Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan


Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan. Secara istilah vitamin B1 tidak umum diketahui orang. Halaman wikipedia menyebut dengan nama Tiamina atau Aneurin. Vitamin ini jarang mendapat pembahasan mendetail untuk khalayak umum. Vitamin B1 sering dikaitkan dengan penyakit beri-beri. Penyakit beri-beri merupakan penyakit yang terjadi akibat kekurangan vitamin B1. Gejala penyakit beri-beri berupa pembengkakan pada tungkai, jantung berdebar, hingga sesak napas.

Sekilas vitamin B1 di atas akan dilanjutkan dengan pengenalan vitamin B1, manfaat kegunaannya, dan bahan makanan apa saja agar mendapatkan vitamin b1 tersebut. Kebutuhan B1 untuk tubuh agar sehat memang tidak sebanyak vitamin C atau A. Namun ini butuh perhatian setiap kita agar asupan selalu ada sehingga tubuh sehat selalu terjaga dengan baik.

Berapa sih kebutuhan vitamin B1 dalam tubuh kita? Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan vitamin B1 harian orang dewasa (usia 16 sampai 49 tahun) berkisar antara 1,1 sampai 1,4 miligram.

Walaupun jumlahnya sedikit sekali, Anda mungkin saja mengalami kekurangan vitamin B1. Hal ini bila diperparah jika Anda terkena diabetes atau HIV/AIDS, menggunakan obat diuretik dalam dosis tinggi, kecanduan alkohol, atau berusia lanjut.

Mengenal Lebih Jauh Vitamin B1

Tiamina, vitamin B1, aneurin (bahasa Inggris: thio-vitamine, thiamine, thiamin) adalah vitamin yang terlarut dalam air. Tiamina terdiri atas cincin pirimidina dan cincin thiazola (mengandung sulfur dan nitrogen) yang dihubungkan oleh jembatan metilen. Turunan fosfatnya ikut serta dalam banyak proses sel. Tiamina disintesis dalam bakteri, fungi dan tanaman. Hewan harus memenuhi keperluan tiamin dari makanan. Asupan yang tidak cukup menyebabkan penyakit beri-beri, yang memengaruhi sistem saraf tepi dan sistem kardiovaskular. Kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan sindrom Wernicke-Korsakoff.

Tiamina berperan sangat vital agar otak dapat bekerja dengan normal. Sebuah senyawa turunan tiamina yang disebut benfotiamina, dengan efektif, mengurangi plak amiloid dan fosforilasi protein tau pada area kortikal otak tikus dan menekan aktivitas enzim glikogen sintase kinase 3. Penelitian ini sangat mirip dengan kondisi penderita Alzheimer in vivo. Senyawa turunan yang lain semisal tiamina pirofosfat, merupakan koenzim pada siklus asam sitrat yaitu pada kompleks piruvat dehidrogenase dan kompleks α-ketoglutarat dehidrogenase.

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Dari sekian vitamin yang ada untuk vitamin B1 memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Berikut manfaat vitamin b1 untuk kesehatan yang perlu diketahu :

1. Bagi penderita Alzheimer dapat meningkatkan fungsi kognitif

Sumber dari dari Livescience menyebutkan bahwa vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya pada penderita penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation yang melaporkan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien Alzheimer.

2. Mencegah adanya kaki gajah (beri-beri)

Manfaat vitamin B1 paling penting untuk mencegah penyakit beri-beri. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Akibatnya, hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Apa gejala beri-beri? Gejala penyakit beri-beri meliputi penurunan fungsi otot, sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, hingga sulit berbicara. Penyakit ini sering kali memicu masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan jantung dan sistem pencernaan.

3. Sebagai peningkat daya tahan tubuh

Pentingnya menjaga sistem imun tubuh tersupport dengan terpenuhinya vitamin B1. Manfaat vitamin B1 ini dalam bentuk suplemen yang biasa digunakan para atlet.

4. Mengurangi stres

Kandungan tiamin alias vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antistres. Dari papadan dr. Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Kebutuhan akan asupan vitamin B1 yang cukup, orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

5. Membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.

Bahan Makanan Kaya Vitamin B1

  1. Berikut makanan yang bisa didapati vitamin b1 :
  2. Daging-dagingan
  3. Telur
  4. Kacang-kacangan (kacang kedelai dan lentil)
  5. Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 (sereal, roti, dan pasta)
  6. Nasi
  7. Sayur dan buah-buahan (kembang kol, jeruk, dan kentang)

Baca Juga :

Vitamin B1 walau sekecil mungkin kadarnya untuk tubuh tetap harus dipenuhi. Artikel manfaat vitamin b1 untuk kesehatan ini bisa dipakai sebagai wawasan dalam memahami vitamin B1 dan kegunaannya. Cek artikel lain terkait vitamin K dan contohnya.