22 Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil


Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

22 Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil. Pisang, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Selain rasanya yang begitu nikmat buah pisang juga mudah dijumpai khususnya diIndonesia. Ada berbagai jenis buah pisang yang ada di Indonesia misalnya pisang seribu, pisang lilin, pisang mas, pisang ambon, pisang susu, pisang tanduk, pisang raja dan masih banyak jenis pisang yang lainnya.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.


MANFAAT BUAH PISANG UNTUK IBU HAMIL. Buah pisang meskipun mudah dijumpai dan harganya yang relatif sangat ekonomis ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat buah pisang yaitu khasitanya bagi ibu hamil. Buah pisang tak hanya berkhasiat untuk ibu hamil pada trimester pertama saja, namun pada trimester kedua buah pisang juga banyak memiliki khasiat, terlebih bagi mereka yang sedang menunggu proses kelahiran yaitu pada trimester ketiga karbohidrat dari buah pisang sangat membantu.

Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

Kaya asam folat

Seperti yang sering kita ketahui asupan asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam perkembangan saraf dan otak, serta susum tulang belakang. Ibu hamil bisa mendapatkan asam folat dengan mengkonsumsi buah pisang.

Mencegah Bayi Lahir Prematur

Manfaat pisang untuk ibu hamil, selain tinggi asam folat juga mampu mencegah bayi lahir prematur Selain itu juga meminimalisasi resiko bayi lahir cacat.

Mencegah Anemia

Anemia pada ibu hamil adalah hal yang umum dan wajar dijumpai, bahkan tak jarang ibu hamil mengeluhkan tanda-tanda anemia pada trimester akhir kehamilannya. Salah satu akibat seorang ibu hamil anemia adalah dapat menyebabkan komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan saat melahirkan. Sehingga memerlukan manfaat zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Pisang mengandung rata-rata 3 % zat besi dalam 225 gram pisang. Sehingga zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

Mengandung Vitamin B6

Dalam pisang mengandung vitamin B6 yang merupakan vitamin yang larut didalam air. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan pengembangan sel sistem syaraf pusat pada janin. Dengan jumlah yang tepat vitamin B6 ini akan mengurangi morning sickness. Jumlah harian yang diperlukan ibu hamil untuk memenuhi vitamin B6 adalah 1,9 miligram. Satu pisang ukuran sedang dapat mengandung 4 miligram.

Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang lainnya yaitu, memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Selain zat besi, buah pisang mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang ternyata mampu menaikkan pertumbuhan hemoglobin di dalam tubuh.

Mengatasi Gangguan Sembelit

Sembelit semakin menjadi gangguan kehamilan yang sering terjadi. Pisang dapat mengurangi perut yang kembung dan dapat melancarkan buang air besar. Tanpa mengkonsumsi suplemen buatan, ibu hamil dapat meningkatkan asupan dalam diet ibu hamil. Hal ini dikarenakan pisang mengandung serat yang menyebabkan gerakan usus halus membentuk tinja. Pisang mengandung 6 gram serat pada rata-rata setiap buah pisang.

Melancarkan Pencernaan

Ibu hamil sering mengalami mulas dan gangguan pencernaan selama kehamilan, hal ini akan menyebabkan janin yang sedang tumbuh akan mengalami tekanan pada perut. Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini, akan meringankan kesulitan tersebut. Buah pisang mengandung antacid yang akan menekan sekresi asam. Pisang juga kaya akan pectin sehingga membantu pencernaan dalam menormalkan mortilitas usus.

Obat Diare Alami

Pisang mengandung serta dan Pektin yang menurunkan serat mudah larut. Bagi ibu hamil serat dapat membantu meringankan diare dengan cara megabsorbsi atau menyerab kelebihan air yang ada didalam tubuh. Maka dengan manfaat pisang untuk ibu hamil, gejala diare dapat terkurangi. Tak hanya itu, Kalium yang ada didalamnya akan mengatasi keram usus juga yang kadang menyertai diare.

Sebagai oralit alami untuk ibu dan bayi

Biasanya saat ibu hamil kehilangan banyak cairan. Dalam penanganan konservatif, elektrolit yang hilang akan menggunakan bahan asin. Namun pisang dapat menjadi oralit bagi ibu hamil karena kandungan Kaliumnya, selain itu juga dapat memadatkan tinja jika terjadi diare yang akut. Untuk diare pada bayi bisa dengan buah pisang pada hari pertama (hal ini untuk anak diatas 1 tahun BB lebih dari 7 kilogram) ditambah biskuit, bubur dan ASI.

Sebagai Sumber Kalsium

Kalsium yang umum dikenal untuk perkembangan tulang dan sistem rangka pada segala usia. Buah pisang pada setiap 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami. Untuk syaraf sendiri kalsium bermanfaat dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot pada perkembangan janin dalam kandungan.

