Tips Membersihkan Telinga Yang Aman Untuk Anak


Tips Membersihkan Telinga Yang Aman Untuk Anak

Tips Membersihkan Telinga Yang Aman Untuk Anak. Sebagai orangtua kita harus menjaga kebersihan seluruh anggota badan anak secara rutin. Terlebih kebersihan, karena telinga membutuhkan perhatian ekstra saat membersihkannya.

Kalau tidak, antaran bunyi bisa terganggu karena tumpukan kotoran telinga (serumen/ear wax). Bila kotoran sudah keras, akan makin susah dikeluarkan dari telinga anak. Telinga bersih, pendengaran pun jernih.

Bila terjadi penumpukan serumen anda bisa menggunakan tetes telinga untuk melunakkan serumen yang ada didaam telinga. Namun bila hal tersebut tidak berhasil maka segera konsultasikan dengan dokter.

Tips Membersihkan Telinga Anak Dengan Aman

Ada beberapa cara membersihkan telinga anak dengan aman dan nyaman. Anda bisa melakukan dengan sangat lembut agar anak tidak takut. Berikut cara membersihkan telinga anak dengan nyaman.

Baca Juga:

MANFAAT & KEGUNAAN

1. Bersihkan Kotoran Hanya Pada Bagian Paling Luar Liang Telinga

Sebaiknya Ibu tidak memasukkan pembersih apa pun ke dalam telinga si Kecil. Selain itu Ibu juga sebaiknya tidak memasukkan benda dengan jauh ke dalam telinga karena akan mengakibatkan berbagai penyakit dan komplikasi.

2. Hindari Pemakaian Cotton Buds

Apabila ingin memakainya, gunakan saja untuk membersihkan bagian luar atau daun telinga. Mengeluarkan kotoran dari telinga dengan cotton buds justru membuat kotoran terdorong semakin ke dalam dan menumpuk. Selain itu cotton buds juga berisiko menyentuh gendang telinga yang sangat berpengaruh pada pendengarannya semasa bayi hingga tumbuh nanti.

3. Hindari Penggunaan Benda-Benda Yang Tajam Kepada Si Kecil

Ibu sering membersihkan telinga menggunakan tangkai bulu ayam, penjepit rambut hingga menggunakan tangan. Namun itu tidak boleh dilakukan pada si Kecil karena bisa menyebabkan iritasi dan luka.

4. Bersihkan Dengan Menggunakan Kain Bersih Dan Hindari Penggunaan Kapas

Partikel kapas yang kecil dan lembut bisa menempel pada telinga si Kecil yang lembap.

5. Hindari Penggunaan Obat

Obat apapun untuk membersihkan telinga kecuali jika telah diberi resep oleh dokter, jangan anda berikan. Mengingat anak masih sangat rentan dengan berbagai obat-obatan.

6. Bersihkan Kotoran Telinga Saat Mandi

Ini karena pada saat mandi telinga si Kecil cenderung basah sehingga mudah dibersihkan. Gunakan kain yang telah dibasahi air untuk membersihkan bagian luar telinga si Kecil.

7. Hindari Membersihkan Telinga Si Kecil Saat Kering

Berkebalikan ketika kondisi telinga basah, telinga yang kering cenderung sulit untuk dibersihkan.

8. Pembersihan Secara Rutin

Lakukan pembersihan dengan rutin untuk menjaga telinga si Kecil tetap bersih. Ibu juga bisa menyeka dengan baby oil untuk mencegah penumpukan kotoran.

9. Dokter THT

Bila Ibu tidak yakin dapat membersihkan dengan benar segera konsultasikan dengan dokter anak kepercayaan Ibu. Cara membersihkan telinga yang tidak benar bisa mengakibatkan kotoran terdorong lebih dalam, menyebabkan infeksi dan masalah telinga lainnya. Selain itu, konsultasikan juga ke dokter apabila jumlah kotoran telinga pada si Kecil sudah sangat banyak. Dokter biasanya mempunyai alat sendiri untuk mengangkat kotoran telinga yakni berupa sendok serumen. Bila kotoran telinga si Kecil sudah lunak maka akan diisap dengan vakum atau dengan menyemprotkan air hangat ke dalam liang telinga si Kecil. Bila kotoran telinga si Kecil sudah terlanjur keras, dokter akan memberikan obat tetes selama beberapa hari untuk memudahkan pengambilan kotoran tersebut.

Simak Juga:

Demikian tips membersihkan telinga anak dengan aman. Sebaiknya buat jadwal tersendiri untuk membersihkan telinga. Selain itu jangan menaruh cottonbud ditempat yang mudah dijangkau anak. Takutnya anak mengambil cottonbud dan mengorek telinganya sendiri karena sangat berbahaya. Semoga tips diatas bermanfaat.