Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan


Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan. Riboflavin sudah terkenal dalam dunia nutrisi, nama lain dari vitamin B2. Vitamin ini berguna dalam perkembangan jaringan tubuh manusia. Asupan vitamin B2 sering kita jumpai dalam produk-produk farmasi. Cara memperoleh vitamin B2 selain vitamin instan juga berupa makanan, buah anggur, hingga suplemen lainnya. Suplemen ini biasanya dalam bentuk multivitamin, yang tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suntik, atau infus.

Dalam dunia kesehatan Riboflavin adalah salah satu koenzim yang berperan dalam berbagai metabolisme energi di dalam tubuh, terutama dalam pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula sederhana. Senyawa kompleks lainnya, seperti lemak dan protein, juga dapat dikonversi menjadi energi. Beberapa metabolisme vitamin lain dan mineral juga membutuhkan peranan vitamin ini. Selain itu, vitamin ini berperan dalam respirasi jaringan tubuh, pertumbuhan badan, dan produksi sel darah merah.

Mengenal Lebih Jauh VItamin B2

Tak kenal maka tak sayang, begitulah pepatah mengatakannya. Nama lain dari vitamin B2 adalah Riboflavin. Nama ini dikenal juga sebagai vitamin B2, adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan pada manusia dan hewan. Vitamin B2 diperlukan untuk berbagai ragam proses seluler.

Apa saja peranan riboflavin? Vitamin B memiliki peran vital dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Vitamin ini juga banyak berperan dalam pembetukkan sel darah merah, antibodi dalam tubuh, dan dalam metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat.

Susu, keju, sayur hijau, hati, ginjal, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, ragi, jamur dan badam merupakan sumber utama vitamin B2, namun paparan terhadap cahaya akan menghancurkan riboflavin. Dilihat dari namanya, riboflavin berasal dari kata ribosa dan flavin.

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan

Dari sekian vitamin yang ada untuk vitamin B2 memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Berikut manfaat vitamin B2 untuk kesehatan yang perlu diketahu :

  1. Penting untuk Kesehatan Kulit
  2. Pertumbuhan jaringan tubuh
  3. Mencegah kepekaan mata terhadap cahaya
  4. Mencegah katarak
  5. Menjaga kesehatan kandungan
  6. Mengobati dan mencegah migrain
  7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
  8. Mencegah dan mengatasi anemia
  9. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
  10. Meningkatkan energi

Bahan Makanan Kaya Vitamin B2

Berikut daftarnya :

  1. Susu
  2. Pisang
  3. Kacang hijau
  4. Asparagus
  5. Sayuran hijau yang berdaun
  6. Daging tanpa lemak

Kekurangan vitamin B2 mengakibatkan infeksi berkepanjangan, penyakit liver, gangguan usus, kecanduan alkohol, dan kanker.

Baca Juga :

Vitamin B2 walau sekecil mungkin kadarnya untuk tubuh tetap harus dipenuhi. Artikel manfaat vitamin B2 untuk kesehatan ini bisa dipakai sebagai wawasan dalam memahami vitamin B2 dan kegunaannya. Cek artikel lain terkait vitamin A dan contohnya.