Manfaat Masker Pepaya Untuk Kulit Wajah Glowing dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Pepaya Mampu Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat Masker Pepaya Untuk Kulit Wajah Glowing dan Cara Membuatnya. Pepaya, buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, kecantikan dan untuk kulit wajah. Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah tampak mulus bersinar alias glowing, anda bisa menggunakan masker pepaya. Cara membuat masker pepaya juga sangat mudah, berikut akan kita ulas lebih lengkap mengenai manfaat masker pepaya serta cara membuatnya sesuai dengan jenis kulit anda.

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.

Pepaya memiliki manfaat yang banyak karena pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal karena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga dan industri. Pada pengobatan herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata.

Manfaat Masker Pepaya Terlengkap

Sedangkan untuk masker pepaya juga banyak ditawarkan oleh berbagai klinik kecantikan. Karena khasiat pepaya yang sudah dibuat masker memang sangat ampuh untuk kulit wajah dan tubuh anda. Berikut manfaat masker alpukat untuk kulit wajah.

  1. Mengatasi jerawat
  2. Melembabkan kulit
  3. Mengangkat sel kulit mati
  4. Mencerahkan wajah
  5. Mengecilkan pori-pori
  6. Meremajakan kulit

Simak Juga

Cara membuat masker pepaya juga terbilang sangat mudah bila dibandingkan dengan khasiat masker pepaya yang begitu ampuh. Berikut cara mudah membuat masker pepaya dengan tambahan bahan-bahan pilihan.

Bahan : buah pepaya, madu, dan lemon.

Cara pembuatan : blender ¼  buah pepaya, campurkan dengan 1 sendok makan madu, dan ½ sendok teh air jeruk lemon. Campur rata. Madu dan lemon merupakan salah satu diantara banyak tanaman yang memiliki khasiat mengatasi jerawat.

Cara penggunaan : Bersihkan wajah terlebih dahulu. Aplikasikan masker yang telah dibuat pada wajah. Biarkan sekitar 15 – 20 menit. Bersihkan masker dengan air hangat. Lalu bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup. Tepuk-tepuk dengan handuk yang kering dan bersih untuk mengeringkan wajah.

Catatan, bahan untama untuk membuat masker pepaya yaitu buah pepaya hanya saja tambahan bahan lainnya bisa disesuaikan dengan kegunaan misalnya untuk menjaga kelembaban (pepaya, mentimun), untuk mencerahkan kulit (pepaya dan putih telur), untuk meremajakan kulit (pepaya, tepung beras, yogurt, madu).

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal usahakan untuk mengikuti langkah-langkah seperti berikut: membersihkan wajah, lalu menguapinya. Hal ini bertujuan agar pori-pori wajah membuka, sehingga nutrisi dalam masker pepaya yang anda buat dapat meresap ke dalam kulit secara lebih optimal. Setelah itu baru aplikasikan masker pepaya pada wajah anda, tunggu hingga 15-20 menit lalu angkat masker.

Demikian artikel mengenai manfaat masker pepaya dan cara mudah dalam membuatnya. Selalu rawat kulit wajah anda dengan bahan alami yang tidak mengandung kimia berbahaya maupun pengawet. Untuk hasil terbaik penggunaan sebaiknya seminggu sekali. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda semua.