Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal, Anak-anak dan Dewasa


Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal, Anak anak dan Dewasa

Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal, Anak-anak dan Dewasa. Batu pilek adalah penyakit yang selalu melanda manusia. Anda tentunya pernah juga terjangkit penyakit ini. Aneka cara mengatasinya dengan obat herbal dan kimia marak beredar. Baik mengatasi batuk pilek untuk anak maupun dewasa. Hanya saja kali ini kita ajak Anda untuk mengetahui cara mengatasi batu pilek dengan obat herbal baik untuk anak-anak maupun dewasa. Seperti apa cara dan bahan yang dibutuhkan simak ulasan singkat di sini.

Batuk dan pilek seakan satu paket gangguan kesehatan saluran pernafasan untuk seseorang. Jelas ini sangat mengganggu apalahi bila badan sudah drop dan penuh ketidaknyamanan. Suhu badan tinggi, terasa berat di tubuh, hingga bernafas merasa kesulitan. Penyakit batuk pilek sekilas adalah penyakit biasa hanya saja ini menjadi penyakit berat bila daya tahan tubuh tak mampu menahannya dan bisa-bisa rumah sakit yang akan menjadi jujukan hingga opname yang tidak diinginkan.


Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal. Sebagai orang Indonesia yang kaya pilihan tanaman herbal akan selalu mudah untuk memilih mana yang dianggap cocok untuk Anda. Kelebihan obat herbal terletak pada efek samping yang menyertainya. Bila dibandingkan dengan obat kimia jelas obat herbal lebih dikatakan aman namun harus sesuai dosis dan fokus penggunaan. Baiklah kita akan simak uraian pendek mengenai cara mengatasi batu pilek dengan obat herbal.

Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal

Cara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal ini terdiri dari dua bagian yaitu untuk anak-anak dan orang tua (dewasa).

Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal untuk Anak-anak

Berikut ini adalah cara alami menyembuhkan batuk dan pilek pada anak tanpa obat-obatan kimia yang bisa Anda coba saat anak terserang penyakit tersebut, di antaranya:

1. Gunakan Uap Air Hangat

Cara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal yang pertama adalah menggunakan uap air. Alasannya adalah uap air dapat membantu dalam melancarkan hidung yang tersumbat karena batuk pilek pada anak. Contoh termudah untuk menghasilkan uap air adalah dengan manaskan air di kamar mandi hingga menghasilkan uap air. Kemudian tutup pintu kamar mandi dan duduklah bersama anak Anda dalam ruang tersebut selama kurang lebih 15 menit. Praktekkan cara ini sebanyak dua kali sehari.

2. Konsumsi Madu dan Lemon

Cara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal yang kedua adalah dengan konsumsi madu plus jeruk lemon. Ketika anak-anak mengalami batuk pilek tak jarang mereka mengalami kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat. Cara mengobati batuk pilek pada anak, orangtua bisa memberikan campuran madu dan lemon guna melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi. Campurkanlah satu sendok teh madu ke dalam air hangat dan tambahkan perasan buah lemon. Aduk hingga merata dan berikan kepada anak.

3. Konsumsi Kunyit

Selanjutnya sara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal yang ketiga adalah mengkonsumsi kunyit. Bahan ini tergolong dalam rempah-rempah yang baik untuk meredakan batuk. Caranya adalah campurkan satu jumput bubuk kunyit pada susu yang biasa dikonsumsi si kecil. Gunakanlah obat batuk pilek anak tradisional ini dua kali sehari.

4. Lakukan Pijatan Lembut Menggunakan Minyak Telon

Cara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal yang selanjutnya adalah dengan pijatan minyak telon. Minyak telon mampu membantu mengatasi batuk pilek anak dikarenakan minyak ini memiliki efek untuk mengurangi batuk pilek anak karena rasa hangat yang dihasilkan dapat membuat buah hati merasa lebih rileks dan mengatasi hidung tersumbat.

Sisi lainnya, pemijatan lembut pada dada anak menggunakan minyak telon dapat membantu mereka tertidur lebih mudah saat sakit. Jika tidak ada minyak telon, campuran minyak zaitun dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernapas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.

