15 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Mampu Mengurangi Resiko Terkena Preklamsia


Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

15 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Mampu Mengurangi Resiko Terkena Preklamsia. Buah semangka, buah yang sering hadir sebagai pencuci mulut ini ternyata memiliki banyak manfaat. Semangka tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan buah dengan daging buah berwarna merah dan kuning ini menyimpan banyak kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK IBU HAMIL. Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Buah semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak diantaranya Vitamin A, Vitamin E, Folat, Niacin, Thiamin, Asam Pantothenic, dan Pyridoxine, Sodium dan Potasium, Lutein, Crypto-xanthin-beta, dan Carotene-alhpa, Kalsium, Magnesium, Mangan, dan Zinc.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Berikut khasiat buah semangka untuk ibu hamil yang mampu mengurangi resiko preklamsia hingga mampu mencerahkan kulit ibu hamil.

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Hampir semua bangian semangka mengandung air. Jika dikonsumsi secara rutin, semangka dapat menghindarkan ibu hamil dari potensi terserang dehidrasi atau pun kekurangan cairan.

Namun begitu, mengkonsumsi semangka juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal ini harus dihindari untuk menghindari kelebihan cairan dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat ibu hamil ingin buang air kecil secara terus menerus.

2. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Semangka juga mampu mengurangi gejala morning sickness. Morning sickness merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh kaum wanita di masa-masa awal kehamilan. Sebenarnya morning sickness pada ibu hamil merupakan suatu hal yang wajar. Namun akan menjadi berbahaya jika morning siknes yang sudah akut/selalu memutahkan makanan yang dikonsumsi dan tubuh menjadi sangat lemas.

3. Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Perubahan hormon secara tiba – tiba yang terjadi di masa kehamilan sering kali menyebabkan system imun dalam tubuh menjadi lemah. Jika dibiarkan begitu saja, ibu hamil akan lebih rentan terserang berbagai macam penyakit seperti influenza. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin C dan zat anti oksidan, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

Dengan kandungan vitamin C dan anti oksidan yang terdapat di dalam nya, buah semangka diharapkan akan bisa meningkatkan ystem imun dalam tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah terserang bibit – bibit penyakit.

4. Melancarkan Proses Pencernaan Dalam Tubuh

Manfaat semangka yang lainnya yaitu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Selain kaya akan air, buah semangka juga sangat kaya akan serat. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan air dan serat yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu melancarkan ystem pencernaan dalam tubuh ibu hamil.

5. Mencegah Konstipasi Dan Sembelit

Sembelit merupakan suatu hal yang sering dikeluhkan oleh ib hamil. Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan dengan mengkonsumsi buah-buahan terutama buah semangka.

6. Melancarkan Aliran Urine

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah melancarkan aliran urine. Semakin banyak volume air yang dikonsumsi, maka semakin lancar pula aliran urine dalam tubuh seseorang (asumsi tubuh berada dalam kondisi normal). Mengingat buah semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan airnya.

7. Mengurangi Gejala Bengkak

Selain morning sickness, mual dan muntah, bengkak juga termasuk ke dalam salah satu gejala yang sering dialami di masa kehamilan. Dengan kandungan air yang terdapat di dalam buah semangka, diharapkan sistem peredaran darah di sekitar pembuluh darah bisa berjalan dengan lebih lancar, sehingga pembengkakan / endema pun bisa dihindari / dikurangi.

8. Mencegah Keram Otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah terjadi nya keram otot punggung. Ketika masa kehamilan mulai memasuki usia 6 bulan, perut ibu biasa nya sudah mulai terasa berat. Dampak nya, otot punggung pun akan lebih mudah mengalami keram karena dipaksa bekerja menahan beban yang cukup berat.

Untuk mengatasi nya, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah – buahan yang dapat memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

9. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rangka Janin

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mengoptimalkan proses pertumbuhan tulang janin. Proses pertumbuhan tulang janin sangat bergantung pada ketersediaan nutrisi mineral yang ada dalam tubuh ibu. Agar kebutuhan nutrisi mineral berupa kalsium, kalium, dll bisa terpenuhi dengan baik, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan zat mineral, termasuk salah satu nya adalah semangka.

Dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi, buah semangka diharapkan dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan rangka janin dalam kandungan.

10. Mencegah Terjadinya Pigmentasi

Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan terkadang juga dapat menyebabkan terjadi nya pigmentasi pada kulit. Untuk mencegah terjadi nya hal tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah – buahan yang mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

11. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Preklampsia

Preklampsia adalah gangguan kehamilan yang biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar proten dalam urin. Jika kadar protein dalam urin meningkat, itu artinya terdapat kerusakan pada ginjal. Dimana buah semangka mengandung likopen yang sangat berpengaruh terhadap factor penyebab preklampsia.

Baca Juga:

12. Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital fungsinya. Nah dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan likopen maka akan membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Baik jantung sang ibu maupun si janin. Oleh karena itu memakan semangka bisa memelihara kesehatan jantung.

13. Meredakan Asam Lambung

Mengkonsumsi buah semangka ternyata juga bermanfaat untuk meredakan asam lambung yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Buah ini juga memiliki efek menenangkan pada perut.

14. Menghaluskan Dan Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

Buah semangka ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, terutama ketika kehamilan berusia bulan ke-2 hingga ke-4.

15. Baik Untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil Dan Janin

Buah semangka ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini kaya dengan kandungan vitamin A.

Demikian tadi manfaat buah semangka untuk ibu hamil, selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil untuk membentuk generasi yang cerdas. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda serta menambah pengetahuan anda.