Manfaat Vitamin B10 untuk Kesehatan


Manfaat Vitamin B10 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B10 untuk Kesehatan. Vitamin B 10 termasuk dalam golongan vitamin B komplek. Vitamin ini terkenal dalam pera penting dalam menjaga rambut tidak mudah ubanan. Vitamin B10 disebut lain dengan paba.  Selain itu vitamin B10 juga disebut sebagai asam para-aminobenzoic (PABA), vitamin Bx atau vitamin H1. Karena sifatnya seperti tak jarang dinamakan sebagai “teman kulit” (the skin’s friend). Kontrisbusi paba seperti menghambat proses penuaan dan memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kulit, rambut, dan pigmentasi.

Setelah bergabung dengan vitamin B5 dan B9 dalam vitamin, PABA memiliki efek terkuat pada dua bidang. Pertama, ia mendukung sistem kekebalan tubuh berkat sifat antimikroba yang unik; dan yang kedua melindungi pigmentasi lapisan luar rambut, kulit dan gigi. Kekurangan vitamin B10 dapat menyebabkan rambut beruban prematur, yang kehilangan pewarna, atau pembentukan kerutan yang dipercepat pada kulit.

Vitamin b10 tidak berdiri sendiri, bersama vitamin B12 sangat penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B9 juga bisa membantu sel-sel tubuh dalam pembuatan serta menjaga DNA. Lebih jauh, mengonsumsi vitamin B9 saat hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat, seperti spina bifida.

Adapun kebutuhan asupan paba adalah 0,2 mg per hari. Untuk ibu hamil atau berencana hamil, Anda disarankan mengonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Namun jika ada anggota keluarga yang pernah terkena spina bifida, Anda disarankan untuk mengonsumsi 5 mg tiap harinya. Konsumsi suplemen ini sejak Anda berhenti menggunakan kontrasepsi hingga usia kandungan setidaknya 3 bulan.

Vitamin B10 di dalam Akademi Nutrisi Olahraga Kanada Ini terkenal sebagai “vitamin tabir surya” karena efek perlindungannya terhadap sinar ultraviolet. Vitamin ini penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Ada kontroversi di antara para ilmuwan apakah PABA adalah vitamin atau tidak.

Manfaat Vitamin B10 untuk Kesehatan

Berikut daftar manfaat vitamin B10 untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui :

  • Membantu blocking sinar ultraviolet dari matahari
  • Meningkatkan efek kortison
  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut
  • Mencegah atau mengembalikan akumulasi jaringan fibrotik
  • Membantu metabolisme asam amino
  • Bersama vitamin B12 memproduksi sel darah merah

Sumber Vitamin B10

Sumber vitamin B10 bisa Anda dapatkan melalui makanan seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, gula tetes, telur, yogurt, bibit gandum, dan aneka jamur.

Baca Juga :

Manfaat vitamin B10 untuk tubuh manusia akan menjaga agar tetap sehat ketika pemenuhannya tercukupi. Ini butuh kesadaran akan pengetahuan dan penjagaan kesehatan.