5. Konsumsi Air Putih yang Banyak

Kadang air putih kurang diperhatikan. Padahal air putih adalah obat alami batuk pilek anak yang mampu mengatasi dehidrasi di saat batuk pilek sering mengeluarkan cairan. Yang selalu diperhatikan adalah walau tubuh terserang penyakit tubuh haruslah tetap ternutrisi dengan cairan agar mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih saat anak batuk pilek.

6. Mengkonsumsi Sup Ayam Hangat

Ternyata sup ayam memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ini karena adanya rempah-rempah pada sup ayam sebagai penguat rasa. Rempah-rempah tersebut yang berperan mengusir penyakit dari tubuh, termasuk pula penyakit batuk pilek anak.

7. Air Garam Steril

Di saat saluran nafas tersumbat berilah air garam steril bisa diberikan sebagai tetes hidung untuk mengencerkan ingus pada anak.

8.Jemur Bayi di Pagi Hari

Ini sekitar pukul 7 pagi atau matahari sudah mulai meninggi hingga jam 9 atau 10. Ini berguna bagi penghangatan tubuh bayi.

9. Konsumsi Vitamin C pada Anak

Lakukan dengan dosis sesuai umut anak karena ini akan mengurangi parahnya penyakit.

10. Jaga Ruang dari Kering

Lakukan hal ini ketika anak telah tidur. Yaitu dengan meletakkanlah ember berisi air mendidih di dalam ruangan agar udara tidak kering

11. Pola Hidup Sehat dengan Cuci Tangan Sesering Mungkin

Baca Juga:

Cara Mengatasi Batuk Pilek dengan Obat Herbal untuk Orang Dewasa (Orang Tua)

Cara mengatasi batu pilek dengan obat herbal kali ini adalah khusus orang dewasa. Berikut listnya.

1.Obat Batuk Herbal Campuran Kecap dan Jeruk Nipis

Ini disebut sebagai obat batuk turun-temurun yaitu ramuan yang terdiri dari dari kecap dan jeruk nipis Sesendok larutan kecap masnis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

2.Obat Herbal hanya Jeruk Nipis

Bila hanya suka aroma dan rasa jeruk maka ada cara kedua yaitu menyeduh jeruk nipis dan segelas air panas. Hal ini dimaksudkan jeruk nipis sendiri memiliki beberapa manfaat yang mampu melemaskan otot-otot pernapasan, obat penurun panas, dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan yang gatal.

Satu perasan buah jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dapat segera memberikan efek lega di tenggorokan. Tidak perllu menambahkan gula lagi. Kalau tidak suka rasanya yang terlalu asam, tambahkan madu agar rasanya lebih enak. Tapi jangan kebanyakan juga ya, cukup 1-2 sendok saja.3. Madu yang efektif untuk meredakan batuk anak.

4. Konsumsi Jamu Kencur

Walau pahit yang namanya jamu tapi diingat obat memang rasanya tidak enak. Gunakan jamu kencul dalam mengatasi batuk pilek untuk orang tua. Alasannya adalah jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Khususnya jamu herbal kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Selain itu, kencur juga dapat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

5. Minum Wedang Jahe

Selain memiliki efek lega dan mengandung antioksidan, jahe sangat baik bagi penderita batuk pileh usia dewasa di saat malam. Khasiat jahe terletak pada minyak astiri yang terkandung di dalamnya. Minyak ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak.

Anda bisa memodifikasi olahan obat berbahan jahe berupa wedang jahe, air rebusan jahe, atau serbuk jahe yang dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Ini menjadi alasan karena biasanya batuk biasanya semakin menjadi-jadi saat malam hari. Dengan jahe diharapkan tidur Anda bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah segelas wedang jahe sebelum tidur.

Baca Juga:

Semua ulasan di atas patut Anda coba bila memilih cara alami mengatasi batuk pilek untuk anak-anak dan orang dewasa. Cara mengatasi batuk pilek dengan obat herbal ini bisa Anda lakukan untuk rentang waktu 3-7 hari. Jika dirasa tidak ada perubahan segera pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan lainnya.

Terimakasih telah mengunjungi laman ManfaatCaranya.com. Semoga bermanfaat!