Manfaat Vitamin B12 dan Contoh Sumbernya


Manfaat Vitamin B12 dan Contoh Sumbernya

Manfaat Vitamin B12 dan Contoh Sumbernya. Tahukah Anda vitamin B12 itu? Contohnya bisa diambil dari makanan apa saja? Berapa kebutuhannya untuk tubuh manusia? Semua itu akan terjawab dalam tulisang singkat dan padat berikut ini. Vitamin B 12 termasuk dalam vitamin B komplek yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Hanya saja tidak semua orang mengetahui dengan detail sejauh mana mengenal vitamin B12.

Vitamin B12 dinamakan juga kobalamin. Kobalamin ialah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B. Umumnya, vitamin ini terlibat dalam metabolisme setiap sel dalam tubuh, terutama pengaruhnya pada sintesis dan regulasi DNA serta pada sintesis asam lemak dan produksi energi.

Vitamin B12 melakukan banyak hal untuk tubuh Anda. Ini membantu membuat DNA dan sel darah merah Anda, misalnya. Karena tubuh Anda tidak menghasilkan vitamin B12, Anda harus mendapatkannya dari makanan hewani atau dari suplemen. Dan Anda harus melakukannya secara teratur, karena tubuh Anda tidak menyimpan vitamin B12 untuk waktu yang lama.

Jawabannya tergantung pada hal-hal termasuk usia Anda, kebiasaan makan Anda dan kondisi medis, dan obat apa yang Anda minum. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dalam makanan hewani, yang memilikinya secara alami, atau dari barang-barang yang telah diperkaya dengannya.

Salah satu mengetahui kadar vitamin B12 dengan tes. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat bertanya kepada dokter Anda apakah Anda harus mendapatkan tes darah untuk memeriksa kadar vitamin B12 Anda. Seiring bertambahnya usia, dapat menjadi lebih sulit untuk menyerap vitamin ini. Ini juga dapat terjadi jika Anda menjalani operasi penurunan berat badan atau operasi lain yang mengangkat bagian perut Anda, atau jika Anda banyak minum.

Manfaat Vitamin B12

Berikut aneka manfaat vitamin B12 yang perlu diketahui :

  1. Membantu membuat DNA dan sel darah merah
  2. Menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis
  3. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi
  4. Menjaga kesehatan jantung
  5. Mencegah anemia
  6. Mengurangi risiko terkena degenerasi makula
  7. Mencegah demensia
  8. Mencegah cacat lahir

Kekurangan Vitamin B12

Anda juga mungkin lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin B12 jika Anda memiliki:

  • Gastritis atrofi, dimana lapisan perut Anda menipis
  • Anemia pernisiosa, yang membuat tubuh Anda sulit menyerap vitamin B12
  • Kondisi yang memengaruhi usus kecil Anda, seperti penyakit Crohn, penyakit seliaka, pertumbuhan bakteri, atau parasit
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit Graves atau lupus

Anda juga bisa mendapatkan kekurangan vitamin B12 jika Anda mengikuti gaya vegetarian (tidak mengkonsumsi termasuk daging, susu, keju, dan telur) tidak cukup makan telur atau produk susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 Anda. Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat menambahkan makanan yang diperkaya ke dalam diet Anda atau mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan ini.

Kebutuhan Vitamin B12

UsiaKebutuhan (microgram/hari)
0-6 bulan0,4 mcg
7-12 bulan0,5 mcg
1-3 tahun0,9 mcg
4-8 tahun1,2 mcg
9-13 tahun1,8 mcg
14 tahun ke atas2,4 mcg

Sumber Vitamin B12

Selain suplemen juga ada bahan-bahan di sekitar kita sebagai bahan makanan yang kaya akan vitamin B12. Berikut daftarnya :

  • ikan
  • kerang
  • daging
  • hati
  • telur
  • susu
  • yoghurt
  • keju

Vitamin B12 bisa juga didapatkan pada sereal yang sudah difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin ini.

Baca Juga :

Artikel singkat dan padat manfaat vitamin B12 ini bisa menjadi wawasan lebih pada setiap pembaca untuk selalu menjaga kesehatan. Cek juga manfaat vitamin B9 dan B8