Antioksidan Alami

Vitamin C dalam buah pisang sangat tinggi, sebesar 33 % pada setiap buahnya. Antioksidan yang mampu melawan proses penuaan dini bagi seorang ibu dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. (Baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)

Kaya Protein

Manfaat pisang untuk ibu hamil merupakan buah yang kaya protein. Protein berperan sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukkan antibodi bagi janin dan si ibu. Camilan dengan buah pisang adalah pilihan yang baik bagi ibu hamil, kekurangan protein dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Protein alami dalam buah pisang adalah 2,5 gram setiap 225 gram pisang.

Mengurangi Mual Dan Muntah

Pada pagi hari ibu hamil seringkali merasa mual dan muntah. Hal ini terlihat selama trimester pertama kehamilan yaitu pada tiga bulan pertama. Jika pisang dikonsumsi pada tahap awal kehamilan akan dapat membantu dan mengurangi morning sickness.

Kekayaan Kalium

Selama kehamilan ibu hamil mengalami pembengkakan salah satunya yang disebabkan oleh ketidakcukupan kalium. Hal ini ditemukan oleh American Pregnancy Association. Dengan terpenuhinya kalium maka akan membantu mengurangi pembengkakan selama masa kehamilan. Pisang memang membantu mencegah dan menurunkan pembengkakan secara alami. Meskipun pembengkakan perlu diwaspadai sebagai preeklamasia.

Simak Juga:

Sebagai Penyeimbang Darah

Salah satu kasus yang menjadi perhatian utama pada ibu hamil adalah terkait fluktuasi pada tekanan darah. Tentunya dengan diet sehat dapat menstabilkan tekanan darah dan hal ini bisa didapatkan dari manfaat pisang untuk ibu hamil. Kalium pada pisang akan membantu menjaga tekanan darah ibu hamil selama kehamilan. Kalium juga mengurangi keram otot dan nyeri kaki selama kehamilan.

Seorang ibu hamil setidaknya perlu mengkonsumsi 4.700 miligram kalium. Mineral tersebut akan mengurangi efek samping yang tidak baik dalam masa kehamilan termasuk tingkat keparahan keram.

Meningkatkan Energi

Secara instan pisang dapat menyediakan energi dengan cepat. Terutama pisang yang dikombinasikan dengan susu. Pisang mengandung tiga jenis gula yang alami. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pisang mengandung 28 gram gula disetiap 225 gramnya. Terutama untuk ibu yang menghadapi trimester terkahir dan paska melahirkan. Manfaat pisang untuk ibu hamil mengandung gula alami ini, akan mudah dicerna sehingga dapat dengan cepat memberikan energi untuk ibu hamil.

Kaya Akan Karbohidrat

Dengan menjadikan pisang sebagai cemilan bagi ibu hamil setiap beberapa jam sekali, maka kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi. Berat karbohidrat pisang dalam setiap 225 gramnya adalah 51 gram. Inilah yang menyebabkan pisang membuat lekas kenyang.

Menjaga Gula Darah Dan Kolesterol

Pisang mampu mempertahankan tingkat kolesterol dan gula darah selama kehamilan. Terutama bagi ibu yang mengalami diabetes selama kehamilan. Pisang dapat menghindarinya dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Untuk ibu hamil dengan kadar gula darah yang rendah menyebabkan mudah kelelahan dan murung sehingga hal ini dapat dikurangi dengan menyantap pisang.

Berpengaruh Baik Untuk Menyusui

Pisang mampu mengembalikan setiap mineral yang hilang pada ibu menyusui. Pisang merupakan jenis yang sangat mudah ditemui diberbagai tempat di Indonesia, sehingga ibu hamil mudah untuk mendapatkannya. Mineral sangat diperlukan sebagai zat pembentuk ASI itu sendiri, terutama manfaat kalsium yang terkandung dalam pisang. Kalsium sendiri terkandung sebanyak 100 mg setiap 100 gram dalam setiap buah pisang.

Meningkatkan Nafsu Makan

Pisang mengandung protein, serat, vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh ibu hamil menjadi sehat dan memiliki keinginan untuk makan. Setiap hari, ibu hamil harus makan banyak pisang agar memperoleh nafsu makan lebih baik. Karena energi yang ada pada pisang untuk mencapai keseimbangan.

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Di dalam pisang mengandung komponen mineral seperti kalium, magnesium. Sehingga pisang aman bagi ibu yang sedang menyusui ASI. Manfaat pisang untuk ibu hamil secara teratur dapat membantu menurunkan kegemukan pada perut. Hal ini karena pisang dapat membuat proses metabolisme berlangsung lebih cepat. Selain itu, pisang dapat menghasilkan membran yang dapat melindungi usus, membantu menghancurkan racun dalam tubuh dan dapat merangsang agar dapat mencerna dengan lebih baik.

Baca Juga:

Demikian manfaat dan khasiat buah pisang yang bisa anda dapatkan terutama bagi ibu hamil yang banyak membutuhkan asupan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada dalam kandungannya. Selalu ikuti informasi menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com.