7 Manfaat Blueberry Yang Masih Tersembunyi


7 Manfaat Blueberry Yang Masih Tersembunyi

Manfaat Blueberry Yang Masih Tersembunyi. Blueberry merupakan tanaman asli Amerika Utara, yang menghasilkan berry berwarna biru dengan berbagai manfaat kesehatan. Blueberry memiliki nama ilmiah Vaccinium cyanococcus. Buah blueberry berwarna kehijauan saat masih mentah dan berubah menjadi kebiruan saat sudah masak.

Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai “bluberry semak rendah” (sama dengan “liar”), dan spesies terbesar adalah “blueberry semak tinggi”. Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi “blueberry” dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti “blueberry” dalam bahasa Inggris.

Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Manfaat Blueberry

Terdapat berbagai manfaat kesehatan blueberry, berikut adalah beberapa diantaranya:

Simak Juga:

1. Anti Penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan dengan demikian menciptakan efek anti penuaan. Tingginya kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

2. Perawatan Mata

Masalah mata seperti degenerasi makula, hypermetropia, miopia, dan katarak dapat dikurangi dengan bantuan blueberry. Kehadiran berbagai vitamin (C, E, A), flavonoid, dan karotenoid berfungsi memelihara kesehatan mata dan menjadi salah satu khasiat blueberry.

3. Pengobatan Kanker

Senyawa-senyawa kimia seperti asam ellagic, pterostilbene, dan antosianin dinilai berguna untuk mencegah dan menyembuhkan kanker. Senyawa pterostilbene secara khusus digunakan untuk mengobati kanker hati dan kanker usus.

4. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Blueberry juga dikenal mampu mencegah infeksi saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih terjadi karena pertumbuhan E. coli dan bakteri lainnya di dekat dinding bagian dalam saluran kemih. Infeksi ini akan membuat penderitanya mengalami peradangan atau sensasi terbakar saat berkemih. Molekul besar seperti polimer dalam blueberry juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri merugikan pada saluran kemih.

5. Mencegah Gangguan Otak

Buah blueberry mengandung berbagai vitamin (A, C, E dan B), antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan, dll. Elemen di atas membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari blueberry dengan membantu mempertahankan kesehatan sistem saraf pusat.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berbagai vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan antosianin turut membantu meningktakan kekebalan tubuh. Kalori dalam Blueberry. Blueberry memiliki nutrisi tinggi dengan nilai kalori rendah.Terdapat sekitar 83 kalori dalam 1/3 cangkir blueberry. Blueberry juga dikenal memiliki kandungan serat tinggi.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kehadiran tembaga, natrium, berbagai asam, fruktosa, dan vitamin dalam buah blueberry membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat yang hadir dalam blueberry membantu dalam mengurangi sembelit.

Baca Juga :

Dibalik buah blueberry yang begitu menggoda ternyata banyak menyimpan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. buah yang berasal dari Amerika Utara ini memiliki buah berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi biru bila sudah masah. Semoga ulasan diatas bermanfaat.