.

Obat Asma Reaksi Cepat

  • Salbutamol
  • Obat Antikolinergik, misalnya ipratropium bromida
  • Agonis adrenergik versi lama yang kurang selektif seperti epinefrin hirup

Obat Asma Jangka Panjang

  • Kortikosteroid
  • Long-acting beta-adrenoceptor agonist (LABA) atau Agonis beta-adrenoseptor reaksi-lambat seperti salmeterol dan formoterol
  • Antagonis Leukotrien (seperti montelukast dan zafirlukast)

Nah, itulah beberapa obat asma yang ampuh baik itu alami (herbal) maupun nama obat asma dari bidang kedokteran. Kami sarankan untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya sebelum meracik atau mengkonsumsi obat jika ingin asma Anda segera sembuh total. terima kasih sudah berkunjung ke laman Manfaat Caranya hari ini dan jangan lupa baca……………………….