Cara Mencegah Paru-paru Basah, Kenali Gejala dan Penyebabnya!


Cara Mencegah Paru paru Basah

Apakah yang dimaksud penyakit paru-paru basah dan bagaimana cara mencegahnya? Salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat infeksi dari jamur atau virus adalah paru-paru basah. Paru-paru basah merupakan jenis penyakit yang mematikan sebelum akhirnya berhasil ditemukan antibiotiknya.

Sebelumnya juga telah kami hadirkan cara menjaga kesehatan ginjal secara alami dan juga tips agar mata tetap sehat di halaman MANFAATCARANYA.COM lainnya. Paru-paru sendiri merupakan sepasang organ tubuh yang memiliki tekstur kenyal serta berisi udara, dalam penghantaran udara ia dibantu oleh Trakea. Fungsi dari paru-paru adalah sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Dimana paru-paru mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan atau disebarkan ke seluruh bagian sel, ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbondioksida dilepaskan melalui aliran darah. Selain itu, organ paru-paru ini juga terlibat dalam sintesis, penyimpanan, transformasi dan degradasi zat.

Kembali ke topik penyakit paru-paru basah, dimana dalam dunia kedokteran, paru-paru basah ini juga disebut dengan pneumonia. Jenis penyakit ini membuat penderitanya menjadi sesak napas. Untuk itu kenali gejala dan penyebab paru-paru basah agar dapat lebih hati-hati. Baca Juga: Cara Alami Mengobati Asma agar Tidak Kambuh.

Gejala Paru-paru Basah

Jika beberapa gejala penyakit paru-paru basah yang berikut ini sudah sobat alami, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Meski sudah tidur, kok masih sering merasa ngantuk.
  • Merasa ingin muntah saat ambil napas panjang.
  • Tubuh mengeluarkan banyak keringat meski sedang dalam keadaan santai atau tidak dalam kondisi bekerja.
  • Rasa sesak saat tidur dan tidak pernah lega.
  • Mudah kehabisan tenaga sehingga memicu rasa lelah.

Gejala di atas merupakan gejala yang secara umum terjadi. Sedangkan untuk anak-anak, gejala yang muncul biasanya adalah batuk yang terjadi secara terus-menerus bersamaan dengan turunnya nafsu makan, sakit kepala serta pilek. Untuk selanjutnya, gejala akan bertambah menjadi seperti berikut ini:

  • Untuk bayi yang berusia lebih dari 2 bulan, napasnya menjadi lebih cepat dari biasanya bahkan mencapai enam puluh kali dalam waktu 1 menit. Untuk anak yang berusia 2 bulan hingga menginjak 1 tahun, bisa mencapai lima puluh kali dalam waktu 1 menit. Sementara anak-anak yang berusia 1 hingga 5 tahun, bisa mencapai empat puluh kali dalam hitungan satu menit.
  • Napas yang cepat dan sesak.
  • Napas anak yang pendek disertai dengan hidung kembang kempis.
  • Paru-paru basah pada anak yang sudah berat biasanya terjadi tarikan pada dinding dada di bagian bawah ke dalam.

Penyebab Paru-paru Basah

Adapun beberapa penyebab paru-paru basah antara lain berikut ini:

1. Virus

Virus yang menyebabkan terjangkitnya paru-paru basah antara lain adalah virus SARS, virus inflenza A dan inflenza B, termasuk juga infeksi virus Corona atau COVID-19.

2. Parasit

Jenis parasit yang menyebabkan paru-paru basah antara lain adalah plosmodium malarie, toxoplasma gondii, dan ascaris lumbricuide.

3. Bakteri

Bakteri yang menyebabkan paru-paru basah antara lain adalah mycoplasma pneumonia, basiluc gram-negatif, dan lain-lain.

BACA JUGA: MANFAAT BUAH JERUK DAN JUGA KHASIAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN

Cara Mencegah Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru basah, adalah salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh penduduk di negara berkembang dibandingkan dengan mereka yang menghuni negara maju.

Banyak orang yang menganggap jika jenis penyakit ini merupakan penyakit yang tidak mematikan dan hanya sekedar penyakit biasa saja dengan gejala yang muncul. Padahal, paru-paru basah yang tidak segera ditangani, akan sangat berbahaya terutama pada penderita dengan usia kurang dari 2 tahun. penyakit ini nyatanya bisa mengancam jiwa penderitanya.

Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah terjadinya paru-paru basah yang perlu sobat lakukan sebagai tindak pencegahan.

  • Jangan merokok dan kurangi konsumsi minuman beralkohol.
  • Makan secara tepat waktu.
  • Ketika bersin tutuplah mulut dan hidung dengan sapu tangan.
  • Rajin-rajinlah untuk mencuci tangan, guna menghindari penularan kuman dari orang lain atau dari benda yang terkontaminasi kuman.
  • Perbanyak olahraga dan kegiatan fisik.
  • Buat ventilasi rumah yang cukup.
  • Mendapatkan vaksinasi pneumonia (vaksin PCV) dan influenza.
  • Terbiasa mandi dengan air hangat.
  • Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan rumah secara rutin.
  • Memakai masker apabila terdapat polusi udara atau ada orang yang sedang sakit batuk atau pilek di sekitar rumah atau kantor.
  • Setelah mandi, sebaiknya jangan langsung tidur.
  • Hindari menggunakan kipas angin saat tidur.

Beragam info di atas merupakan beragam gejala serta cara mencegah penyakit paru- paru basah yang harus soabt perhatikan. Jika mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera berkunjung ke dokter untuk upaya penyembuhan.

Berobat dengan tepat sesuai dengan mengikuti anjuran dari dokter, maka penyakit ini bisa disembuhkan dengan baik. Semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga  cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan juga macam-macam bahan alami untuk mencerahkan wajah yang telah kami sajikan di halaman lainnya.