23 Manfaat Tomat dan Kandungannya, Khasiat Buah Sayur yang Terlupakan


23 Manfaat Tomat dan Kandunganya, Khasiat Buah Sayur yang Terlupakan

23 Manfaat Tomat dan Kandungannya, Khasiat Buah Sayur yang Terlupakan. Banyak artikel yang membahas tentang tomat. Tomat memiliki karakter menarik dan segar. Kandungan tomat yang ada di dalamnya sangat kaya akan kebaikan gizi bagi manusia. Kita yang setiap hari berinteraksi dengan salah satu sayur ini jelas tidak asing lagi.

Bagi Anda yang masih penasaran akan banyaknya manfaat tomat (artikel ini me-list 23 manfaat tomat dan kandunganya) akan mempermudah Anda dalam membaca singkat dan cepat. Selebihnya Anda bisa mencari penguat tulisan lainnya seperti laman wikipedia, halodokter, tribun, lifestyle detik, sampai situs luar negeri.

Tentang Tomat

Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/). Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Mengulas sedikit penyebutan orang tomat sering disebut sebagai buah dan tak jarang dinamai sebagai sayur atau sayuran. Mungkin tidak terlalu penting terkait ini karena secara defacto masyarakat sudah sangat familiar.

Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

Kandungan Gizi Tomat

Gizi atau nutrisi  dalam satu porsi tomat mentah (ukuran satu Cangkir atau 150 gram) meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar dari kita tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga.

Buah tomat juga mengandung 4 jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.

Baca Juga :

Khasiat & Manfaat Tomat

Maka tak berlebihan tomat sebenarnya masuk dalam buah dengan segala manfaat. Hanya saja memang tak banyak orang menyukai tomat. Walau segar dan berair, rasa tomat mungkin tidak selalu bersabahat dengan kebanyakan orang yang mungkin kadang terasa manis, kecut, segar,dan lainnya.

Baiklah berikut 23 manfaat tomat yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Mendukung Kekuatan Tulang
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Mengatasi diabetes
  7. Menyembuhkan sembelit
  8. Melancarkan pencernaan
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Melembapkan dan mencerahkan kulit
  11. Mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo
  12. Menyehatkan janin (bagi ibu hamil)
  13. Memperbanyak ASI bagi ibu menyusui
  14. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi
  15. Mencegah hipertensi
  16. Mengatasi kulit berminyak
  17. Mengurangi kerontokan rambut
  18. Meningkatkan mood
  19. Menjaga kekuatan sistem imun tubuh
  20. Menjaga kekuatan tulang, sendi dan otot
  21. Meningkatkan fungsi otak
  22. Mengobati luka supaya tidak infeksi
  23. Untuk Minuman Segar Jus

Dalam sebuah penelitian dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti yang terdapat pada manfaat alpukat atau manfaat minyak zaitun, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Hal ini memang sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh.