Manfaat Pala Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menghilangkan Insomnia


Manfaat Pala Untuk Kesehatan

Manfaat Pala Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menghilangkan Insomnia. Pala, salah satu rempah-rempah hasil bumi yang sering digunakan untuk menyedapkan masakan terutama masakan yang menggunakan daging. Penggunaan pala dalam masakan mampu memberikan aroma yang sangat khas dan rasa yang begitu nikmat. Dibalik aroma yang begitu khas tersebut ternyata pala menyimpan khasiat yang luar biasa banyaknya. Kita bisa menggunakan biji pala utuh atau bubuk pala untuk keperluan. Tak hanya mampu mengobati insomnia saja berikut manfaat lain dari buah pala yang bisa kita dapatkan.

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius “Si Tua”. Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Grenada). Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.


Sebelum dipasarkan, biji dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya. Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu. Bagian dalam biji akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila biji digoyangkan. Cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji dijual sebagai pala.

Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.

Manfaat Pala Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah kita mengenal buah pala lebih komplek, berikut manfaat buah pala atau manfaat pala untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Menghilangkan Masuk Angin
  2. Menghilangkan Insomnia
  3. Menambah Nafsu Makan
  4. Melancarkan Pencernaan
  5. Menghilangkan Muntah
  6. Menghilangkan Nyeri
  7. Meredakan Asam Lambung
  8. Menghilangkan Suara Parau
  9. Mengobati Rasa Sakit
  10. Menyehatkan Otak
  11. Detok
  12. Menjaga Kesehatan Mulut
  13. Mencegah Leukimia
  14. Menyehatkan Kulit
  15. Melancarkan Peredaran Darah
  16. Menormalkan Tekanan Darah
  17. Menciptakan Tulang Sehat
  18. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  19. Mencegah Anemia
  20. Mengobati Diabetes
  21. Menciptakan Mata Sehat
  22. Menangkal Radikal Bebas
  23. Mengobati Sakit Gigi Dan Infeksi Gusi
  24. Menghasilkan Energi
  25. Menghilangkan Stress
  26. Menghilangkan Bau Badan
  27. Mengobati Influenza
  28. Mengobati Hepatitis

Baca Juga:

Demikian manfaat pala untuk kesehatan yang berhasil kami himpun, semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda serta menambah pengetahuan anda. Banyak sekali rempah-rempah yang ada di Indonesia yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan. Selalu gunakan bahan alam untuk hidup yang lebih sehat.