Tips Memberikan Obat Kepada Bayi


Tips Memberikan Obat Kepada Bayi

Tips Memberikan Obat Kepada Bayi. Sering kita mengalami kesulitan dalam memberikan obat kepada bayi kesayangan kita. Dalam kondisi yang sakit dan gelisah yang melanda bayi kita. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara yang kita lakukan agar si bayi kita yang minum obat dapat meminumnya dengan sempurna. Baik dengan alat sendok, tetes atau malah dengan pipet.

Karena ada bayi yang susah meminum obat baik menggunakan pipet atau menggunakan sendok. Bahkan orang tua memaksa kepada bayi untuk mengkonsumsi obat, akibatnya bayi menjadi tersendak dan batuk.

Dengan teknik yang handal dan kesabaran yang penuh kasih sayang. Dengan memberikan pengertian kepada bayi kita yang belum mengatahuinya adalah sebuah keharusan yang harus kita lakukan. Kenapa begitu, karena agar si bayi ketika kita beri obat tidak meronta dan memberikan perlawanan dan akhirnya tidak jadi minum obat dan hal yang demikian haruslah kita jauhi.

Tips Memberikan Obat Kepada Bayi

Untuk itu kita akan berbagi tips memberikan obat pada bayi kepada para bunda semua, tujuannya untuk memudahkan bunda memberikan obat bada sibuah hatinya tanpa adanya drama menangis dan tersendak. Dan inilah tips dalam memberikan obat kepada bayi kita :

Baca Juga:

Menggendon Bayi

Sebaiknya bayi digendong pada saat anda memberikan obat, pastikan pula bahwa bayi anda tidak memberontak. Posisi menggendong harus diperhatikan yaitu kepala bayi sedikit lebih tinggi di atas dari badan dan kakinya. Hal ini untuk menghindari si bayi tersendak yang bisa mengakibatkan obat masuk ke dalam paru-paru.

Merayu Bayi

Jika bayi menolak sebaiknya anda tidak usah memaksa, anda harus dapat membujuknya minum obat. Kalau usaha ini gagal, maka anda bis aminta bantuan sang suami tercinta untuk memegangi si bayi. Biasanya bayi sering tidak mau diam ketika dalam keadaan sakit dan minu obat.

Jaga Kebersihan Alat Yang Akan Digunakan

Jika anda menggunakan sendok untuk memasukkan obat, sebaiknya anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : – sterilkan sendok dahulu yang akan digunakan dan sebaiknya anda menggunakan sendok yang ukurannya kecil, bukalah mulutnya dengan halus, dengan cara menarik dagunya perlahan-lahan, letakkan sendok di bibir bawahnya lalu angkat sedikit sendoknya hingga obat mengalir kemulutnya.

Hindari Memencet Karet Pipet Dengan Cepat

Jika anda menggunakan pipet untuk memasukkan obat, sebaiknya anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : – gendonglah bayi anda di lekukan lengan anda sambil memegangi tangannya agar tidak memberontak lalu isilah pipit dengan dosis obat yang sesuai dengan petunjuk dokter, letakkan pipet obat di sudut mulut bayi dan tuangkanlah obat itu secara perlahan-lahan.

Maka dari itu sangatlah diharapkan oleh kita semua sebagai orang tua untuk anak kita dalam keadaan sehat selalu. Dengan pertumbuhan fisik yang sempurna tidak ada sedikitpun yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. So bunda, kasih sayangilah bayi anda dalam memberikan obat dengan halus dan sabar.