Manfaat Vitamin B3 Khasiat Nutrisi dan Contohnya


Manfaat Vitamin B3 Khasiat Nutrisi dan Contohnya

Manfaat Vitamin B3, Khasiat Nutrisi dan Contohnya. Vitamin B3 berkaitan dengan kesehatan jantung manusia. Vitamin ini jarang diketahui banyak orang terkait apasih sebenarnya vitamin b3 itu sendiri. Ketidaktahuan publik terkait vitamin b3 menjadikan pemahaman akan kebutuhan nutrisi yang di ada dalam tubuh bisa terganggu. Vitamin b3 banyak dijumpai dalam sereal.

Niasin (bahasa Inggris: niacin, nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937, yang berfungsi untuk mencegah penyakit pelagra. Senyawa organik yang lain disebut nikotinamida, keduanya mengandung alkaloid nikotina dan kemudian disebut sebagai vitamin B3, meskipun nikotinamida bukanlah nikotinamina.

Perkiraan pada tahun1956, niasin mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Niasin berfungsi dengan baik untuk meningkatkan HDL, menurunkan kadar LDL dan trigliserida, tetapi penggunaan yang berlebihan dapat berakibat gagal hati yang hanya dapat diatasi dengan transplantasi.

Jenis Niasin dan Fungsinya

Tak hanya masuk dalam bagian vitamin B komplek, vitamin b3 memiliki 2 jenis da fungsinya. Berikut penjelasannya :

  • Asam nikotinat berbentuk vitamin B3 yang tak asing diberikan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Niacinamide yaitu berpotensi untuk mengatasi masalah kulit seperti psoriasis. Niacinamide juga sering dicampurkan ke berbagai produk perawatan kulit.

Manfaat Vitamin B3, Khasiat Nutrisi dan Contohnya

Vitamin b3 sangat berguna dalam menjaga peredaran darah. Kolesterol yang menumpuk dan jahat menjadi biang kematian yang sangat mengancam. Berikut manfaat vitamin B3 berikut khasiat dan contohnya :

1. Mampu Mengendalikan Kolesterol

Dalam sejarah semenjak tahun 1950-an, niasin telah digunakan untuk mengendalikan kolesterol. Prosentase penurunan kolesterol jahat akibat niasin ini mencapai jahat 5-20%. Ada pertimbangan lain seperti efek samping. Niasin ini tidak menjadi pengobatan utama dalam penurunan kolesterol. Dalam dunia pengobatan niasin biasanya diberikan apabila pasien tidak bisa mengonsumsi obat kolesterol statin.

Sisi lainnya, vitamin b3 ini berperan dalam menurunkan kolesterol jahat atau LDL juga membantu menaikkan kadar kolesterol baik alias HDL.

2. Berperan dalam menurunkan kadar trigliserida

Selain kolesterol, niasin juga dilaporkan bermanfaat untuk menurunkan trigliserida, bahkan hingga 20-50%. Niasin menurunkan trigliserida dengan menghentikan aktivitas enzim yang terlibat dalam sintesis trigliserida.

3. Sebagai peningkat performa otak

Bagi si kecil saat tumbuh nutrisi otak berupa niasin sangat dibutuhkan. Niasin berperan dalam mencerdaskan otak anak-anak. Organ otak memang membutuhkan niasin agar bisa mendapatkan energi dan berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Menjaga otak dari alzeimer

Hasil penelitian disampaikan bahwa niasin juga bisa membantu menjaga otak tetap sehat pada penyakit Alzheimer.

5. Menjaga fungsi kulit

Vitamin B3 membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Studi menemukan potensi manfaat ini bisa didapatkan baik dikonsumsi secara oral atau dioleskan dalam bentuk losion.

Hasil penelitian tahun 2015 juga menyebutkan bahwa mengonsumsi dua kali sehari 500mg nicotinamide, salah satu bentuk niasin, dapat menurunkan risiko kanker kulit non-melanoma pada kelompok yang berisiko.

6. Mengurangi gejala osteoarthritis

Niasin dilaporkan dapat mengikis beberapa gejala osteoarthritis. Pemberian vitamin ini juga dapat meningkatkan pergerakan sendi dan mengurangi kebutuhan pasien untuk obat antiradang nonsteroid (NSAID).

Sumber Vitamin B3

Berikut contoh asupan niasin atau vitamin B3 :

  1. Dada ayam
  2. Ikan tuna
  3. Daging sapi
  4. Salmon asap
  5. Kacang tanah
  6. Daging babi
  7. Alpukat
  8. Jamur
  9. Kentang

Baca Juga :

Demikian manfaat vitamin B3 khasiat nutrisi dan contohnya untuk memberikan satu pemahaman yang baik agar kita mampu menjaga kesehatan dan terhidar dari kebutuhan vitamin B3.