Manfaat Buah Pinang dan Bahayanya


Manfaat Buah Pinang dan Bahayanya

Manfaat Buah Pinang dan Bahayanya. Pinang di pulau Jawa sangat terkenal dan familiar. Mengenal pinang tentu akan mengenal sirih. Maka tak heran kata sirih pinang seakan menjadi satu kata yang melekat di aktivitas masyarakat. Selain di Jawa masyarakat di bagian timur Indonesia, Papua Nugini, juga menggunakannya. Mulai sebagai kegiatan gigit-menggigit, penguat gusi, hingga pada tradisi.

Pinang atau maman (Areca catechu ) (bahasa Inggris: Betel palm) merupakan salah satu jenis tumbuhan monokotil yang tergolong palem-paleman. Pohon pinang masuk ke dalam famili Arecaceae pada ordo Arecales. Pohon ini merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi dan potensi yang cukup tinggi. Tanaman yang memiliki batang lurus dan ramping ini memiliki banyak sekali manfaat dan umum dikenal sebagai tanaman obat.

Dari sisi komoditi pinang juga di ekspor ke China dan beberapa negara Asia Selatan. Wilayah Sumatera dan Kalimantan dimanfaatkan untuk acara seremonial seperti ramuan sirih pinang untuk upacara adat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengubah pola pemanfaatan tanaman pinang seperti untuk keperluan farmasi dan industri, sementara India dan China saat ini yaitu diolah menjadi permen.

Pinang yaitu sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya.

Di artikel ini selain manfaat atau kebaikan pinang juga memuat bahaya pinang itu sendiri.

Manfaat Buah Pinang dan Bahayanya

Berikut manfaat pinang yang bisa Anda ketahui :

1. Meningkatkan vitalitas

Vitalitas di sini terkait alat vitalitas wanita dan pria. Selain untuk keperkasaan pria dan wanita pinang memiliki kandungan senyawa peningkat kerja jantung. Hal ini akan menstimulus hormon kewanitaan dan keperkasaan. Yang jelas harus dibatasi dan tidak berlebihan.

2. Sebagai Solusi Mulut Kering

Ketika muluat selalu mengering maka mengunyak pinang akan menjadi solusi tersendiri dalam merangsang kelenjar ludah untuk selalu mengeluarkannya. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

3. Obat cacing

Caranya adalah silakan siapkan seperempat buang pinang, temulawak seukuran setengah jari, dan kunyit setengah jari. Lalu resbus hingga matang dan saring airnya. Air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit cacingan. Bagi Anda yang peternak ayam bisa digunakan sebagai obat cacing selain manusia.

4. Pinang Mampu Menguatkan Gigi dan Gusi

Caranya adalah dengan mengiris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan pinang tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi.

5. Sebagai Obat Luka pada Kulit

Silakan coba dengan daging buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh.

6. Rabun Mata

Lakukan mengunyah daging pohon pinang kemudian telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata.

7. Membuat Kencang Organ Perempuan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pinang berguna untuk ini. Masaklah buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

Bahaya Buah Pinang

Tak kalah pentingnya tulisan ini akan membawa berita terkait bahaya pianng. Menurut BBC bahwa menyirih pinang memiliki risiko tinggi mengidap kanker rongga mulut setelah beberapa dekade mengonsumsi. Yaitu ketika kapur yang melengkapi sirih pinang dipandang sebagai bahan pembuat abrasi di mulut yang menjadi pintu masuk kanker.

Baca Juga :

Bahkan di negara Taiwan ini menjadi perhatian tersendiri gara-gara kanker rongga mulut gegara pinang. Manfaat buah pinang dan bahayanya bisa menjadi wawasan dan pengingat setiap kita untuk selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah pianang.