Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan


Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan. VItamin C sering dikenal sebagai vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Dalam tubuh manusia vitamin c sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Vitamin c sering kita dengar ditemui pada buah jeruk atau buah yang rasanya agak kecut. Memang ini tidak salah hanya saja vitamin c ternyata tidak hanya ditemui dari buah jeruk saja. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Khasiat vitamin c sangat baik untuk tubuh kita.

Vitamin C juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya ialah asam askorbat. Vitamin C tergolongan dalam vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada jeruk.

Sejak kapan vitamin C ditemukan? Pertanyaan ini umum tentunya menjai wawasan bersama. Vitamin C berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini. Selama ini vitamin C atau asam askorbat dikenal peranannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Pada beberapa penelitian lanjutan ternyata vitamin C juga telah terbukti berperan penting dalam meningkatkan kerja otak. Dua peneliti di Texas Woman’s University menemukan bahwa murid SMTP yang tingkat vitamin C-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah vitamin C-nya lebih rendah. (Wikipedia)

Apa peranan vitamin C di setiap tubuh manusia? Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Buah yang Mengandung Vitamin C

Salah satu buah yang terkenal kaya vitamin C adalah jeruk. Buah jeruk masuk dalam salah satu sumber vitamin C terbesar di dunia ini. Vitamin c juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh.[3] Melalui pengaruh pencahar, vitamin ini juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran. Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamin (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh sejumlah mahasiswa yang diberi vitamin C berkurang sampai 81%.

Hipoaskorbemia (defisiensi asam askorbat) bisa berakibat keadaan pecah-pecah di lidah scorbut, baik di mulut maupun perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, perdarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi. Di samping itu, asam askorbat juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain, seperti kolestrol tinggi, sakit jantung, artritis (radang sendi), batuk dan pilek.

Ada juga selain jeruk buah pemilik vitamin c yaitu jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, nanas, dan mangga. Masih banyak buah lainnya yang tidak disebutkan di artikel ini.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Berikut ini list atau daftar manfaat vitamin C untuk kesehatan yang perlu diketahui :

  • Mampu Melawan sel kanker
  • Dapat Memperbaiki jaringan kulit
  • Meningkatkan mood seseorang
  • Mencegah serangan jantung
  • Mencegah tekanan darah tinggi/hipertensi
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Mengurangi komplikasi flu/pilek
  • Mencegah stroke
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah sariawan
  • Mengurangi panas dalam

Baca Juga :

Dengan adanya manfaat vitamin c untuk kesehatan seharusnya mampu mendorong kesadara setiap manusia untuk selalu memenuhi vitamin c dalam tubuh secara cukup. Jangan lupa baca juga manfaat stroberi untuk kesehatan.