14 Cara Mengatasi Kulit Kering Serta Penyebab Utamanya


14 Cara Mengatasi Kulit Kering Serta Penyebab Utamanya

14 Cara Mengatasi Kulit Kering Serta Penyebab Utamanya. Kulit kering merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang dimana bagian lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan dan akibatnya kulit menjadi bersisik bahkan sampai mengelupas. Bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki, lengan, dan wajah termasuk area yang sering mengalami gangguan satu ini.

Memiliki kulit sehat bercahaya merupakan dambaan semua orang, tak ayal banyak yan melakukan peawatan kulit disalon kecantikan. Namun masalah kulit masih saja dating seperti kulit kering. Penyebab kulit kering memang sangat beragam. Kita perlu mengindari penyebabnya untuk meminimalisir terjadinya kulit kering.

Dalam dunia medis, kulit kering sering disebut dengan xerosis atau xeroderma. Kulit kering dapat menyerang siapa saja tanpa pandang jenis kelamin, tergantung dari kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta usia seseorang. Orang-orang yang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering karena kulit sudah mulai keriput.

Gejala dan Penyebab Kulit Kering

Pada sebagian kecil orang, kulit kering akan diderita sepanjang masa hidupnya. Namun pada kebanyakan orang, masalah kulit kering ini hanya bersifat sementara, pada waktu-waktu tertentu terkait dengan kondisi yang sudah saya sebutkan diatas bisa karena factor cuaca usia makanan.

Permukaan Kulit Yang Terasa Dan Terlihat Kasar

Selain itu, pemilik kulit kering sering mendapati permukaan kulit mereka terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Bahkan kemerahan dan rasa gatal juga biasanya muncul.

Adanya Retakan Garis Di Bagian Kulit

Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang sudah cukup parah, terdapat sebuah retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Gejala-gejala tersebut dapat muncul terkait dengan beberapa penyebab diantaranya:

  • Iritasi yang disebabkan karena pakaian, parfum, deterjen, dsb.
  • Menggosok kulit terlalu keras
  • Bertambahnya usia seseorang – semakin tua kulit semakin kering
  • Berhanduk terlalu kering setelah mandi
  • Pemakaian sabun yang salah
  • Perubahan cuaca
  • Mandi air/uap panas yang berlebihan

Cara mengatasi kulit kering secara alami

Ada banyak cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami. Salah satunya dengan manjaga pola makan dan pola hidup bersih. Selain itu masih ada banyak cara lainnya yang bisa anda terapkan setiap harinya

Simak Juga:

1. Peranyak Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi Dan Minum Air Putih

Salah satu cara mengatasi kulit kering secara alami, yakni dengan membenahi apa saja makanan yang dikonsumsi. Jika selama ini kamu kurang menyukai sayuran dan buah-buahan, mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain itu, rajinlah mengkonsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya membuat masalah kulit kering teratasi, namun kamu pun akan menjadi lebih segar.

2. Mengonsumsi Cranberry

Cranberry terkenal dapat memberikan hidrasi bagi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami yakni dengan minum segelas jus cranberry setiap hari. Selain itu menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion dapat membantu megeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

3. Makan Ikan

Para ahli juga menyarankan kamu untuk banyak makan ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cobalah menyeimbangkan diet kamu dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin, membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

4. Menggunakan Pelembap Alami

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alamai. kamu bisa menggunakan Bubuk almond, minyak argan, dan madu yang bisa memberi pengelupasan pada kulit wajah. Pastikan untuk mencampurkan bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang mungkin dapat menggores permukaan kulit.

5. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah kamu dapat menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, kamu tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

6. Gunakan Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang sederhana nan ekonomis guna memerangi kulit kering. Jika kamu mengalami kulit kering, minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian tersebut. Tak hanya kulit, jika mengalami bibir kering, kamu juga dapat memanfaatkannya dengan mengoleskannya pada bagian tersebut. Minyak ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

7. Perawatan Dengan Yogurt Dan Telur

Kandungan protein dan lemak baik dalam telur juga yogurt dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara. Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan yoghurt dan telur adalah, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

8. Gunakan Gliserin

Selain kedua bahan di atas, kamu dapat menggunakan gliserin untuk memerangi kulit kering. Menggunakannya secara rutin pun dapat melembutkan kulit. Namun demikian, pastikan gliserin yang kamu beli bebas dari pewarna tambahan. Untuk menggunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami, kamu cukup mengoleskan gliserin sesuai keinginan. Jika kamu mengalami kulit kering yang cukup parah, gunakan gliserin setiap dua jam sekali. Ketika masalah sudah semakin teratasi, kamu dapat menguranginya sedikit demi sedikit.

9. Masker Alpukat

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan alpukat sebagai maker. Gunakan campuran alpukat dan madu sebagai perawatan kulit kering. Asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedangkan madu dapat menghidrasi kulit kering untuk melawan noda.

10. Teh Hijau

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan teh hijau. Cara mengatasi kulit kering yakni dengan menggunakan Teh hijau, minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender. Kombinasi teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi.

11. Krim Susu

Sejak dahulu susu banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan susu yakni dengan menerapkan krim susu segar di kulit setiap hari. Langkah ini akan membantu melembabkan kulit, menghapus kulit terbakar dan lingkaran hitam.

12. Minyak Almond

Minyak almond terkenal karena memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. kamu cukup oleskan minyak pada kulit kering dan pijat dengan lembut. kamu juga dapat menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit yang kering.

13. Bergerak

Selain melakukan perawtan, cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan bergerak atau berolahraga. Kardio akan meningkatkan detak jatung, memompa darah lebih cepat melalui pembuluh darah, dan menyuplai lebih banyak oksigen ke dalam sel.

14. Menyikat Kering Dan Mencuci Kulit Dengan Air Dingin

Mandi air panas memang menyenangkan, namun hal ini sekaligus membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu cara mengatasi kulit kering adalah dengan menyelesaikan mandi dengan menggunakan air dingin. Pasalnya, air dingin akan merangsang sistem saraf tubuh. Selain itu, sikat kering bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas kulit.

Simak Juga:

Demikian penyebab mengenai kulit kering selalu jaga kelembabpan kulit untuk mengantisipasi terjadinya kulit kering. Anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta air putih agar kulit anda tetap lembut. Semoga ulasan diatas bermanfaat.