Cara Mengobati Alergi Dingin Cepat, Mudah dan Alami

Obat Alergi Dingin Cepat, Mudah Dan Alami

Cara Mengobati Alergi Dingin Cepat, Mudah dan Alami. Apakah obati alergi dingin pada kulit anak dan apa nama obat biduran yang bisa dibeli di apotik. Kemudian obat herbal (alami) apa yang bisa mencegah alergi agar tidak berkembang. Sebenarnya apa itu alergi dan bagaiaman ciri-ciri alergi yang menular, berbahaya maupun tidak. Pada kesempatan sebelumnya nyonyor.com telah membahas mengenai Cara Mengatasi Batuk Pilek.

Alergi adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahayadingin pada kulit.

Perlu diketahui sobat NY jika pada usia rentan remaja adalah usia yang paling sering terkena alergi dingin, namun biasanya akan menghilang sepenuhnya dalam waktu beberapa tahun. Jadi sebaiknya untuk menambah pengetahuan dengan membaca artikel kesehatan, banyak bertanya pada dokter maupun yang lainya.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Sakit pada Tubuh

Gejala Alergi Dingin

Cara mengobati alergi memang ada beragam yang bisa sobat ketahui setelah membaca gejala yang ditimbulkan sebelum maupun sesudah terjadinya alergi tersebut.

  1. Tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin.
  2. Muncul bilur yang terasa gatal pada area kulit yang terpapar udara dingin.
  3. Bibir dan tenggorokan terasa bengkak saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
  4. Kulit berwarna kemerahan.

Itulah beberapa gejala yang disebabkan sebelum terjadinya alergi pada seseorang. Setelah itu perlu diketahui jika penyebab alergi dingin yang datang secara tiba-tiba. Faktor-faktor risiko alergi terbagi dalam dua kategori umum yaitu inang/penderita dan faktor-faktor lingkungan. Faktor inang meliputi keturunan, jenis kelamin, ras, dan umur, dengan keturunan mengambil peranan yang paling besar. Bagaimanapun, akhir-akhir ini terjadi peningkatan kejadian alergi yang tak dapat diterangkan hanya dengan faktor keturunan semata. Empat faktor lingkungan yang utama adalah perubahan paparan dengan penyakit infeksi selama masa anak-anak, polusi, tingkat alergen, dan perubahan diet. Biasanya gejala alergi dingin pada anak, dewasa dan orang tua hampir sama.

Cara Mencegah Alergi

Dibawah ini adalah beberapa macam cara untuk mencegah alergi yang bisa dilakukan sedini mungkin.

  • Jagalah kebersihan lingkungan
  • Dilarang menggunakan cat rambut.
  • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupun parfum, obat-obat anti nyamuk.
  • Gunakan kasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk.
  • Gunakan sprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan air hangat akan efektif.
  • Hindari menggunakan pakaian dari bahan wool, gunakanlah pakaian dari bahan katun.
  • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin
  • Hindari bahan makanan, minuman, maupun obat-obatan tersebut
  • Konsultasikan dengan spesialis

Nama Obat Alergi di Apotik

Dibawah ini adalah beberapa jenis obat alergi yang bisa di beli di apotik terdekat atau meminta obat tersebut ke dokter.

  • Omalizumab. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati asma, namun dapat juga menyembuhkan beberapa penderita urtikaria dingin.
  • Antihistamin (misalnya fexofenadine dan desloratadine). Obat ini menghambat zat histamin dalam tubuh yang menghasilkan gejala alergi.
  • Cyproheptadine, obat anthistamin yang bekerja dengan cara menghambat reaksi saraf yang menjurus pada gejala alergi dingin.
  • Doxepin. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan dan depresi dan diketahui dapat meredakan gejala alergi dingin.

Baca Juga: Manfaat Biji Mahoni dan Efek Sampingnya

Obat Alergi Alami (Herbal)

1. Bawang Putih
2. Minyak Jarak
3. Bawang Merah
4. Air Kelapa Muda
5. Berjemur
6. Uap Panas
7. Kayu Manis
8. Jahe
9. Madu
10. Cuka Sari Apel
11. Oatmeal
12. Jeruk Nipis
13. Wasabi
14. Teh Hijau

Itulah beberapa jenis obat alergi yang dikutip dari laman kesehatan di internet semoga bisa membantu. Untuk cara mengobati alergi alami herbal diatas memang perlu juga membutuhkan kesabaran dalam membuatnya dan bertanya dulu kepada orang lebih dulu mempraktekanya.