Manfaat Vitamin B4, Khasiat Bahan Cengkeh


Manfaat Vitamin B4, Khasiat Bahan Cengkeh

Manfaat Vitamin B4, Khasiat Bahan Cengkeh. Vitamin B4 bagian dari vitamin B komplek yang dibutuhkan tubuh. Walau tak sefamiliar vitamin B1 hingga B3, vitamin B4 tidak kalah penting menjadi bagian dari nutrisi yang sangat penting. Nama lain dari vitamin b4 adalah adenin. Apa itu adenin? Adenin adalah vitamin yang larut dalam air yang bertindak sebagai enzim bersama dengan senyawa lain dan terutama berfungsi untuk mempercepat proses menghasilkan energi dalam tubuh.

Nama lain sebutan vitamin B4 adalah kolin. Kolin selain tidak masuk dalam vitamin juga tidak pada jenis mineral. Kolin merupakan nutrisi berupa senyawa yang larut dalam air dan lemak, serta bersifat organik. Sebagai nutrisi, kolin menjalankan fungsi vital untuk tubuh, mulai dari perkembangan otak hingga fungsi sistem saraf.

Manfaat Vitamin B4

Dilihat dari fungsi vitamin B4 adalah dalam pembentukan sel tubuh. Sel ini seperti DNA dan RNA. Selain itu vitamin B4 akan memastikan perkembangan jaringan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Fungsi lain vitamin B4 adalah memastikan perkembangan jaringan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Vitamin B4 sebagai pencegah terjadinya insomnia, anemia, nyeri kepala, kadar kolesterol yang tinggi, gangguan pencernaan, batu empedu, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kekurangan vitamin B4 dapat menyebabkan kelainan kulit, kelainan darah, vertigo, kelelahan, kelemahan otot dan suasana hati yang tertekan.

Kolin memiliki beberapa manfaat penting lainnya seperti membantu proses reproduksi dan perkembangan janin seperti mendukung daya ingat janin sejak di dalam kandungan.

Contoh Nutrisi Vitamin B4

Setidaknya ada beberapa contoh bahan makanan yang kaya kolin. Berikut contohnya :

1. Biji-bijian yang masih utuh

Dilihat dari sumber makanan ternyata biji-bijian merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin B, termasuk vitamin B4, seperti gandum, gandum, jelai, nasi, jagung dan gandum hitam, yang menyediakan karbohidrat yang digunakan tubuh untuk energi. Bagian terluar dari gandum, dedak dan selasih sebagian besar mengandung vitamin dan mineral.

2. Madu Masih Mentah

Dahulu kala madu mentah memang telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan spiritual, kosmetik dan obat. Madu mentah mengandung vitamin B4, yang secara nutrisi lebih tinggi dibanding madu olahan. Baiknya hunting madu mentah dan organik dalam konsumsi harian Anda.

3. Cengkeh

Ini dia salah satu sumber kolin yang sejak awal artikel ditulis yaitu cengkeh. Ribuan tahun penggunaan cengkeh terjadi di India dan Tiongkok yang tidak hanya sebagai bumbu tetapi juga sebagai obat. Cengkeh kaya akan vitamin B4, yang bila dikonsumsi dapat menurunkan mual dan mencegah diabetes.

4. Roti Terbuat dari Gandum

Roti gandum menyediakan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B4 serta karbohidrat untuk energi dan mineral seperti besi dan selenium untuk kesehatan jaringan.

Sumber lain diantaranya adalah daging sapi, ikan, produk kedelai, telur, sayur brokoli, kentang, jamur, roti gandum utuh dan biji quinoa, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca Juga :

Manfaat vitamin b4 yang sangat vital bagi tubuh manusia terkadang tidak disadari dan setelah membaca artikel ini diharapkan berguna bagi Anda dan keluarga.