Manfaat Kayu Putih untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Putih untuk Kesehatan. Penggunaan kayu putih dalam dunia kesehatan memang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Minyak kayu putih sering digunakan sebagai penghangat badan pada bayi. Ternyata khasiat kayu putih tidak hanya sebagai penghangat badan saja, namun ada banyak sekali manfaat kayu putih yang bisa kita dapatkan. Anda bisa menggunakan daun kayu putih, batang kayu putih, kulit kayu putih, minyak kayu putih  atau rebusan kayu putih. Lantas bagaimana ciri-ciri tumbuhan kayu putih tersebut?.

Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas. Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.

Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). Perhutani memiliki beberapa hutan kayu putih untuk memproduksinya. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Manfaat Kayu Putih untuk Kesehatan Terlengkap

Meskipun banyak yang menggunakan minyak kayu putih untuk penghangat badan, namun masih sedikit orang mengkonsumsi rebusan kayu putih untuk penyembuhan dari dalam. Aroma kayu putih yang begitu khas dan fresh lebih mudah dikenali ketimbang tanaman lainnya.

Berikut manfaat kayu putih untuk kesehatan.

Meredakan Pernafasan

Minyak kayu putih merupakan antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan, sehingga menjadikannya bahan yang baik dan diperlukan dalam pembuatan obat-obatan terkait masalah pernapasan. Selain itu aroma kayu putih yang fresh mampu meredakan sesak nafas.

Dengan cara menghirup minyak kayu putih atau mengusapkan pada dada anda bisa rasakan khasiatnya. Apalagi ketika anda sedang dilanda influenza.

Simak Juga:

Meredakan Nyeri Pada Persendian

Beberapa krim atau salep yang memiliki fungsi untuk meringankan rasa sakit akibat osteoartritis dan rematoid artritis mengandung minyak kayu putih. Uap minyak kayu putih merupakan analgesik dan antiinflamasi. Pemakaian minyak kayu putih direkomendasikan untuk Anda yang menderita rematik, sakit pinggang, terkilir, otot kaku, pegal-pegal, dan nyeri saraf.

Anda bisa mengoles minyak kayu putih pada persendian yang mengalami ngilu dengan disertai pijatan ringan agar minyak kayu putih cepat meresan dan rasakan sensasi hangat pada persendian anda serta efek relaksasi pada otot anda.

Melindungi Dari Serangga dan Kutu

Selain khasiat minyak kayu putih yang sudah terkenal mampu untuk mengusir serangga, minyak kayu putih juga berguna untuk mengusir kutu dari rambut Anda. Mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada rambut yang berkutu mungkin merupakan solusi yang lebih baik daripada menggunakan produk penghilang kutu yang mengandung bahan kimia berbahaya

Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara yang sangat aman untuk meredakan masalah tenggorokan atau radang tenggorokan anda yaitu dengan menggunakan kayu putih. Anda bisa merebus daun kayu putih lalu menggunakan air rebusan untuk berkumur. Maka masalah tenggorokan anda akan berangsur membaik.

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Minyak kayu putih dapat berfungsi sebagai vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga hal tersebut sangat baik bagi anda yang sedang menderita diabetes yang biasanya mempunyai sirkulasi darah yang buruk. Memijat tubuh dengan menggunakan minyak kayu putih dan menghirup uap minyak kayu putih mungkin dapat meringankan penyempitan pembuluh darah, membuat pembuluh darah menjadi rileks dan melancarkan sirkulasi darah pada penderita diabetes.

Penyembuhan Luka

Minyak kayu putih mengandung bahan aktif seperti citronellol, citronellal, dan 1,8-cineole, yang membuatnya berfungsi sebagai antibakteri

Perawatan Gigi

Minyak kayu putih dapat meringankan gigi berlubang, plak pada gigi, gingivitis (radang pada gusi), dan infeksi gigi lainnya yang disebabkan oleh kuman. minyak kayu putih tidak hanya membunuh bakteri berbahaya dalam mulut, tetapi juga mengurangi jumlah plak pada gigi. Minyak kayu putih juga dapat mengurangi bau mulut dan gusi berdarah. Caranya hampir sama dengan pengobatan sakit tenggorokan diatas yaitu dengan berkumur menggunakan rebusan daun kayu putih atau mencampur minyak kayu putih dengan air.

Demikian tadi khasiat kayu putih untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan. Selalu sediakan minyak kayu putih dirumah anda untuk mengatasi segala keluhan anggota keluarga anda. Selain itu penggunaan bahan alami sangat aman bila dibandingkan bahan kimia yang memiliki pengawet dan efek jangka panjang. Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.