Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi dan Anak Secara Alami


Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi dan Anak Secara Alami. Bagaimana cara mengatasi biang keringat di wajah dan apa nama obat biang keringat anak di apotik. Biang keringat juga dikenal sebagai miliaria, merupakan ruam yang gatal, bintik-bintik merah kecil timbul yang menyebabkan rasa menyengat atau tusukan pada kulit. Ruam dapat berkembang di manapun pada tubuh, tetapi paling sering terjadi di wajah, leher, punggung, dada dan paha.

Cara menyembuhkan biang keringat ada beragam, mulai dari alami atau dengan menggunakan resep dari dokter. Kenali dulu gejala dan penyebab biang keringat sebelum melakukan pengobatan pada sang buah hati atau anak Anda yang masih remaja. Biang keringat biasanya muncul beberapa hari setelah seseorang terkena pajanan suhu panas.

Penyebab biang keringat sendiri terjadi ketika saluran kelenjar keringat bisa terpasang karena sel-sel kulit mati atau bakteri seperti Staphylococcus epidermidis , bakteri umum pada kulit yang juga dikaitkan dengan jerawat . Staphylococcus epidermidis bercampur keringat menyebabkan iritasi (menusuk-nusuk), gatal dan ruam lepuh yang sangat kecil, biasanya di daerah lokal dari kulit.

Baca juga informasi mengenai cara memutihkan gigi secara alami dan cara menghilangkan kantong mata yang hitam.

Jenis-Jenis Biang Keringat

Kenali lewat perbedaan kelainan yang muncul di kulit, maka biang keringat dibedakan menjadi tiga macam yang bisa Anda baca di bawah ini:

1. Miliaria kristalina: Sumbatan yang terjadi pada bagian atas dari lapisan kulit.

Ciri-ciri:
Gelembung kecil berukuran 1-2 mm, berisi cairan jernih seperti tetesan air, namun tanpa disertai munculnya kulit kemerahan. Lokasi: Dahi, leher, punggung dan dada.

Miliaria rubra: Sumbatan terjadi pada bagian tengah lapisan kulit.

Ciri-ciri:
Gelembung kecil, masih berukuran 1-2 mm dan berwarna merah. Gelembung biasanya tersebar, tapi dapat juga berkelompok. Disertai keluhan sangat gatal dan pedih bila berkeringat. Biang keringat ini paling sering ditemukan. Lokasi: Bagian-bagian tubuh yang tertutup pakaian dan yang tergesek pakaian.

2. Miliaria profunda: Sumbatan terjadi pada bagian dalam dari lapisan kulit.

Ciri-ciri:
Bintil-bintil putih berukuran 1-3 mm, dan tidak disertai kulit yang kemerahan. Tidak juga menimbulkan rasa gatal. Biang keringat ini jarang sekali dijumpai. Lokasi: Badan, lengan dan tungkai.

Cara Mengobati Biang Keringat

Sebenarnya penyakit biang keringat tidak memerlukan pengobatan khusus dan ruam biasanya hilang setelah beberapa hari. Menghindari panas dengan tinggal di tempat teduh dan mengenakan pakaian katun longgar adalah hal terpenting yang dapat membantu meringankan gejala biang keringat. Jaga senantiasa kulit Anda tetap dingin dengan cara mandi, mandi juga akan membantu mencegah keringat berlebihan. Tinggal di ruang ber-AC selama beberapa jam sehari juga akan memberikan bantuan yang cukup.

 

Bagi orang tua bisa juga mengoleskan lotion calamine akan meredakan daerah kulit yang terkena. Anda juga dapat menggunakan krim hidrokortison jika kulit Anda sangat perih dan gatal yang bisa orang tua dapatkan dengan membelinya di apotek terdekat. Beberapa orang juga mencari informasi mengenai obat biang keringat di apotik, cara mengatasi biang keringat pada bayi 0-1 tahun, salep penghilang biang keringat, antibiotik untuk biang keringat dan bedak biang keringat.

Baca juga:

Lalu muncur pertanyaan apakah bayi biang keringat boleh mandi? Tentu saja boleh malah disarankan mandi dengan air cukup dingin untuk mengurangi hawa panas pada si kecil. Itulah informasi singkat mengenai cara mengatasi biang keringat pada bayi, anak, remaja untuk Anda yang membutuhkanya. Terima kasih sudah berkunjung di laman manfaatcaranya.com saat ini.