Manfaat dan Khasiat Masker Alpukat Mampu Mencerahkan Kulit Serta Cara Membuatnya

Manfaat dan Cara Membuat Masker Alpukat

Manfaat dan Khasiat Masker Alpukat Mampu Mencerahkan Kulit Serta Cara Membuatnya. Alpukat, buah dengan berbagai manfaat ini ternyata mampu membuat kulit cerah bersinar dan makin kenyal. Khasiat buah alpukat memang sudah tidak diragukan lagi, kolesterol baik yang terdapat pada buah ini sangat dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu saja alpukat juga baik untuk kecantikan, salah satunya adalah masker alpukat.

Apokat,avokad, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Manfaat dan Khasiat Masker Alpukat Mampu Mencerahkan Kulit

Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Tak hanya itu manfaat alpukat untuk kecantikan memang sangat banyak sekali. Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat alpukat yaitu dengan cara membuat masker alpukat. Manfaat masker alpukat sendiri antara lain

  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi age spot
  • Menjaga kekenyalan kulit
  • Mampu membersihkan kotoran yang menempel dikulit
  • Membuat kulit wajah tampak bersinar alami

Meskipun banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari masker alpukat namun untuk cara membuat masker alpukat tergolong sangat mudah. Berikut cara mudah membuat masker alpukat sesuai jenis kulit anda.

Simak Juga:

Kulit Kering

Bahan yang perlu disiapkan adalah ½ alpukat, minyak jojoba atau minyak almond atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok teh. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghancurkan alpukat di dalam mangkuk kemudian di tambahkan dengan minyak dan aduk secara merata. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke wajah tapi hindari pada daerah mata. Tunggu masker mengering hingga 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Kulit Berminyak

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah 1 buah alpukat, 1 butir telur putih, dan air jeruk lemon sebanyak 1 sdt. Langkah pertama adalah dengan menghaluskan semua bahan dengan blender. Lalu tuangkan pada mangkuk dan masker sudah bisa dipakai. Oleskan pada daerah wajah kecuali mata dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Manfaat alpukat untuk wajah berminyak bisa kita dapatkan dari masker ini.

Pengelupasan Kulit

Cara ketiga ini memerlukan bahan seperti alpukat sebanyak ½ buah, madu 1 sdt, dan cuka apel sebanyak ½ sdt. Langkah pertama yaitu mengupas alpukat dan memotongnya menjadi dua bagian. Kemudian menghaluskan setengah bagian dari alpukat dan mencampurnya dengan cuka sari apel serta madu. Setelah halus, oleskan masker pada wajah dan tunggu sekitar 15 menit. Apabila masker sudah kering, bilas menggunakan air dingin.

Demikian tadi manfaat alpukat untuk wajah serta cara mudah dalam membuatnya. Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang bahan alam yang mampu mempercantik wajah anda. Selalu dapatkan info menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com.