20 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Sangat Baik Untuk Jantung

20 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Sangat Baik Untuk Jantung

20 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Sangat Baik Untuk Jantung. Tak hanya enak untuk dibuat acar saja, manfaat lobak ternyata sangat banyak. Sayuran yang jarang digunakan dan pada umumnya memilih wortel ternyata menyimpan khasiat yang sangat banyak. Lobak sayuran yang menyerupai wortel dengan warna putih. Rasa segar yang diciptakan sayuran ini mampu mengobati dahaga ketika dicium. Pada artikel sebelumnya kami mengulas tentang manfaat temulawak untuk menjaga kesehatan hati.

Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul. Luas areal tanaman lobak di Indonesia saat ini berkisar 15.700 hektare.

Tanah yang baik untuk tanaman lobak adalah tanah gembur, mengandung humus (subur), lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil), dan derajat keasaman tanah 5-6. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. Untuk penanaman pada musim kemarau, tanaman harus cukup air.

Baca Juga:

Lobak dapat digunakan sebagai obat gangguan ginjal dan demam. Di samping itu, dapat pula menghasilkan lendir dalam kerongkongan sehingga baik untuk obat batuk. Umbi lobak dapat dimakan mentah atau dibuat acar, tetapi umumnya dibuat sebagai campuran soto.

Sebagai pengertian kita jantung adalah organ paling penting yang harus selalu kita jaga kesehatannya, karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia yaitu dalam memompa darah yang membawa kaya oksigen untuk disalurkan kesuluruh tubuh kita. Misal ada penyumbatan pembuluh darah dijantung maka perlu kita waspadai bahaya penyakit jantung mematikan dan segeralah periksakan ke dokter atau Rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut agar supaya dapat ditangani dengan baik dan benar.

20 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Sangat Baik Untuk Jantung

Lobak adalah tanaman akar dan itu adalah tajam atau manis dalam rasa dengan banyak jus. Lobak bisa putih, merah, ungu atau hitam dan dari segi bentuk, bisa panjang dan silinder atau bulat. Mereka dimakan mentah, dimasak atau acar. Minyak yang diperoleh dari biji lobak juga digunakan dalam sejumlah produk dan aplikasi kesehatan yang bermanfaat. Terutama memiliki khasiat dalam mencegah penyakit jantung itu sendiri. Ada banyak sekali alasan mengapa lobak adalah tumbahan yang baik untuk kesehatan jantung anda, akan tetapi dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam salah satu manfaat yang paling penting juga.

Meskipun baik untuk jantung namun manfaat lobak masih sangat banyak. Anda bisa mendapatkan manfaat lobak dengan cara mengkonsumsinya. Baik secara langsung untuk dibuat acar atau untuk sayuran. Berikut beberapa manfaat lobak yang bisa anda dapatkan:

Baca Juga:

sifat anti-bakteri dan anti-virus. Kandungan tersebut sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis dan menjaga kesehatan seperti berikut:

  1. Baik untuk saluran pernapasan atau paru-paru
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  3. Melancarkan pencernaan
  4. Mencegah penyakit ginjal
  5. Mengurangi risiko kanker
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh
  7. Membantu mengobati diabetes
  8. Mengontrol tekanan darah
  9. Mengobati demam
  10. Meningkatkan kinerja otak dan sistem saraf
  11. Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis
  12. Meredakan sakit kepala atau migrain
  13. Menurunkan berat badan
  14. Mencegah obesitas
  15. Membantu mendetoks racun
  16. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
  17. Melindungi dan menjaga organ hati
  18. Menjaga kesehatan jantung
  19. Mencegah stroke
  20. Mengobati flu

LIHAT JUGA:

Maka dari itu konsumsilah makanan yang memang mempunyai fungsi yang baik untuk tubuh anda. Dewasa ini banyak makanan yang memang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara langsung atau tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. So, tinggal kita memilih makanan mana yang terbaik buat kita.